Biaya Paten Merek

Biaya Paten Merek  Syarata Dan Cara Paten Merek Penting Untuk Di Ketahui Karena Hak Paten Merek Sangat Penting Untuk Didaftarkan. Namun Tenang Karena Di Sini akan dibahas semuanya. Mendaftarkan hak paten dari sebuah produk, karya, dan jasa adalah hal yang penting sekali tapi masih banyak orang yang tidak mau mengurusnya. Pada akhirnya nanti mereka akan rugi sendiri jika ada orang yang mengklaim karya mereka.

biaya paten merek

Dengan memiliki hak paten sebuah merek maka merek tersebut akan dilindungi secara hukum, Anda sebagai pemiliknya bisa menuntut siapa saja yang mengusik merek dan produk milik Anda. Sebenarnya, cara mendaftarkan hak paten produk tidak terlalu rumit karena Anda hanya perlu melengkapi beberapa persyaratan yang mudah dibuat. Setelah itu prosesnya akan dilakukan oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual dan Anda hanya perlu menunggu sampai selesai dan mendapatkan sertifikat hak merek.

Asal merek yang Anda daftarkan belum terdaftar secara resmi di Ditjen HKI oleh orang lain dan persyaratan lainnya lengkap maka dapat dipastikan hak merek akan Anda dapatkan. Biaya untuk mengurus ini semua bisa dibilang tidak mahal karena ada banyak keuntungan yang akan didapatkan karena hal ini.

Lalu berapa biaya paten merek?

Sebentar lagi Anda akan mengetahuinya. Anda bisa mendaftarkan hak paten oleh diri sendiri langsung ke Ditjen HKI atau meminta jasa dari konsultan HKI jika ingin tahu beres. Namun, jika Anda meminta bantuan jasa maka biaya yang akan dikeluarkan lebih banyak. Biaya untuk mengajukan permohonan atas hak paten terdiri menjadi tiga jenis dengan kisaran harga yang bervariasi. Jika pemohonnya umum maka biaya hak patennya lebih mahal dibandingkan UMKM, dan instansi. Selanjutnya, apabila Anda memberikan spesifikasi merek sebanyak 30 lembar lebih maka Anda harus membayar setiap lembarnya, biaya untuk pemeriksaan substansif.

cara mendaftarkan brand merek

Kemudian, mengenai cara mendaftarkan brand merek simaklah pembahasan prosedurnya berikut ini. Pertama, pemohon harus mengisi formulir yang diketik sebanyak 4 rangkap. Kemudian lampirkan beberapa persyaratan antara lain, surat kuasa khusus apabila meminta jasa konsultan, tiga rangkap untuk masing-masing klaim, abstrak dan deskripsi. Jika ada gambar maka berikan rangkap 3 juga, bukti pembayaran untuk biaya permohonan hak paten, bukti pembayaran paten sederhana dan pemeriksaan substantif. Dan tambahan biaya klaim jika lebih dari 10 klaim.

Jadi, biaya paten merek lebih untuk pembayaran satu hak paten yang ingin dimiliki. Lalu, prosedur lainnya masih ada banyak. Dalam hal penulisan klaim, deskripsi, gambar, dan abstrak yang disebutkan di atas sebagai salah satu persyaratan memiliki aturannya sendiri yang lumayan banyak. Ada 10 aturan yang harus dipatuhi, mengenai hal ini Anda bisa menanyakannya secara langsung pada Ditjen HKI supaya lebih jelas. Atau bisa juga mencari informasinya di internet. Untuk lamanya proses pembuatan hak paten dimulai dari mengajukan permohonan sampai selesai paling lama adalah 6 bulan sedangkan paling cepat adalah 3 bulan.

cara mendaftarkan merek usaha

Sama halnya dengan melakukan paten merek, cara mendaftarkan merek usaha juga prosedurnya kurang lebih sama tapi akan lebih banyak lagi persyaratannya. Jika Anda membuat usaha yang memproduksi dan memasarkan sebuah produk maka harus mendapatkan dua buah izin. Izin pertama bernama TDI atau Tanda Daftar Industri, izin ini diberikan agar Anda bisa memproduksi apa saja yang menjadi usaha Anda. Izin kedua adalah SIUP atau Surat Izin Usaha Perdagangan agar Anda bisa menjual produk usaha Anda yang telah memiliki merek.

Nah, dengan memiliki hak paten dan izin atas usaha dan merek Anda maka semua kegiatan Anda akan berjalan lancar karena semuanya sudah sah milik Anda dan dilindungi secara hukum. Demikianlah pembahasan mengenai biaya hak paten dan cara pendaftarannya yang bisa dibahas di sini. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari informasinya.

    Chat WA