Cara Memperoleh Hak Merek

Cara Memperoleh Hak Merek Tidak Susah Dan Tidak Repot. Kami Konsultan Hki Terdaftar Siap Mendaftarkan Merek Anda Secara Resmi Dan Dilindungi Oleh Negara nantinya setelah terdaftar. Tak hanya itu, mengetahui hal tersebut sangat penting, terutama bagi Anda yang sedang membutuhkan info serupa. Sebenarnya, hak merek dagang endiri menjadi identitas ari sebuah usaha yang meliputi merek produk, logo, dan beberapa simbol yang bisa membuat bisnis atau suatu produk terlihat berbeda atau unik jika dibandingkan dengan kompetitor yang lain.

Agar Tidak Ribet Memperoleh Hak Paten

Adanya hak merek sendiri akan bisa membantu Anda demi melindungi sebuah produk atau bisnis dari kemungkinan adanya penyalahgunaan, termasuk juga dengan pemalsuan ataupun penjiplakan yang memanfaatkan nama dan juga produk yang Anda miliki. Jika terjadi pemalsuan atas merek dagang terjadi, maka pihak penyalahguna akan bisa dengan kewajiban membayar denda sebesar Rp 200juta sampai dengan 1 milyar rupiah. Maka dari itu, sangat penting untuk Anda mengetahui bagaimana cara memperoleh hak merek dagang agar hal seperti ini tak terjadi dan merugikan pihak Anda.

Sebelum mengetahui bagaimana cara memperoleh hak merek, tak ada salahnya jika Anda mengetahui sedikit mengenai sejarah merek dagang. Pada awalnya, merek dagang berasal dari hukum para pedagang dan juga hukum kebiasaan, yang digunakan untuk menjadi hak yang sah bagi seorang pedagang untuk memberikan ciri khas pada produk yang ditawarkan serta menjaga agar pesaingnya tak meniru hal tersebut. Di Inggris seniri, pengakuan merek dagang sudah dimulai sekitar tahun 1656 berdasarkan Clothier’s Case.

Agar Tidak Ribet Memperoleh Paten

Sementara itu, di Indonesia, pengenalan Hak Kekayaan Intelektual sudah dilakukan oleh Pemerintah Kolonial Belanda pada tahun} 1840. Sayangnya, kesadaran masyarakat  yang berprofesi sebagai pengusaha untuk mematenkan dan mendaftarkan produk bisnisnya masih kurang, bahkan hingga kini. Hal tersebut sangat bertolak belakang dengan para pengusaha yang ada di beberapa negara Eropa dan Amerika. Masih banyak pengusaha di Indonesia yang marah dan baru merasa kelimpungan ketika produknya dibajak oleh oknum yang kurang bertanggung jawab, tanpa bisa menuntut kasus tersebut ke ranah hukum.

Hal ini disebabkan karena mereka tidak memiliki sertifikat Hak Kekayaan Intelektual (HKI) atas merek produk yang diproduksi. Maka, sekali pun bisnis yang Anda tekuni masih tergolong kecil, tak ada salahnya jika Anda mendaftarkannya ke kantor Dirjen HKI untuk mendapatkan hak merek.

Bagaimana cara memperoleh hak merk?

Bagi Anda yang ingin mengetahui bagaimana langkah yang bisa diambil untuk mendapat hak paten, maka Anda tak perlu merasa khawatir. Jika Anda ingin mendaftarkan merek bisnis ib untuk Anda lalui. Beberapa cara tersebut adalah dengan mencari informasi terlebih dahulu apakah merek atau nama usaha yang akan Anda patenkan sudah ada terdaftar dan dipakai oleh pihak lain atau belum. Bila sudah, maka Anda harus mencari merek lain untuk digunakan.

Memperoleh Hak Paten

Anda bisa mencari informasi tersebut mengunjungi Situsdgip.go.id. setelah itu, Anda bisa langsung datang ke kantor Dirjen HKI Kementerian Hukum dan HAM Ri atau perwakilan yang ada di tiap daerah. Lalu, Anda bisa mengisi formulir yang sudah disediakan dengan diketik rangkap 4.Perlu Anda ketahui, sebagai pemohon, maka Anda harus melampirkan surat pernyataan bermaterai yang ditandangani pemohon;fotokopi akta pendirian usaha; fotokopi KTP atau NPWP; 24 lembar etiket merek yang sudah dicetak pada kertas dengan menyertakan bentuk huruf, gambar, dan warna,  dan juga bukti pembayaran.

Jika proses pendaftaran sudah selesai, Anda tinggal menunggu sertifikat hak merek diterbitkan dengan jangka waktu sekitar 2 sampai dengan 3 tahun. Perlu Anda ketahui, sebagai informasi tambahan, pihak pemohon bisa terdiri dari satu ataupun beberapa orang secara bersama, bisa juga badan hukum. Selain itu, permohonan yang diajukan oleh lebih dari satu orang, maka semua nama pihak pemohon wajib dicantumkan dan memilih satu alamat untuk dijadikan alamat pemohon. Surat kuasa yang ada untuk mengurus perizinan ditandatangani semua pihak yang berhak untuk merek tersebut. Jika yang mengajukan permohonan adalah perusahaan, maka pihak yang menandatangani surat pernyataan dan kuasa adalah Direktur yang berwenang.

 

Itulah informasi mengenai cara memperoleh hak merek. Perlu Anda ketahui juga bahwa dalam proses pengurusan ini terdapat beberapa tahapan yang nantinya akan membutuhkan waktu. Dengan demikian, wajar jika sertifikat hak merek mungkin akan terkesan sedikit lama untuk diterbitkan. Di sini terdapat pemeriksaan formalitas, pemeriksaan substantif, pengumuman dan keberatan, serta pemeriksaan kembali dan purusan penerimaan atau penolakan. Tiap tahapan membutuhkan waktu yang berbeda-beda.

Adanya informasi di atas mengenai cara medapat hak merek di atas diharapkan akan bisa membuat Anda mendapat tambahan wawasan dan kemudahan untuk menyiapkan beberapa hal yang ada hubungannya dengan pengurusan hak merek. Maka, jika Anda memiliki usaha dan ingin barang, jasa, atau keduanya memiliki hak merek, mendaftarkannya tak akan menjadi sesuatu yang berat, bukan? Seperti yang sudah disebutkan di atas, hal ini akan bisa memudahkan Anda dalam berbagai hal yang berhubungan dengan perlindungan dan hak paten.

Selama masih bisa mengusahakan yang paling baik untuk usaha Anda demi kebaikan bersama, mengapa tidak? Bukankah untuk melindungi dna mengamankan merek dagang Anda sangat penting untuk menghindari beberapa kemungkinan terburuk yang dilakukan oleh oknum tak bertanggung jawab? Jika sudah yakin, apakah Anda masih meragukan hal yang satu ini?

    Chat WA