Prosedur pendaftaran HAKI

Prosedur Pendaftaran HAKI Menjadi Mudah Setelah Anda Menelpon Konsultan HKI Terdaftar Kami, Hubungi Kami Segera dan Kami Siap Membantu Anda. Jika pernah, maka hal yang satu ini patut dilakukan oleh setiap orang yang menemukan suatu produk temuan dengan nilai lebih berupa kebermanfaatan yang ada hubungannya dengan teknologi. Pendaftaran ini bisa dilakukan terlebih dahulu jika Anda ingin produk temuan yang sudah tercipta berdasarkan hasil pikiran Anda diketahui dan dinilai sah.

4 Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Saat Pendaftaran HAKI

Hal seperti ini jika sudah dipatenkan akan terdaftar dan sah di mata hukum. Ada pun cara pendaftaran Hak Atas Kekayaan Milik Intelektual atau yang bisa juga kita sebut dengan istilah HAKI. Untuk pendaftarannya sendiri, Anda bisa melakukannya ke Ditjen HAKI, notraris yang sudah ditunjuk, atau langsung ke Kemenkum HAM. Anda bisa memilih salah satu tempat tersebut untuk menjadi badan yang mengurus perizinan dan juga pendaftaran dari produk berupa barang, jasa, atau keduanya yang ingin Anda patenkan. Perlu Anda ketahui, dibutuhkan juga sejumlah biaya untuk mengurus hal yang satu ini.

Maka dari itu, ada baiknya jika Anda juga menyiapkan sejumlah biaya yang nantinya akan digunakan untuk mengurus administrasi. Sebab, bukti pembayaran sendiri nantinya juga akan dilampirkan pada berkas yang akan Anda kirim sebagai pengajuan pada pihak terkait seperti di atas. Selain itu, pastikan juga bahwa Anda nantinya sudah memenuhi persyaratan yang berlaku, sehingga tak ada berkas yang harus Anda lengkapi lagi, sehingga akan memperlama proses pengurusan izin demi kelangsungan usaha Anda.Nah, itulahhal yang harusdiperhatikandalamprosedur pendaftaran merekHAKI.

Jika Anda ingin mendaftar di HAKI, maka prosedur pendaftaran HAKI disebutkan bahwa terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan terlebih dahulu. Pertama, pihak pemohon diwajibkan untuk memenuhi semua persyaratan yang ada. Lalu, Dirjen HAKI akan mengumumkan hal tersebut selama 18  bulan setelah tanggal penerimaan permohonan tersebut diajukan. Pengumuman hak paten tersebut akan berlangsung selama 6  bulan demi mengetahui apakah masyarakat keberatan atau tidak dengan pendirian usaha tersebut.

Apabila tahap pengumuman diterima, maka pihak pemohon akan berhak mendapat hak patennya dalam jangka waktu 20  tahun sejak pengumuman tersebut dilangsungkan. Hal yang satu ini khusus untuk hak paten. Sehingga, jika kurun waktu 20 tahun tersebut sudah berakhir, maka perizinan yang Anda ajukan telah berakhir. Sehingga, suatu produk penemuan akan bisa digunakan oleh masyarakat umum tanpa harus melakukan prosedur untuk meminta izin terlebih dahulu. Hal ini sudah berlaku sesuai dengan peraturan atau Undang Undang yang ada dan dibuat oleh pihak pemerintah.

4 Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Pendaftaran HAKI

Bagaimana Prosedur Pendaftaran Merek Dagang Haki?

Ada 4 hal penting yang perlu Anda perhatikan sebagai pihak yang memohon dan mendaftarkan diri pada HAKI.

Pertama, permohonan paten yang Anda ajukan bisa dilakukan dengan mengisi formulir yang sudah disediakan dengan menggunakan bahasa Indonesia dan diketik rangkap 4. Perlu Anda ketahui, pada proses yang satu ini, pemohon wajib melampirkan  beberapa data seperti surat kuasa khusus, jika permohonan ini diajukan dengan melalui konsultan Paten yang sudah terdaftar selaku kuasa; ada surat pengalihan hak jika permohonan diajukan pihak lain yang bukan merupakan penemu; deskripsi, abstrak, klaim, dan gambar (jika ada) yang masing-masing dirangkap 3; bukti prioritas asli serta terjemahan halaman depan dengan menggunakan bahasa Indonesia yang dirangkap 4; terjemahan uraian penemuan dengan menggunakan bahasa Inggris jika aslinya dalam bahasa selain Inggris, yang dirangkap 2; bukti pembayaran dari biaya permohonan paten; serta cara pendaftaran Hak Atas Kekayaan Milik Intelektual, Hak Paten, Hak Cipta, dan Merek, bukti pembayaran biaya permohonan Paten Sederhana; dan Tambahan biaya setiap klaim.

Berdasarkan penjelasan mengenai prosedur pendaftaran HAKI dan beberapa info tambahan di atas, perlu Anda ketahui bahwa setelah hak paten atas nama inventornya terdaftar, maka ada juga hak dan kewajiban yang berlaku untuk pihak yang memegang paten, serta ada juga hak eksklusif yang nantinya diperoleh pihak pemegang paten, yaitu adanya hak melaksanakan sendiri hak paten yang sudah dimiliki, memberi hak lebih lanjut untuk orang lain dan hak melarang orang lain melaksanakan paten tanpa ada persetujuan dari pemegang paten tersebut.

Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Saat Pendaftaran HAKI

Dengan demikian, sudah jelas bahwa pemegang hak paten memegang kuasa penuh atas temuan yang sudah terdaftar dan dipatenkan berdasarkan prosedur yang ada. Maka dari itu, jika Anda juga sudah melewati beberapa langkah sekaligus prosedur di atas, maka yang Anda jadikan produk temuan pun juga bisa dipatenkan dan Anda berhak menerapkan beberapa hak seperti yang sudah tercantum di atas. Kurun waktu 20 tahun yang Anda miliki tersebut tentu saja tidak sebentar, bukan? Maka, hal ini akan bisa Anda manfaatkan sebagai salah satu waktu atau kesempatan untuk mengenalkan produk penemuan yang sudah Anda patenkan.

Pengenalan ini diharapkan akan bisa membantu masyarakat menemukan kemudahan di dalam beberapa atau segala aspek kehidupan, sebagaimana tujuan diciptakannya penemuan tersebut.Itulah beberapa hal yang erat kaitannya dengan prosedur pendaftaran brand HKI. Jika Anda sudah merasa yakin bahwa produk penemuan Anda benar-benar murni dari hasil pemikiran sendiri atau kelompok dan ingin dipatenkan, maka tak ada salahnya untuk mencoba.

Sebab, hal ini akan bisa membuat apa yang menjadi pemikiran Anda diakui, tanpa harus merasa khawatir bahwa hal tersebut akan diakui oleh orang atau pihak lain yang tak bertanggung jawab. Sebab, Anda sendiri sudah memiliki sertifikat hak paten yang menjadi bukti kuat bahwa yang Anda publikasikan memang merupakan produk penemuan dari hasil pikir diri sendiri maupun kelompok yang sah.

    Chat WA