Prosedur Pendaftaran HAKI Di Depkumham

Prosedur Pendaftaran HAKI Di Depkumham Dalam Pendaftaran Merek Tidak Perlu Pusing Anda Pikirkan, Dengan Bantuan Konsultan Hak Kekayaan Intelektual Kami semua akan beres. Mengapa demikian? Sederhananya, HAKI sendiri adalah salah satu bagian yang penting dari produk berupa barang, jasa, atau barang dab jasa yang disediakan oleh satu pihak. Adanya merek yang diberikan untuk produk ini akan berpengaruh terhadap banyak hal, termasuk dengan perlindungan atas sahnya produk yang diberi merek dagang.

Berikut Ulasan Prosedur Pendaftaran HAKI Di Depkumham

Bahkan, hal ini menjadi salah satu kewajiban yang ada baiknya untuk dipenuhi oleh pihak yang menyediakan produk demi menjaga produk yang diciptakan. Sebab, adanya plagiasi atau pembajakan barang tersebut memungkinkan untuk dilakukan oleh pihak yang tak bertanggung jawab untuk mendapat sejumlah keuntungan. Maka dari itu, jika prosedur pendaftaran merekHAKI di Depkumham sudah dilakukan, akan ada sertifikat yang menjadi bukti kuat perlindungan dari produk berupa barang, jasa, atau barang dan jasa yang Anda miliki.

Mungkin sampai sekarang masih ada yang belum mengetahui bagaimana prosedur pendaftaran merekdagangHAKI di Depkumham yang bisa dilakukan. Ada juga sejumlah pihak yang terbilang enggan mengurus hal ini karena menganggap prosedur yang disediakan terlalku rumit. Padahal, sebenarnya tak seperti itu. Prosedur yang disediakan tak menyulitkan dan bisa membuat hak merek Anda dibuat serta diakui.

Hal ini sangat bermanfaat untuk Anda yang tak ingin produknya disalahgunakan oleh pihak lain. Bisa juga, hal ini akan menjadi tameng bagi Anda agar nama dari produk tersebut tak digunakan oleh orang lain. Sebab, merek sendiri merupakan salah satu gambaran dari identitas suatu produk yang sangat berpengaruh di mata masyarakat untuk mengenali apa yang sebenarnya Anda tawarkan. Dengan demikian, harga dan juga nilai jual dari produk Anda akan bertahan di pasar dan dikenal oleh khalayak umum.

Bagaimana prosedur pendaftaran HAKI di Depkumham?

Jika Anda ingin mengajukan permohonan pendaftaran HAKI di Depkumham, maka ada beberapa prosedur yang perlu Anda lakukan. Sebelumnya, pastikan Anda memahami benar prosedur yang ada, sehingga nantinya tak akan mengalami kesulitan saat melakukan prosesnya. Perlu Anda ketahui, sebagai pihak pemohon, Anda wajib  mengajukan permohonan ke pihak Ditjen HKI atau Kanwil dalam bentuk tertulis dengan menggunakan bahasa Indonesia. Selain itu, lampirkan juga fotokopi KTP yang sudah dilegalisir.

Pendaftaran HAKI Di Depkumham

Khusus untuk pemohon yang asalnya dari luar negeri, maka diharuskan memilih lokasi tempat kedudukan di Indonesia sesuai dengan ketentuan Undang Undang. Pada umumnya, lokasi yang dipilih bisa dari alamat kuasa hukum. Jika permohonan diajukan atas nama badan hukum, sertakan juga fotokopi akta pendirian badan hukum. Kemudian, lampirkan fotokopi peraturan pemilikan bersama jika permohonan diajukan oleh lebih dari satu orang. Jika pendaftaran dikuasakan, sertakan juga surat kuasa khusus. Lampirkan tanda pembayaran biaya permohonan. Tambahkan juga surat pernyataan yang berisi merek yang diajukan adalah milik pihak pemohon.

Setelah itu, Anda bisa mengisi formulir permohonan dengan sejumlah data tertentu di dalamn ya yang harus Anda isi sesuai dengan kenyataan. Jangan lupa, pastikan isi formulir tak ada yang salah dan terlewat, serta sesuai dengan data pada arsip yang Anda bawa.

Jika prosedur pendaftaran brand di Depkumham di atas sudah selesai, Anda bisa melakukan pembayaran permohonan pendaftaran merek. Beberapa persyaratannya antara lain adalah sebagai berikut. Pertama, Anda bisamengisi formulir pendaftaran ciptaan yang dirangkap 3 yang bisa Anda dapat dari kantor wilayah. Lalu lembar pertama dari formulir yang sudah Anda dapat ditandatangani di atas materai senilai Rp.6.000,00.

Kemudian, surat permohonan pendaftaran ciptaan juga menyantumkan nama, kewarganegaraan serta alamat pencipta, nama, kewarganegaraan beserta alamat pemegang hak cipta, nama, kewarganegaraan plus alamat kuasa, jenis dan juga judul ciptaan, tanggal beserta tempat ciptaan diumumkan untuk pertama kali, uraian ciptaan yang dirangkap 4. Perlu Anda ketahui surat permohonan pendaftaran ciptaan hanya bisa diajukan untuk 1 ciptaan. Jangan lupa, lampirkan juga bukti kewarganegaraan pencipta dan juga pemegang hak cipta berupa fotokopy KTP atau bisa juga paspor. Jika pemohon merupakan badan hukum, maka harus dilampirkan turunan resmi akta pendirian badan hukum pada surat permohonan.

Berikut Ulasan Prosedur Pendaftaran HAKI

Selain itu, lampirkan juga surat kuasa jika permohonan diajukan seorang kuasa, yang juga disertai dengan bukti kewarganegaraan kuasa. Jikapihak pemohontidak berdomisili di dalam wilayah RI, maka pihak pemohon harus mempunyai tempat tinggal dan juga menunjuk kuasa yang ada di dalam wilayah RI demi keperluan permohonan pendaftaran ciptaan. Lalu, Jika ciptaan tersebut sudah berpindah tangan, maka bukti pemindahan juga wajib disertakan. Selain itu, juga menyertakan contoh ciptaan yang dimohonkan oleh penggenti atau pendaftarnya.

Jika sudah, Anda bisa melakukan pembayaran pendaftaran ciptaan khusus untuk pendaftaran program ciptaan komputer. Itulah beberapa prosedur pendaftaran HAKI di Depkumham yang bisa Anda lakukan, mulai dari pengisian formulir, sampai dengan pembayarannya. Setelah semua prosedur di atas sudah Anda lakukan dan lengkapi, maka selanjutnya Anda hanya perlu menunggu pemberitahuan dari pusat mengenai diterima atau tidaknya permohonan yang diajukan.

    Chat WA