Cara Memperoleh Hak Paten

Cara Memperoleh Hak Paten Merupakan Cara Yang Sangat Penting Untuk Diketahui. Terlebih Bagi Anda Yang Memiliki Sebuah Usaha. hak paten ini bisa anda gunakan untuk bentuk usaha produk atau kuliner. Pendaftaran hak paten sendiri bisa Anda lakukan ke Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual atau yang biasa disingkat dengan Dirjen HAKI. Mungkin sebagian dari Anda masih bingung dengan apa sebenarnya hak paten itu. Mudahnya, hak paten merupakan perlindungan HKI untuk kekayaan yang sifatnya berbasis teknologi.

5 Hal Penting Agar Memperoleh Hak Paten

Pada umumnya, istilah ini lebih sering disebut dengan invensi serta mengandung solusi teknis untuk masalah yang ada pada teknologi sebelumnya. Maka dari itu, paten masih ada hubungannya dengan industri kreatif yang berbasis teknologi, misalnya saja perangkat lunak yang digunakan pada komputer, ponsel, dan sebagainya. Lalu, pertanyaan selanjutnya yang muncul mungkin adalah apa saja yang bisa dipatenkan? Ya, hal seperti ini juga penting untuk Anda ketahui. Pada umumnya, yang biasa dipatenkan adalah sesuatu yang baru.

Jika Anda menemukan sesuatu yang baru dan belum diakui di dunia internasional maupun nasional serta ingin dipatenkan, maka segeralah mendaftarkan hak paten ini pada Dirjen HAKI. Setelah mendapat sertifikat, maka Anda baru bisa mempublikasikannya. Jika Anda sudah mempublikasikannya, maka ada kemungkinan penemuan Anda ini diakui oleh orang lain. Selain itu, hal yang sifatnya memiliki langkah inventif juga bisa dipatenkan. Hal ini bisa dilakukan untuk penemuan yang tak terduga. Jika Anda memiliki silusi untuk mengatasi suatu masalah dengan memanfaatkan teknologi, maka hal ini bisa dipatenkan. Terakhir, hal yang bisa dipatenkan juga bisa diterapkan di dunia industri. Maka, jika Anda memiliki satu atau lebih kriteria di atas, ada baiknya untuk mengetahui bagaimanamemperoleh hak paten untuk mematenkan karya Anda.

Sebelum mengetahui cara memperoleh hak paten merek, mungkin Anda mulai bertanya lagi. Pertanyaannya adalah siapa yang bisa mendapat hak paten? Nah, jawaban untuk pertanyaan ini adalah satu atau beberapa orang yang menemukan invensi atau penemuan. Sebab, tak semua orang bisa mendapatkan hal yang satu ini, bukan? Maka dari itu, jika Anda termasuk di dalamnya, tak ada salahnya untuk mengajukan hak paten. Selain itu, hak paten sendiri juga bisa didaftarkan jika Anda mengikuti prosedur yang ada.

Pada umumnya, hak paten berlaku selama 20 tahun. Setelah 20 tahun tersebut, maka karya berupa temuan ini bisa digunakan oleh siapa saja tanpa harus meminta izin terlebih dahulu. Maka dari itu, jika Anda merupakan orang pertama yang menemukan karya penemuan ini, tak ada salahnya untuk mendaftarkannya agar mendapat hak paten dan melengkapi ketentuan yang sudah disediakan.

Bagaimana Cara Memperoleh Hak Paten?

Hal Penting Agar Memperoleh Hak Paten

Jika Anda mengetahui bagaimana cara memperoleh hak paten, maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Dalam mengajukan hak paten, Anda harus membuat pengajuan dalam bentuk bahasa Indonesia dan diketik, serta rangkap 4. Lampirkan juga adanya surat kuasasurat pengalihan hak (untuk pengajuan jika bukan merupakan penemu), abstrak, deskripsi, dan klaim yang masing-masing dirangkap 3.

Setelah mengetahui bagaimana cara memperoleh hak paten seperti yang ada di atas, mungkin Anda ingin mengetahui berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengurus hak paten. Jika Anda mengurus hak paten ini, maka waktu pengurusan ini pada umumnya bisa menghabiskan waktu sampai dengan 6 tahun. Namun, ada juga yang bisa kurang dari kurun waktu tersebut. Anda mungkin juga mulai penasaran dengan berapa besar biaya yang harus dikeluarkan untuk mengurus hak paten, bukan? Jika ya, maka sebenarnya biaya itu sendiri juga berbeda-beda. Jika Anda memiliki penemuan tertentu dan sekiranya bermanfaat serta ingin dipatenkan, maka tak ada salahnya untuk mengurus hak paten tersebut.

5 Hal Penting Agar Memperoleh Paten

Sehingga, apa yang Anda temukan bisa diakui. Apabila Anda ingin mengurus hak paten, maka ada 3 pilihan yang bisa Anda jadikan pilihan sebagai lembaga yang mengurus hal ini. Anda bisa mengurus pemerolehan hak paten ke Dirjen HAKI, melalui kantor wilayah Kemenkum HAM di seluruh wilayah Indonesia, atau bisa juga ke kuasa hukum HKI yang sudah terdaftar.

Adanya beberapa pilihan lembaga yang mengurus hak paten ini akan memudahkan Anda untuk memproses dan mendapatkan hak paten itu sendiri. Sehingga, Anda akan bisa mengurusnya dengan lebih mudah tanpa harus bingung harus mengajukan ke pihak mana atau dalam jangka waktu jauh lebih lama yang dikarenakan adanya sejumlah antrian panjang. Itulah beberapa informasi mengenai cara mendapat hak patenmerkdagang. Anda tertarik? Silakan mencoba.

    Chat WA