Biaya & Syarat Pendaftaran Haki

Biaya & Syarat Pendaftaran Haki Yang Wajib Diketahui, Siapa Saja Harusnya Sudah Mengerti Mengenai Haki Dan Bagaimana. Ini Karena Memiliki Haki Atau Hak Atas kekayaan intelektual akan melindungi apa yang Anda buat seperti merek, produk, logo, dan jasa. Hal yang paling banyak didaftarkan kepada Ditjen HKI sebagai kekayaan intelektual adalah merek. Ini karena perkembangan industri usaha sedang bagus di kalangan orang biasa. Hal ini berkaitan dengan lebih banyaknya kemudahan melakukan usaha dibandingkan zaman dulu. Makanya banyak yang berani membuat produk sendiri dan memberikan nama merek sendiri agar bisa dikenal lebih luas. Jika Anda memiliki usaha dan ingin memberi merek maka bisa ikuti pembahasan mengenai cara membuat merek dagang produk berikut ini.

Cara Membuat Merek Produk Sendiri

Merek dagang harus bisa menarik pelanggan jadi pastikan nama yang dipilih bagus dan unik. Banyak sekali orang kreatif yang bisa membuat nama merek atau produk yang bagus, jika Anda tidak memiliki ide maka bisa meminta bantuan orang lain untuk mencarikan namanya. Pastikan jika nama merek produk Anda belum ada yang menggunakan atau jika sedikit mirip juga harus dihindari. Apalagi merek tersebut telah terdaftar maka nantinya Anda bisa tersandung kasus hukum mengenai pelanggaran haki (hak kekayaan intelektual) milik orang lain. Lalu jangan pakai kata deskriptif sebagai merek, misalnya Anda menjual produk deterjen bubuk dan Anda memberi nama merek Anda dengan “Deterjen  Bubuk”. Jika seperti ini maka permohonan Anda akan ditolak.

Kembali ke pembahasan mengenai biaya & syarat pendaftaran haki.

biaya & syarat pendaftaran haki

Jika Anda sudah membuat merek maka segera daftarkan haknya kepada Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual. Persyaratannya ada lumayan banyak, salah satunya nama merek yang ingin Anda pakai dan dimiliki haknya. Selanjutnya ada formulir untuk pendaftaran merek yang sudah Anda isi semuanya dan ditanda-tangani, memberikan bukti pelunasan biaya pendaftaran dengan harga untuk setiap 1 jenis barangnya, pilih jenis dan kelas barang juga nama mereknya, 20 lembar etiket merek, surat pernyataan mengenai hak, fotokopi KTP jika pemohonnya perorangan, jika badan hukum maka yang dilampirkan adalah fotokopi NPWP Badan Hukum dan akta pendirian badan hukum. Itu dia apa saja persyaratannya. Lalu, cara membuat merek produk sendiri juga syarat-syaratnya sama dengan membuat merek dagang, begitu juga dengan prosedurnya.

Anda sudah tahu mengenai biaya & syarat pendaftaran Haki sekarang mari bahas mengenai prosesnya. Setelah persyaratan yang diminta lengkap maka selanjutnya Ditjen HKI akan mulai melakukan pemeriksaan, pertama adalah pemeriksaan substantif. Pemeriksaan akan dilakukan maksimal 30 hari sejak persyaratan diterima, lamanya pemeriksaan ini bisa sampai 9 bulan tapi ini yang paling lambat. Memang lumayan lama karena ada banyak sekali yang harus diperiksa agar tidak salah dalam memberikan sertifikat.

Cara Membuat Nama Brand Clothing

Di saat ini merek yang Anda ajukan akan diperiksa apakah ada hal yang harus ditolak atau tidak. Jika misalnya Anda memberi nama brand clothing milik Anda dan cara membuat nama brand clothing sudah benar, yaitu namanya belum digunakan dan didaftarkan haki-nya oleh orang lainnya maka permohonan Anda akan sampai pada tahap selanjutnya. Yaitu, tahap memutuskan apakah merek yang Anda berikan diterima atau tidak. Jika disetujui maka 10 hari setelah penerimaan akan ada pengumuman yang disampaikan pada berita resmi merek. Pengumuman tersebut akan berlaku selama 3 bulan sehingga Anda harus sering mengeceknya agar tidak tertinggal dengan pengumumannya. Apabila hasilnya merek Anda ditolak maka Anda bisa saja mengajukan keberatan.

Tata caranya adalah Anda bisa menyanggah atau meminta pengecekan ulang. Nanti Anda akan diberikan form oleh Ditjen HKI untuk Anda isi kemudian kirimkan lagi form tersebut yang sudah diisi dengan suara keberatan Anda. Nantinya hal ini akan diproses apabila masa pengumuman sudah 2 bulan berlalu. Namun, jika keberatan Anda tetap ditolak maka nanti merek Anda akan didaftarkan pada kategori Daftar Umum Merek lalu Anda akan diberi Sertifikat Hak Merek. Demikianlah pembahasan mengenai biaya & syarat pendaftaran haki yang harus Anda ketahui. Bagaimana menurut Anda? Apa masih ragu atau justru Anda memang ingin sekali mendaftarkan hak kekayaan intelektual Anda? Semoga yang disampaikan di sini bermanfaat dan Anda mengerti dengan semua yang disampaikan.

    Chat WA