Bagaimana Cara Menciptakan Merek

Bagaimana Cara Menciptakan Merek Yang Baik? Jawaban Dari Pertanyaan Tersebut Mungkin Sesuai Dengan Isi UU No. 15 Tahun 2001 Tentang Merek. Dalam pasal 4, 5 dan 6 UU Merek tersebut dikatakan bahwa pendaftaran merek akan ditolak jika pendaftar memiliki itikad tidak baik serta bertentangan dengan moralitas agama, kesusilaan, peraturan perundang-undangan yang berlaku dan ketertiban umum. Selain itu, pendaftaran merek Anda tidak akan diterima apabila tidak mempunyai daya pembeda, telah menjadi milik umum, misalnya seperti gambar tengkorak di atas dua tulang yang saling menyilang, berkaitan dengan produk atau jasa yang hendak didaftarkan dan mempunyai persamaan pada keseluruhan merek yang telah didaftarkan oleh orang lain untuk barang atau jasa yang sejenis.

Bagaimana cara menciptakan merek

Biasanya Ditjen HKI merek akan melakukan pengecekan atau pemeriksaan substantif pada semua permohonan pendaftaran merek. Perlu diketahui juga, bahwa merek berbeda dengan paten. Kalau paten lebih ditujukan untuk suatu penemuan atau invensi, sementara merek ialah simbol atau logo yang berfungsi sebagai daya pembeda. Contoh, Anda membuat piring antipecah yang belum ada sebelumnya, maka penemuan itu didaftarkan sebagai hak paten. Sedangkan simbol yang terdapat pada piring tersebut dimasukkan dalam kategori merek.

Untuk mendaftarkan merek maupun paten, Anda bisa mengajukan permohonan pada Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual secara tertulis dalam Bahasa Indonesia yang baik. Jangan lupa mengisi formulir dan melampirkan beberapa persyaratan serta melakukan pembayaran untuk permohonan merek. Ada banyak proses yang harus dilalui, yaitu pemeriksaan substantif, pengumuman permohonan, keberatan dan sanggahan serta pemeriksaan kembali yang memakan waktu kurang lebih satu tahun atau paling lama 14 bulan 10 hari. Jika telah paham dengan prosedur pendaftaran merek di atas, Anda bisa mempelajari bagaimana cara jitu menciptakan merek yang unik dan melekat di benak konsumen.

Umumnya, orang akan lebih yakin dengan sebuah bisnis atau usaha apabila mereka memiliki produk yang bermerek. Jadi, dalam membangun bisnis pribadi atau badan usaha, butuh banyak persiapan. Proses persiapan tersebut tidak hanya fokus pada produk atau jasa yang ditawarkan saja, melainkan membuat merek yang sesuai. Merek tersebut berguna untuk membantu bisnis Anda dalam mengenalkan produk pada khalayak ramai atau calon konsumen dan menjadi personal branding.

Ditjen HKI merek

Jika Anda bertanya bagaimana cara menciptakan merek, ada tujuh langkah yang harus dilakukan.

Pertama, buat nama merek yang unik dan mudah diingat. Karena merek dibuat untuk memperkenalkan produk pada konsumen awal, usahakan untuk memilih yang unik dan mudah diingat. Dengan demikian, merek akan melekat di benaknya dan konsumen bisa memahami fungsi serta keunggulan yang ditawarkan oleh merek tersebut. Dalam membuat merek yang memiliki kriteria mudah diingat, Anda harus mengetahui target pasar. Bila kebanyakan konsumen tidak mengerti Bahasa Inggris, hindari penggunaan istilah asing, terutama yang sulit diucapkan. Selain itu, rencanakan kapan merek akan diluncurkan dan dimana produk itu dipasarkan.

