Biaya Izin Merek Dagang

Biaya Izin Merek Dagang, Jika Anda Memiliki Usaha Sendiri Dan Memberikan Nama Merek Pada Produknya Maka Pastikan Sudah Memiliki Izin Merek Dagang, jika ingin membuatnya tapi ingin tahu dulu biaya keseluruhan izin merek dagang maka Anda bisa membaca informasinya di sini. Memiliki izin merek dagang sebenarnya mudah tapi jika tidak mengerti maka kedengarannya rumit, dan memang waktu untuk mendapatkan keputusannya lumayan lama karena ada banyak hal yang harus diperiksa terlebih dahulu. Agar mendapatkan izin maka Anda harus memenuhi segala persyaratan yang dibutuhkan.

Biaya Izin Merek Dagang

Beberapa persyaratan agar bisa mengajukan kepemilikan merek dagang antara lain, memiliki nama merek yang belum terdaftar kemudian tuliskan sebagai etiket merek sebanyak 20 lembar, jadi jangan hanya memberikan satu contoh nama merek. Jangan hanya menuliskan nama mereknya saja, harus lengkap beserta logo dan warna-warna yang akan digunakan. Persyaratan lainnya adalah mengisi formulir pendaftaran merek, memilih jenis dan kelas barang yang akan diberi merek, membayar biaya pendaftaran, surat pernyataan hak, surat kuasa apabila meminta bantuan dari konsultan, fotokopi KTP, jika badan hukum maka yang diberikan fotokopi NPWP badan hukum, dan akta pendirian badan hukum. Mengenai cara mendaftarkan hak paten merek lebih lengkapnya akan dibahas di bawah ini.

Biaya izin merek dagang terbagi-bagi karena ada banyak hal yang harus diurus.

cara daftar haki

Biaya permohonan setiap satu merek yang terbagi atas 10 jenis barang. Sekarang mengenai cara mengurus merek dagang atau meminta hak akan merek adalah setelah memiliki segala persyaratan maka Anda bisa memberikan semua itu kepada Ditjen HKI yang alamatnya ada di Jl. H.R Rasuna Said Kav. 8-9, Kuningan, Jakarta Selatan. Setelah itu mereka akan memeriksa segala kelengkapannya dan mempertimbangkan apakah merek dagang yang Anda ajukan diterima atau tidak.

Jika ternyata merek yang Anda ajukan sudah dimiliki haknya oleh orang lain maka permintaan Anda pasti akan ditolak. Proses in akan berjalan dalam waktu yang lama, bisa sampai 24 bulan. Jadi Anda harus sabar menunggu. Namun, jika Anda tidak ingin mengurus sendiri permohonan izin merek dagang maka bisa meminta bantuan jasa dari konsultan hak kekayaan intelektual yang sudah terdaftar secara resmi. Mereka akan bertanggungjawab secara penuh pada proses ini. Namun memang biaya jasanya lumayan mahal, bahkan lebih mahal dibandingkan biaya untuk mendaftarkan merek.

mengurus merek dagang

Itu dia seberapa besar biaya izin merek dagang yang harus Anda keluarkan. Jika Anda menganggapnya mahal maka coba pikirkan lagi, dibandingkan dengan tanpa merek, usaha Anda akan lebih berkembang dan untung jika sudah memiliki merek. Contohnya, jika Anda menjual kopi tanpa merek di tempat minum kopi biasa maka harganya hanya 5.000 rupiah sedangkan jika dengan merek, contohnya Starbucks maka harganya bisa 40.000 rupiah per cangkirnya.

Selain itu, izin atau hak atas merek ini pun akan berlaku sampai 10 tahun jadi biaya sebesar itu tidak akan  sering Anda keluarkan. Memiliki izin atas merek juga akan melindungi Anda dari segala hal yang berhubungan dengan pelanggaran hukum dalam kasus HAKI. Masih mau bilang harganya mahal? Cara mendapatkan izin merek sama juga dengan cara daftar haki  yang lainnya. HAKI di sini adalah Hak Atas Kekayaan Intelektual, yang masuk dalam hal ini bisa berupa penemuan, karya, produk, jasa, dan lain sebagainya.

Jadi, jika Anda memiliki hal lain yang Anda ciptakan selain merek, misalnya Anda memiliki lagu, tulisan, penemuan, aplikasi android, dan apa saja lebih baik daftarkan segera haknya kepada Ditjen HKI agar Anda sah sebagai pemiliknya dan tidak akan bisa diklaim oleh pihak lain. Demikianlah informasi yang bisa dibahas mengenai biaya izin merek dagang beserta informasi mengenai persyaratannya, prosesnya, dan keuntungannya jika memiliki hak atau izin atas sebuah merek dagang. Semoga Anda mengerti, dan pembahasan ini bermanfaat.

    Chat WA