Hak Merek

Hak Merek Atas Usaha Anda Baik Menjual Barang Dan Jasa Wajib Anda Lindungi, Konsultan Hki Terdaftar Kami Siap Membantu Pendaftaran Merek Usaha Anda. Sebelum mengenal makna dari hal tersebut, tak ada salahnya jika Anda mengetahui merek. Ya, merek merupakan tanda yang bentuknya bisa nama, gambar, huruf-huruf, kata, susunan warna, angka-angka, atau campuran dari beberapa unsur tersebut yang mempunyai daya beda dan dipakai untuk kegiatan perdagangan barang maupun jasa.

Apa Dan Bagaimana Hak Merek Itu

Merek sendiri bisa dibedakan menjadi beberapa macam. Pertama, merek dagang yang dipakai pada barang yang dijual oleh satu atau beberapa orang dan bisa juga oleh badan hukum guna membedakannya dengan produk sejenis. Ada juga merek jasa yang digunakan untuk jasa yang diperdagangkan satu atau beberapa orang atau badan hukum dan dibedakan dengan jasa serupa. Juga ada merek kolektif yang dipakai pada barang atau jasa dengan kesamaan karakteristik dan juga diperdagangkan beberapa orang atau badan hukum bersama-sama dan dibedakan dengan yang sejenis. Itulah gambaran umum mengenai merek. Lalu, bagaimana dengan hak merek?

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, hak merekbrand bisa digunakan untuk satu atau beberapa orang, bahkan badan hukum yang ingin memperkenalkan produk dalam bentuk barang maupun jasa. Adanya prosedur tertentu juga harus diperhatikan agar Anda sebagai pihak yang ingin mendapatkan hal ini bisa memenuhi persyaratan tersebut. Maka, tak ada salahnya jika Anda mulai mengetahui pengertian dan fungsi dari bahasan terkait topik berikut ini.

Apa Itu Hak Merek?

Apa Dan Bagaimana Hak Merek

Ya, maksud dari yang satu ini yaitu hak ekslusif yang diberi negara untuk pemilik merek yang sudah terdaftar pada daftar umum merek dalam jangka waktu tertentu dan menggunakan merek itu sendiri atau memberi izin untuk pihak lain yang akan menggunakannya. Selain itu, juga ada fungsi merek yang perlu Anda ketahui. Pertama, fungsi pembeda untuk membedakan suatu produk dengan yang lain. Ada juga fungsi jaminan reputasi, yaitu untuk menghubungkan reputasi produk bermerek dengan produsen dan memberi jaminan kualitas produk.

Ada juga fungsi promosisebagai sarana mempertahankan dan memperkenalkan reputasi produk dan agar bisa menguasai pasar. Fungsi selanjutnya yaitu rangsangan investasi serta pertumbuhan industri di mana merek bisa menunjang pertumbuhan industri dengan adanya penanaman modal. Mengenai sistem pendaftaran merek sendiri, menggunakan stelsel konstitutif. Maksudnya adalah sistem pendaftaran suatu hak untuk pihak pertama pemakai merek. Pendaftar pertama akan menjadi pemilik merek.

Pihak ketiga tidak bisa menggugat meskipun bermaksud baik. Selain itu, pihak yang memohon izin sendiri bisa berupa perorangan, badan hukum, dan beberapa orang atau kepemilikan bersama (badan hukum). Untuk mendaftar, Anda bisa mengirim formulir yang diberikan oleh Ditjen HKI dengan melampirkan beberapa persyaratan seperti surat pernyataan bermaterai dan ditandatangani pemohondan bukti pembayaran biaya permohonan merek.

Setelah mengetahui apa yang dimaksud dengan hakmerkdagangdan beberapa prosedur di atas, ada baiknya jika Anda juga mengetahui apa saja yang bisa membuat sebuah merek tidak bisa terdaftar. Beberapa di antaranya jika bertentangan dengan peraturan Undang Undang, kesusilaan, moralitas agama, atau ketertiban umum; tidak mempunyai daya beda; sudah menjadi milik umum; dan berkaitan dengan jasa atau barang yang sedang dimohonkan pendaftarannya.

Lalu, apa saja fungsi dari pendaftaran merek? Beberapa fungsinya adalah untuk menjadi alat bukti kepemilikan yang sah pada merek yang didaftarkan, menjadi dasar penolakan merek yang sama pada barang atau jasa sejenis yang didaftarkan orang lain, dan menjadi dasar untuk mencegah pemakaian keseluruhan atau sebagian merek yang sama. Lalu, biasanya kita bisa menemukan simbol R , C, dan TM pada merek. Apa maknanya? Simbol ® adalah kepanjangan dari Registered Merk yang merupakan merek terdaftar dengan terbitnya sertifikat merek. Simbol TM yaitu kepanjangan dari Trade Mark yang artinya Merek Dagang. Pada umumnya, simbol ini biasanya dipakai orang untuk menunjukkan bahwa merek dagangnya masih dalam proses.

Apa Dan Bagaimana Merek

Namun, di beberapa negara yang menggunakan sistem merek “first in use”, tanda ™ memiliki arti bahwa suatu merek sudah digunakan dan juga dimiliki. Sementara itu, simbol © merupakan kepanjangan dari copyright yang artinya Hak Cipta. Logo ini dipakai pada lingkup cipta atau karya tersebut orisinil. Pemakaian simbol © bisa dipakai meskipun suatu karya tidak bisa dibuktikan dengan menggunakan sertifikat hak cipta, namun sertifikat hak cipta yang ada bisa menjadi bukti formal apabila dimata penegak hukum.

Logo R, TM dan C adalah tanda yang pada umumnya dicantumkan dengan tujuan sebagai penghalang pihak yang berniat meniru atau dengan kata lain menjiplak karya, yang secara tak langsung ingin mempublikasikan bahwa produk atau karyanya sudah dilindungi haknya. Selain itu, ada juga komponen penting pada hak cipta, khususnya pada lukisan atau logo. Beberapa komponen tersebut adalah pencipta, pemegang hak cipta, obyek ciptaan, serta kapan dan di mana ciptaan dibuatatau diumumkan.Itulah beberapa hal mengenai hak merek yang bisa Anda ketahui. Jika Anda memiliki produk berupa barang, jasa, atau keduanya, maka tak ada salahnya untuk mengurus hak yang satu ini demi kebaikan bersama. Dengan demikian, apa yang sudah Anda miliki sebagai merek tidak digunakan oleh pihak lain yang kurang bertanggung jawab.

    Chat WA