Arti Perlindungan Merek

Arti Perlindungan Merek, Jika Anda Memiliki Sebuah Usaha Di Bidang Produk Maupun Jasa, Ada Baiknya Anda Tahu Tentang Ini. Ya, merek adalah hal yang sangat penting untuk memberikan jaminan kualitas pada produk atau jasa yang kita tawarkan. Sekarang ini banyak sekali pengusaha kecil maupun besar yang memberi nama pada merek mereka. Namun, terkadang mereka mengabaikan tentang arti dari perlindungan merek.

Arti Perlindungan Merek

Sebagian pengusaha mengambil merek dari produk lain untuk mendompleng popularitas produk mereka. Ada juga perusahaan yang menjadi korban dari pelanggaran hak merek. Jika kita bahas secara mendetail, akan ada dua pihak yang terlibat dalam kasus pelanggaran hak merek. Pertama, pihak yang diuntungkan. Pihak  yang diuntungkan adalah mereka yang mengambil nama merek dari produk yang sudah ada, lalu menggunakan merek tersebut dalam produk mereka. Mereka akhirnya memasarkan produk tersebut dan mendapatkan keuntungan besar karena banyak pelanggan yang menganggap produk mereka sebagai produk yang sama dengan produk yang sudah ditiru.

Lalu, pihak kedua adalah pihak yang dirugikan. Pihak yang dirugikan adalah pihak yang merek produknya dipakai oleh produk perusahaan lain. Dengan begitu, akhirnya pelanggan mereka jadi berkurang karena sudah terkecoh untuk membeli produk lain yang telah menirunya. Dalam kasus ini, pihak ini pun benar-benar rugi karena merek mereka telah dijiplak dan mereka tidak mendapat royalti atas penggunaan merek mereka. Padahal, tentu saja sebuah merek menjadi terkenal karena proses promosi yang tak mudah. Perusahaan yang memakai merek lain tentunya mendapat keuntungan besar tanpa melakukan promosi yang maksimal.

Arti Perlindungan Merek usaha

Berbicara tentang arti perlindungan merek,

hal tersebut merupakan hal yang sangat penting untuk para pengusaha yang sudah memiliki produk dengan merek terkenal. Dengan mempunyai perlindungan merek, maka merek tersebut dilindungi oleh peraturan perudang-undangan dan juga sertifikat hak atas kekayaan intelektual. Ya, merek termasuk kekayaan intelektual sehingga bila kita sudah mendaftarkan sebuah merek ke HKI, maka merek tersebut akan mendapat perlindungan secara hukum. Perlindungan tersebut biasanya berlangsung selama 10 tahun sejak terdaftar, namun masih bisa diperpanjang.

Bagaimana cara mendapat perlindungan merek? Sebenarnya, cara mendapat perlindungan merek cukup sederhana. Anda bisa langsung datang ke Ditjen HKI. Namun, ada beberapa formulir yang harus anda isi. Bila anda salah mengisi formulir yang disediakan, ada kemungkinan bahwa permohonan anda untuk mendapatkan hak merek akan ditolak. Di Indonesia sendiri, ada banyak pengusaha kecil maupun besar yang datang ke ditjen HKI, namun permohonan mereka ditolak karena mereka bahkan tak tahu merek yang ingin didaftarkan termasuk merek dagang, jasa atau kolektif.

Arti Perlindungan Merek dagang

Sebagian merek pun tidak bisa didaftarkan karena mereknya yang mirip dengan merek yang sudah ada. Dari hal tersebut, kita bisa simpulkan bahwa kita harus membuat merek yang benar-benar original. Jangan membuat merek yang tulisannya mirip dengan merek produk lain. Jangan menulis merek yang desainnya mirip dengan merek produk lain. Juga, jangan membuat merek yang konsepnya mirip dengan merek produk lain. Bila anda membuat sebuah merek yang memiliki kemiripan visual, konsep, dan tulisan dengan merek produk lain, ada kemungkinan merek anda akan ditolak Ditjen HKI dan juga nantinya merek tersebut akan membuat anda terlibat dalam masalah. Ya, bagaimana pun juga makna perlindungan merek sangat penting. Jadi jika anda meniru merek yang sudah ada dan merek tersebut mendapatkan perlindungan merek, maka anda akan digugat atas kasus pelanggaran hak cipta.

Sekarang, anda mungkin sudah memahami arti perlindugan merek dan juga bagaimana cara mendapatkannya. Yang jelas, perlindungan merek akan membuat merek kita tidak akan mudah dicuri orang. Seperti yang kita tahu, merek bukanlah sekadar susunan huruf dan gambar, namun lebih dari itu. Merek adalah suatu hal yang penting untuk mempromosikan produk. Merek pun adalah alat untuk membedakan produk kita dengan produk lainnya.

Dengan merek, pelanggan akan mudah mengenali produk kita. Saat merek produk kita sudah terkenal, disini lah tantangan kita yang sebenarnya.  Akan ada banyak pengusaha yang tertarik untuk menggunakan merek dagang kita demi mendompleng popularitas produk mereka. Jadi, pastikan anda sudah mendaftarkan merek produk anda agar merek tersebut tidak akan dititru orang. Kalaupun ditiru, anda bisa segera menggugat pihak peniru agar dituntut dengan sanksi yang telah ditentukan dalam peraturan perundang-undangan.

Arti Perlindungan Merek produk

Sebenarnya, ada banyak kasus pelanggaran hak merek yang merugikan pihak pemilik merek tersebut, misalnya saja kasus Puma dan Numa. Numa tersengar seperti Puma, dan mungkin saja pelanggan Puma menganggap produk Numa sebagai produk yang sama dengan Puma. Padahal, kualitasnya mungkin jauh dari Puma. Saat hal ini terjadi, tentu saja pihak Puma akan merugi. Selain kasus tersebut, ada kasus lain seperti kasus Rexona dengan Roxana, Adidas dengan Adadis, Play Station dengan Poly Station, Oreo dan Oriorio, dan masih banyak lagi. Untuk mencegah kasus pelanggaran merek, tentunya setiap pengusaha harus tahu betul tentang arti perlindungan merek usaha agar mereka bisa memiliki merek yang benar-benar original dan tidak mudah meniru merek produk milik perusahaan lain.

    Chat WA