Biaya Pendaftaran Merek Dagang

Biaya Pendaftaran Merek Dagang Memang Masih Menjadi Pertanyaan Hangat Yang Bergulir Di Tengah Pengusaha Rumahan. Minimnya sumber informasi yang mereka temui semakin mempersulit mereka untuk mengajukan permohonan ke dirjen HKI. Padahal para pengusaha kecil inilah yang membutuhkan sosialisasi paling besar. Tak semua dari mereka mengerti betapa pentingnya merek dagang yang mereka pakai dalam beberapa waktu ke depan. Bisa saja ada oknum-oknum tertentu yang akhirnya melakukan pemalsuan ataupun mengklaim merek dagang tersebut karena belum disahkan.

Biaya Pendaftaran Merek Dagang

Pasalnya, ketentuan ini telah diatur dalam Peraturan Pemerintah No. 50/2001 terkait Penerimaan Negara Bukan Pajak atau PNPB. Jika Anda sudah mengetahui kisaran biaya, pastinya Anda bisa memperhitungkan kapan Anda akan mulai mengajukan permohonan pendaftaran merek dagang milik Anda. Dengan biaya yang tak begitu mahal, pastinya hak Anda terlindungi oleh undang-undang bila terjadi hal-hal yang tak diinginkan. Anda pun berkesempatan untuk menuntut bila merek dagang Anda disalahgunakan atau dipalsukan oleh pihak-pihak tertentu. Surat keterangan ini akan berlaku 10 tahun sejak dikeluarkan oleh dirjen HKI. Dan Anda berkewajiban memperpanjangnya 12 bulan sebelum tanggal berakhirnya surat keterangan.

Anggaran pembiayaan seperti ini memang sangat membantu para pengusaha kecil dan menengah untuk mulai berpikir dan menyisihkan dana guna mendaftarkan merek dagang mereka. Lamanya proses pengurusan merek dagang ini kurang lebih sekitar 9 bulan sejak surat permohonan diajukan. Anda bisa mengurusnya sendiri di kantor dirjen HKI pusat maupun daerah. Sebelumnya mengajukan surat permohonan, pastinya Anda harus mencari tahu apakah merek dagang Anda memiliki kesamaan dengan milik perusahaan lain atau tidak. Anda pun harus memberikan perbedaan pada desain industri agar bisa memudahkan para konsumen.

Biaya Pendaftaran

Untuk membedakan desain ini, Anda perlu menyambangi kantor ditjen HKI ataupun mengakses situs mereka. Disini Anda juga tidak dikenakan biaya pendaftaran merek dagang, karena bersifat gratis baik konsultasi langsung di kantor dirjen HKI. Setelah itu, barulah Anda melengkapi berkas-berkas Anda yang akan dikirimkan sebagai permohonan. Berkas-berkas yang harus Anda sediakan, adalah formulir pendaftaran yang diketik rapi, fotokopi KTP direktur serta fotokopi akta hukum yang telah disahkan, nomor pokok wajib pajak (NPWP), dan menyertakan gambar merek dagang. Itulah beberapa penjelasan terkait keperluan pengurusan merek dagang yang telah ditentukan oleh pemerintah. Beberapa penjelasan mungkin bisa Anda cermati dan membantu Anda dalam pengajuan permohonan merek dagang.

    Chat WA