Biaya Mengurus Hak Paten Merek

Biaya Mengurus Hak Paten Merek Perlu Anda Ketahui Sebelum Anda Mendaftarkan Merek Dagang Anda, Jika Anda Sedang Ingin Mendaftarkan Hak Paten Atas Merek Produk Anda maka harus tahu dulu apa saja syarat dan berapa biayanya. Ya, mengurus hak paten akan dipungut biaya untuk administrasi dan lain sebagainya. Anda harus tahu lebih dulu mengenai hal ini agar bisa mempersiapkannya. Apakah mahal? Jika ingin tahu maka simak pembahasannya di sini. Jika Anda memiliki produk yang dipasarkan menggunakan merek maka harus didaftarkan ke Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual agar menjadi hak milik Anda secara sah.

cara pendaftaran haki

Orang yang berhak mendaftarkan merek dagang adalah siapa saja yang ingin memiliki hak penuh atas merek produk atau jasa yang diperdagangkan kepada umum. Proses pendaftaran merek tidak terlalu sulit karena hanya harus menyiapkan beberapa persyaratan, dan memiliki nama merek yang belum dipatenkan oleh orang lain. Buat permohonan kepada Ditjen HKI, setelah itu mereka akan memprosesnya. Jika berhasil maka nanti Anda bisa mendapatkan sertifikat hak merek. Biaya yang dibutuhkan untuk membuat hak paten merek memiliki aturan tersendiri. Nanti selama 10 tahun, merek Anda akan menjadi hak milik Anda secara sah. Setelah jangka waktu berakhir maka Anda bisa mendaftarkan ulang untuk jangka waktu yang sama, dan begitu seterusnya.

Kembali lagi ke pembahasan mengenai biaya mengurus hak paten merek.

Sebenarnya ada aturan yang mengikat jumlah biaya untuk pembuatan hak paten yang langsung dilakukan pemohon kepada Ditjen HKI. Kecuali jika Anda meminta bantuan dari konsultan hak kekayaan intelektual, pastinya biaya yang harus Anda berikan lebih mahal. Setiap jenis pendaftaran atau permohonan per merek memiliki biaya yang berbeda-beda, dan tergantung dengan jenis pendaftarannya. Ada yang secara online, dan manual. Semuanya akan dibahas di sini. Setelah itu akan dibahas juga bagaimana  cara pendaftaran haki (hak kekayaan intelektual. Biaya permohonan pendaftaran merek juga permintaan perpanjangan terhadap perlindungan merek terdaftar untuk UMKM.

merek dagang

Itulah dia rincian biaya mengurus hak paten merek, sekarang Anda jadi bisa mempersiapkannya terlebih dahulu. Baru setelah itu Anda bisa mempersiapkan persyaratan lain agar bisa mendaftarkan hak paten merek Anda. Persyaratan agar permohonan hak paten Anda bisa diproses antara lain, 30 contoh merek yang ingin Anda gunakan dengan ukuran minimal 2 x 2 cm dan ukuran maksimal 9 x 9 cm (pastikan merek yang akan Anda pakai belum digunakan atau didaftarkan hak patennya oleh orang lain), biodata pemohon dengan isi berupa nama, alamat serta kewarganegaraan, daftar barang yang akan diberi merek, surat pernyataan mengenai kepemilikan produk dan merek, dan fotokopi pemohon.

Lalu, cara daftar hak paten merek yang pertama kali dilakukan adalah pemohon harus mengisi formulir pendaftaran dan lampirkan segara persyaratannya. Selanjutnya adalah verifikator, dalam hal ini Ditjen HKI akan memeriksa kelengkapan persyaratannya, jika sudah maka Anda akan diberikan perintah untuk membayar proses pendaftaran. Anda bisa membayar biaya yang diminta ke rekening yang harus dituju, selanjutnya berikan formulir yang sudah diisi lengkap, bukti pembayaran, dan kelengkapan permohonan pada petugas loket.

biaya mengurus hak paten merek

Lalu nanti permintaan Anda akan diproses selama beberapa waktu. Pengumuman hasil penerimaan hak paten merek akan diumumkan di tempat yang sesuai kebijakan Ditjen HKI. Jika diterima Anda akan mendapatkan sertifikat hak paten merek dan merek itu sah menjadi milik Anda selama 10 tahun ke depan. Namun jika tidak diterima Anda bisa mengajukan keberatan agar bisa diproses lagi. Itulah dia berapa biaya mengurus hak paten merek yang harus Anda siapkan dan cara mendaftarnya. Semoga Anda mengerti dengan apa yang disampaikan di sini.

    Chat WA