Biaya Pengecekan Nama Merek

Biaya Pengecekan Nama Merek Sangat Di Sarankan Untuk Anda Ketahui Terutama Bagi Anda Yang Saat Ini Bingung Bagaimana Cara Mendaftar Serta Ingin Mengetahui biaya pengecekan nama merek dan brand, ada baiknya membaca ulasan berikut ini. Ulasan kali ini akan membahas bagaimana cara mematenkan merek dagang yang Anda miliki. Untuk mematenkan merek dagang yang Anda miliki, sebenarnya tidak sulit, ada 2 cara yang dapat Anda lakukan untuk mematenkan merek dagang tersebut, yaitu dengan mengurusnya sendiri atau menggunakan jasa konsultan merek yang ada. Adapun proses pembuatan merek ini sendiri adalah, dengan mengunjungi Ditjen HKI untuk membuat merek dagang tersebut.

biaya pengecekan nama merek

Ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan, untuk membuat merek dagang ke HKI tersebut. Adapun langkah pertama yang perlu Anda lakukan, dengan menelusuri nama merek yang ada. Disini Anda dapat mencari apakah nama merek yang akan diguankan sudah digunakan oleh perusahaan lain atau tidak. Anda dapat mencari informasi ini sendiri, atau mengunjungi website pihak terkait untuk memperoleh informasi tersebut. Langkah kedua yang perlu Anda lakukan setelah mengetahui bahwa merek yang hendak digunakan tidak ada, maka mulailah mengajukan permohonan pembuatan merek. Penuhi beberapa persyaratan yang ada, antara lain mengisi bioadata secara lengkap, mempersiapkan setidaknya 30 buah contoh merek dengan ukuran 9×9 cm atau minimal 2×2 cm, mempersiapkan daftar barang atau jasa yang akan diberi merek, surat kepemilikan produk oleh pemohon, surat kuasa, fotokopi KTP pemohon dan fotokopi NPWP.

Setelah berbagai macam persyaratan tersebut Anda penuhi, maka langkah berikutnya adalah mengajukan formulir permohonan pendaftaran merek lengkap dengan aneka persyaratan ke pihak Ditjen HKI. Yang perlu Anda ketahui, selain mengembalikan aneka persyaratan serta formulir pendaftaran, Anda juga perlu membayar beberapa administratsi tertentu. Akan tetapi yang menjadi permasalahan adalah, tidak semua orang atau tidak semua perusahan dapat membuat atau mampu menangani proses pembuatan merek ini sendiri, banyak dari mereka yang menggunakan jasa konsultan merek, itu sebabnya, Anda perlu mengelaurkan biaya tambahan untuk proses biaya pengecekan nama merek usaha.

konsultan merek

Biaya pengecekan nama merek  yang digunakan oleh penyedia jasa pendaftaran merek diperuntukkan untuk mengecek apakah merek yang hendak digunakan sudah pernah dibuat, pernah dipasarkan atau hal lainnya. Jika sudah pernah dibuat, atau setidaknya ada yang mirip, maka penyedia jasa akan memberikan saran untuk menggant i nama merk menjadi nama yang baru. Menggunakan jasa konsultan merek seperti ini tentunya sangat menguntungkan. Ada beberapa keuntungan yang akan Anda peroleh, mulai dari adanya konsultasi mengenai cara membuat merek yang baik dan dapat menarik hati para konsumen, untuk menggunakan produk yang anda miliki. Selain itu, keuntungan lainnya adalah penyedia jasa ini, akan membantu Anda dalam mengecek aneka nama merek yang Anda miliki, serta mengurus berbagai hal yang berkaitan tentang proses pembuatan merek tersebut.