Kedua, kenali pribadi Anda, sebab nama sebuah merek dapat menjadi cerminan pemiliknya. Jadi, ketahuilah siapa Anda, apa yang paling disukai dan dikuasai agar manfaat merek sebagai personal branding bisa menggambarkan diri Anda dengan baik.

hak paten

Ketiga, membuat website pribadi, untuk memulainya bisa dengan blog pribadi kemudian membeli template blog yang sudah jadi. Setelah itu, Anda bisa mengisinya dengan konten-konten yang berhubungan dengan produk.

Keempat, membeli dominan yang mencerminkan merek. Produk yang Anda pasarkan akan semakin dikenal oleh masyarakat luas apabila menggunakan domain yang tepat.

Kelima, lakukan update secara otomatis. Mungkin sebagai pengusaha, Anda tidak memiliki banyak waktu untuk mengurus blog atau website. Tapi, itu bisa disiasati dengan memanfaatkan fitur untuk update status secara otomatis di sosial media. Saat ini, blog pun sudah didukung dengan fitur tersebut, jadi tinggal diaktifkan saja.

Keenam, menerima kritik dan saran dari konsumen sebagai motivasi untuk lebih baik. Jangan menolak setiap kritik dan saran karena itu sangat berguna untuk perkembangan dan kemajuan produk.

Terakhir, bagikan informasi tentang produk, bisa berupa konten yang berisi tips-tips terkait untuk menghindarkan rasa jenuh ketika konsumen menjelajahi halaman website Anda. Pahami tips bagaimana cara menciptakan merek tersebut dan terapkan dengan segera.

Tentu setelah membuat sebuah merek, Anda ingin mengenalkannya pada masyarakat, bukan? Ada dua cara untuk memasarkan produk, yakni secara online dan offline. Tapi, banyak pelaku bisnis yang memilih cara pertama karena dinilai lebih mudah dan murah. Nah, berikut kiat-kiat memasarkan produk di dunia maya supaya cepat terkenal: bangun kredibilitas, buatlah seolah-olah produk yang Anda jual bisa menjadi solusi bagi masalah konsumen.

membuat merek

Jadi, ciptakan desain dan fungsi yang menarik, inovatif, kreatif serta efektif. Jika perlu, publikasikan video testimoni atau pernyataan dari konsumen tentang kepuasan mereka setelah mencoba produk terkait. Anda juga mengupload video yang memperlihatkan suasana kerja, keahlian setiap karyawan dan sebagainya untuk meyakinkan konsumen. Menunjukkan hasil riset mengenai produk merupakan salah satu jawaban atas bagaimana cara untuk menciptakan merek yang baik. Sebagian besar orang yang tertarik dengan merek produk dapat dilandasi oleh kepercayaan mereka tentang fungsinya.

Sehingga, tak sedikit para produsen yang melakukan survei terhadap produk-produk mereka supaya konsumen nantinya lebih bisa menaruh kepercayaan yang lebih. Membuat kisah unik tentang filosofi atau asal mula nama merek untuk membangun ikatan emosi dengan konsumen. Banyak pengusaha sukses yang tidak sungkan membagikan filosofi nama merek kepada audience, contohnya seperti Mark Zuckerberg (pendiri Facebook). Mencari solusi interaktif untuk mengajak konsumen terlibat dengan produk, bisa melalui video sharing, video games, kuis atau survei.

Mendiskusikan masa depan produk dengan konsumen untuk menyusun strategi pemasaran produk Anda di masa yang akan datang. Memberi penghargaan pada penggemar, bila nanti merek Anda telah terkenal dan memiliki banyak peminat. Penghargaan tersebut bisa diberikan dalam bentuk program kuis atau menggelar acara tertentu. Itu tadi beberapa tips mengenai bagaimana cara mudah menciptakan merek dan memperkenalkannya di dunia online. Penting untuk diketahui, bahwa persaingan di dunia online berbeda dengan offline. Anda yang terjun di bisnis online harus mempunyai integritas serta konsisten dalam memasarkan produk. Sebab, tak jarang terjadi kasus konsumen yang beralih ke merek lain karena pebisnis tidak konsisten dalam hal tertentu, misal desain kemasan.

    Chat WA