Biaya Hak Paten Produk

Biaya Hak Paten Produk Mahal Atau Murah, Anda Ingin Mendaftarkan Hak Paten Produk Tapi Ingin Tahu Dulu Mengenai Biayanya ? Anda Bisa Mendapatkan Informasinya di sini. Namun sebelumnya kami akan menjelaskan lebih banyak dulu mengenai hak paten. Hak paten sebenarnya lebih berhubungan dengan hak eksklusif untuk produk yang berhubungan dengan bidang teknologi. Masa berlaku hak paten adalah selama 20 tahun sejak tanggal diterimanya permohonan kepemilikan hak paten. Sayangnya, jika seperti ini hak paten tidak bisa diperpanjang. Ada juga hak paten sederhana yang berlaku selama 10 tahun.

Cek HAKI

Hak paten sederhana lumayan beda dengan yang biasa. Hak paten ini diberikan kepada alat dan produk yang punya kegunaan praktis. Sebelum meminta permohonan kepemilikan hak paten Anda harus cek haki (hak atas kekayaan intelektual) apakah sebelumnya sudah ada produk yang sama dan telah didaftarkan atau belum. Caranya adalah dengan menghubungi kami. Anda hanya perlu memilih apa yang akan dicari ada paten, merek, hak cipta atau desain industri kemudian ketik nama merek yang akan digunakan. Ada juga informasi lain mengenai merek yang ada seperti apa telah dibatalkan, dihapus, ditolak, ditarik kembali, atau proses perpanjangan.

Sekarang baru akan dibahas mengenai biaya hak paten produk.

Besarnya biaya pendaftaran hak paten tergantung dengan siapa yang menjadi pemohonnya dan lewat cara apa mendaftarnya. Untuk pemohonnya ada yang perorangan, dan instansi atau UMKM. Klasifikasi haki yang bisa mendapatkan hak patennya adalah hak cipta, dan hak kekayaan industri. Jenis yang termasuk pada hak kekayaan industri antara lain, hak indikasi geografis, hak rahasia dagang, hak desain tata letak sirkuit terpadu, hak desain industri, hak merek dan hak paten.

biaya hak paten produk

Demikianlah biaya hak paten produk untuk berbagai jenis haki. Hak paten akan berlaku selama 20 tahun tapi tidak bisa diperpanjang lagi kecuali hak merek. Namun jika yang didaftarkan hak paten sederhana hanya akan berlaku 10 tahun. Jadi jika Anda pikir biayanya lumayan mahal itu salah karena biaya ini sebesar ini hanya perlu Anda keluarkan sekali saja. Anda bisa mendaftarkan hak paten sendiri atau dengan bantuan jasa konsultan kekayaan intelektual tapi dengan tambahan biaya jasa.

Klasifikasi HAKI

Mereka akan bertanggung jawab atas pengurusan haki sampai proses selesai. Agar permohonan hak paten Anda bisa diterima maka Anda harus tahu apa saja syarat karya intelektual yang bisa dipatenkan. Kekayaan intelektual yang didaftarkan harus memenuhi syarat substantif yang terbagi menjadi dua, yaitu bersifat baru, dan inventif. Baru di sini maksudnya karya belum pernah dipublikasikan di media apa pun, dan oleh siapa pun. Sedangkan maksud dari inventif adalah kepada orang yang memiliki kemampuan dalam merancang, dan menciptakan sesuatu yang baru. Lalu harus bersifat aplikatif yang artinya hasil penelitian dapat dilakukan secara berulang atau bermanfaat bagi masyarakat. Jadi segera daftarkan produk Anda agar bisa memperoleh hak patennya. Demikianlah pembahasan mengenai biaya hak paten produk dan tentang hak paten lebih lengkap. Semoga bermanfaat bagi Anda.

    Chat WA