Saat ini ada banyak sekali penyedia jasa yang bergerak dalam bidang konsultan merek tersebut. Ada yang menggunakan teknik online, ada juga yang menggunakan cara offline. Anda dapat memilih penyedia yang dianggap paling tepat dan efisien. Cara bekerja sama dengan penyedia jasa tersebut juga tidak terlalu sulit. Anda hanya perlu mencari penyedia jasa yang tepat, kemudian memberikan aneka persyaratan yang berhubungan dengan proses pengajuan pembuatan merek dan proses pengecekan nama merek tersebut. Selain itu Anda juga perlu membayar jasa konsultan tersebut sesuai dengan harga yang ditawarkan.

jasa pendaftaran merek

Harga jasa pendaftaran merk ini sendiri tentunya cukup beragam, tergantung dari kapasitas, serta profesionalitas penyedia jasa tersebut. Semakin lengkap jas yang Anda gunakan untuk proses pembuatan merek tersebut, maka harga yang akan ditawarkan juga akan semakin mahal. Namun keuntungannya untuk Anda, adalah Anda tidak perlu pusing atau merasa ribet mengenai berbagai hal yang berkaitan dengan proses tersebut. Sedangkan harga rata-rata biaya pengecekan nama merek atau biaya lainnya yang perlu Anda keluarkan silahkan hubungi kami.

Dengan membayar biaya pengecekan nama dan merek pada penyedia jasa konsultan merek seperti ini, maka proses mematenkan merek dagang jadi lebih mudah. Hal ini tentunya berbanding terbalik, ketika Anda melakukan atau memproses pembuatan nama merek ini sendiri. Harga yang perlu dikeluarkan untuk proses pembuatan nama merek ini memang jauh lebih murah dibandingkan menggunakan jasa konsultan merek. Namun ada beberapa tahapan yang harus Anda lakukan sendiri, dan hal ini yang terkadang membutuhkan proses berhari-hari. Tahap pertama sudah dijelaskan di atas, yaitu mulai dari penelusuran merek, apakah nama merk yang Anda gunakan sudah pernah digunakan atau mirip dengan nama merk lainnya.

Untuk mempermudah, Anda dapat menggunakan jasa konsultan merek untuk mencari apakah merk yang hendak digunakan sudah ada atau tidak, disini Anda hanya perlu membayar biaya pengecekan nama merek pada penyedia jasa tersebut. Langkah berikutnya adalah mulai mengajukan persyaratan permohonan pembuatan merek dagang, disini Anda perlu memenuhi beberapa persyaratan yang diajukan. Blangkah ketika adalah mulai melakukan prosedur pendafatran merek dengan mengisi formulir dan hal lainnya ke Ditjen HKI. Langkah keempat adalah dengan memeriksa formalitas dan pemeriksaan subtantif yang dilakukan oleh ditjen HKI. Proses pemeriksaan ini dilakukan paling cepat sekitar 1 bulan, dan paling lama sekitar 9 bulan. Proses kelima adalah mengecek secara berkala permohonan yang Anda ajukan.

mematenkan merek dagang

Pastikan Anda selalu mengunjungi berita resmi merek yang dilakukan oleh Ditjen HKI. Apabila ada hal-hal yang tidak berkenan, sebaiknya Anda mengajukan mosi keberatan, dan hal ini akan diajukan ke Ditjen HKI paling lambat 2 bulan sejak tanggal penerimaan salinan. Langkah keenam adalah pemeriksaan kembali nama merk yang diajukan oleh pemonon.  Proses pemeriksaan ulang ini, akan dilakukan oleh Ditjen HKI paling lambat 2 bulan setelah proses pengajuan tersebut terjadi. Sedangkan jika tidak ada masalah dalam setiap proses pengajuan nama merek tersebut, maka sertifikat merek akan diberikan pada pemohon atau orang yang diberikan kuasa paling lambat sekitar 30 hari sejak tanggal permohonan disetujui. Nama merek ini sendiri akan masuk ke daftar umum merek di Ditjen HKI. Itu artinya proses mematenkan merek dagang selesai sudah.

    Chat WA