Jelaskan Tata Cara Pengajuan Hak Merek

Jelaskan Tata Cara Pengajuan Hak Merek Untuk Mempermudah Anda Dalam Memahami Apa Saja Yang Bisa Dilakukan Atau Disiapkan Untuk Memenuhi Prosedur Yang Ada. Sebab, pendaftaran merek sendiri merupakan salah satu komponen yanhg diperlukan untuk Anda dalam mematenkan merek yang digunakan untuk bisnis. Merek tersebut bisa menunjang produk yang Anda hasilkan, baik dalam bentuk barang, jasa, maupun keduanya. Tak hanya itu, merek yang didaftarkan juga akan bisa membuat produk Anda sah di mata hukum.

Apa Saja Yang Dibutuhkan Pengajuan Hak Merk

Adanya sertifikat hak paten tersebut nantinya juga akan bisa memberikan banyak manfaat untuk Anda. Salah satunya adalah melindungi produk Anda dari pihak yang ingin menggunakan maksud tertentu dengan label Anda, yang diplagiasi untuk mendapat sejumlah keuntungan dalam bidang ekonomi tertentu. Maka dari itu, penting untuk ada yang jelaskan tata cara pengajuan hak merek dagang demi kelangsungan yang satu ini.

Sebenarnya, di Indonesia sendiri sudah banyak pihak yang bisa jelaskan tata cara pengajuan hak merek. Hanya saja, tak semua pengusaha di negara kita mampu melakukan dan memberikan perhatian khusus untuk poin terkait dengan pendaftaran merek. Mereka cenderung mengabaikan ketentuan yang satu ini. Mereka baru akan merasa dirugikan jika ada pihak lain yang memalsukan atau memakai nama mereka untuk bentuk produk yang dihasilkkan. Sementara itu, mereka tak memiliki kewenangan apa pun dalam menuntut. Hal ini disebabkan karena tidak adanya sertifikat resmi sebagai bukti kuat untuk menunjang atau mendukung kuatnya perizinan yang sudah sah dari pihak negara yang mengakui produk tersebut di mata hukum.

Jelaskan tata cara pengajuan hak merek dan logo

Sebenarnya, prosedur pendaftaran merek sendiri sudah diatur di dalam pasal 7 sampai dengan 27 pada Undang Uundang  Nomor 15 tahun 2001 tentang merek. Tata cara untuk mengajukan hak merek sendiri ada beberapa tahap. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalahmengisi formulir permohonan secara tertulis yang ditujukan pada Dirjen HKI(Direktora Jenderal Hak atas Kekayaan Intelektual) yang bisa dilakukan sendiri atau bahkan dikuasakan dengan orang lain. Lalu, Anda juga akan melakukan pembayaran untuk biaya permohonan.

Apa Saja Yang Dibutuhkan Pengajuan Merk

Selanjutnya, Anda juga mengisi formulir yang diajukan kepada pihak Dirjen HKI. Anda jugadiminta untuk melampirkan surat pernyataan di atas kertas  yang dibubuhi meterai cukup dan ditandatangani oleh pihak pemohon  yang menyatakan bahwa merek tersebutmerupakan miliknya. Jika permohonan diajukan melalui kuasa, maka surat kuasa khusus juga dilampirkan. Selanjutnya, Anda juga diminta menyerahkan fotokopian akta pendirian badan hukum yang sudah dilegalisir oleh notaris atau aslinya.

Tak sampai di situ, jelaskan tata cara pengajuan hak merekselanjutnya. Jika Anda sudah selesai mengisi formulir permohonan, maka verifikator dari Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual akan memeriksa kelengkapan permohonan tersebut. Lalu, petugas loket memberikan bukti penerimaan permohonan. Dengan demikian, Anda bisa mengajukan Permohonan Dirjen HKI. Setelah itu, Dirjen HKI pun memeriksa kelengkapan administrasi dari permohonan merek yang Anda ajukan. Jika masih kurang lengkap, maka pihak pemohon diberi waktu 2 bulan untuk melengkapinya terhitung sejak tanggal pengiriman surat permintaan.

Setelah itu, pihak Direktorat Jenderal akan melakukan pemeriksaan secara substantief paling lama 30 hari, terhitung semenjak tanggal penerimaan permohonan. Pemeriksaan substantif yang dilakukan oleh Dirjen HKI dilaksanakan maksimal selama 9 bulan. Pemeriksaan substantief tersebut meliputi pemeriksaan merek dari beberapa segi. Misalnya saja seperti tak bertentangan dengan peraturan perundang-undangan, tak memiliki daya pembeda, sudah menjadi milik umum, berkaitang dengan barang ataupun jasa yang dimohonkan pendaftarannya, memiliki kesamaan pada pokok atau keseluruhan merek lain baik yang sudah terdaftar atau terkenal.

Apa Yang Dibutuhkan Pengajuan Hak Merk

Jika hasil pemeriksaan substantief sudah disetujui Direktur Jenderal dalam kurun waktu maksimal 10 hari, permohonan tersebut akan diumumkan dalam Berita Resmi Merek. Pengumuman tersebut akan berlangsung selama 3 bulan danditempatkan di Berita Resmi Merek dan diterbitkan secara berkala. Bisa juga ditempatkan di saran khusus yang dapat dilihat oleh masyarakat dengan mudah dan disediakan oleh Direktorat Jenderal. Jika tak ada sanggahan dan/atau keberatan selama jangka waktu yang diberikan tersebut, Direktorat Jenderal akan menerbitkan dan memberi sertifikat merek pada pihak pemohon atau kuasanya maksimal 30 hari dihitung sejak tanggal selesainya pengumuman.

Setelah dijelaskan tata cara pengajuan hak paten merek seperti di atas, maka ada baiknya Anda mulai mempersiapkan berkas yang sekiranya dibutuhkan untuk pendaftaran merek. Sebab, melihat jangka waktu yang cukup panjang dalam proses tersebut, tentu saja Anda tak ingin menghabiskan waktu yang lebih lama untuk mengurus kekurangan berkas atau ketidaklengkapan data yang ada, bukan? Maka dari itu, Anda bisa mulai mempersiapkannya jauh-jauh hari.

Terlebih, bagi Anda yang ingin mendaftar sebagai badan hukum. Jika proses pembuatan akta melalui notarius belum dilakukan, maka ada baiknya Anda segera memproses hal yang satu ini. Sebab, proses seperti ini juga akan membutuhkan sejumlah waktu dengan melalui jasa notaris. Jika semua berkas yang Anda siapkan sudah lengkap sejak jauh-jauh hari, maka pendaftaran Anda memungkinkan untuk berlangsung tak terlambat. Bukankah hal seperti ini juga akan memberi keuntungan untuk Anda?

    Chat WA