Biaya & Syarat Perpanjangan Merek

Biaya & Syarat Perpanjangan Merek Dagang Adalah Suatu Hal Yang Diperlukan Apabila Anda Memiliki Suatu Usaha Yang Sudah Lama Didirikan Dan Mempunyai Hak Paten atau hak milik merek tersebut. Menurut Undang-Undang Republik Indonesia, hak paten adalah hak yang diberikan oleh negara kepada seseorang yang telah menemukan atau menghasilkan suatu inovasi baru terutama dibidang teknologi yang menyebabkan orang lain harus mendapatkan ijin untuk membuat atau menggunakan produk tersebut dari pemegang hak. Seperti yang dinyatakan diatas, hak paten mempunyai jangka waktu tertentu jadi pemilik hak paten harus memenuhi biaya dan syarat perpanjang merek agar tetap mempunyai hak paten tersebut. Terdapat dua jenis paten yang bisa dimiliki, yaitu paten biasa dan paten sederhana. Untuk paten biasa memiliki jangka 20 tahun kepemilikan, sedangkan paten sederhana memiliki 10 tahun kepemilikan.

Biaya & syarat perpanjangan merek

Ada tiga jenis subjek yang dapat dipatenkan, yaitu proses, mesin dan barang yang diproduksi dan digunakan. Syarat yang diperlukan untuk memiliki hak paten di Indonesia adalah baru atau belum pernah dibuat, yang sebelumnya belum diungkap atau diproduksi dan mengandung hal baru atau tidak terduga, dan dapat digunakan dalam bidang industri. Ada beberapa hal yang tidak bisa dipatenkan, diantaranya proses atau barang yang berlawanan dengan berbagai perundangan, peraturan, agama, atau prosedur medis yang diberlakukan pada manusia atau hewan dan teori serta metode dalam ilmu hitung dan sains yang berkaitan dengan makhluk yang hidup, kecuali mayat atau jasad. Jika seseorang sudah memiliki paten maka orang tersebut dalam melakukan beberapa hak.

Untuk hak paten produk, seseorang dapat menghasilkan secara terus menerus dan menggunakan produk tersebut untuk diperdagangkan. Untuk hak paten proses, seseorang bisa mempergunakan proses yang diberi paten untuk menghasilkan produk bisa berupa barang atau jasa dan melakukan tindakan lainnya seperti kegiatan dalam hak paten produk. Jika dalam melakukan proses seseorang harus dibantu orang lain, orang tersebut bisa memberikan lisensi atau surat ijin untuk melakukan hal diatas menurut surat perjanjian ijin penggunaan produk tersebut. Pemilik paten bisa menuntut ganti rugi kepada siapa saja yang secara sengaja atau tidak memiliki hak dalam melakukan perbuatan diatas melalui pengadilan setempat.

Sebelum bisa mengurus biaya & syarat perpanjangan merek,

hak paten adalah

Anda harus memperoleh atau mendapatkan hak paten terlebih dahulu. Anda sebaiknya melakukan riset atau penelusuran pada database DJHKI untuk mengetahui apakah merek Anda sudah ada yang mematenkan atau belum. Jika Anda sudah memastikan tidak ada proses atau produk yang mempunyai kesamaan baik secara keseluruhan ataupun pada pokoknya saja, Anda bisa langsung mendaftarkan proses atau produk anda ke dirjen hki. Langkah pertama dalam pendaftaran hak paten adalah dengan mengisi formulir pendaftaran merek, diperbanyak 4 rangkap dan ditandantangani oleh Anda atau seseorang yang telah Anda beri kekuasaan untuk mendaftarkan merek Anda. Untuk satu permohonan merek dapat diajukan untuk satu kelas dengan jumlah jenis barang atau jasa yang tidak terbatas. Jika Anda telah mendaftarkan paten merek Anda, Anda tidak dapat mengubah atau menambah merek Anda. Akan tetapi, Anda bisa mengurangi jumlah jenis barang atau jasa. Anda juga memerlukan surat penyataan yang menyatakan bahwa Anda adalah pemillik merek tersebut dan anda mempunyai hak untuk menggunakan merek tersebut dalam hal perdagangan.

Untuk Anda yang meberikan seseorang kuasa untuk mendaftarkan merek Anda, Anda perlu membuat surat kuasa. Jangan lupa untuk memberikan salinan kartu identitas diri atau KTP. Jika yang mengajukan adalah sebuah badan hukum maka memerlukan beberapa dokumen, seperti salinan Akta Pendirian Badan hukum yang telah dilegalisir, salinan NPWP badan hukum serta salinan kartu identitas diri atau KTP seseorang yang sudah diberi kuasa atas badan hukum tersebut. Semua proses diatas dilakukan selambatnya 30 hari setelah tanggal penerimaan. Jika berkas sudah dikumpulkan, permohonan akan diproses ke tahap pemeriksaan substantif.

hak paten

Proses ini berlangsung paling lama 9 bulan. Pemeriksaan ini dilakukan untuk mengetahui apakah merek yang didaftarkan mengandung hal-hal yang dapat mengakibatkan merek tersebut ditolak. Setelah merek tersebut diterima dan dalam jangka 10 hari setelah merek diterima, merek tersebut akan diumumkan melalui Berita Resmi Merek. Pengumuman akan berlangsung selama 3 bulan, jika ada masyarakat yang merasa sudah mempunyai hak paten terhadap merek tersebut, mereka bisa mengajukan keberatan atas merek tersebut. Jika tidak ada keberatan maka DJHKI akan memasukkan merek Anda kedalam Daftar Umum Merek dan menerbitkan sertifikat merek Anda.

Untuk memenuhi biaya maupun syarat perpanjangan merek, Anda perlu datang ke dirjen hki yang ada di daerah Anda terlebih dahulu. Langkah pertama untuk melakukan perpanjangan merek adalah mengisi dengan lengkap formulir yang kemudian dibuat rangkap 4 dan ditandatangani oleh pemohon atau kuasanya. Kemudian membayar sejumlah uang untuk perpanjangan merek. Jangan lupa untuk menyalin sertifikat merek yang akan diperpanjang. Mengisi atau membuat surat pernyataan hak yang berisi pernyataan bahwa yang Anda adalah pemilik hak memiliki hak untuk pengajuan perpanjangan merek yang Anda miliki dan akan tetap menggunakan merek yang diperpanjang tersebut baik dalam perdagangan barang atau perdagangan jasa.

masa berlaku hak paten

Jika Anda tidak bisa melakukan perpanjangan sendiri, Anda harus menyertakan surat kuasa yang memberikan kuasa kepada orang lain untuk memperpajang merek Anda. Untuk perorangan, Anda perlu menyalin kartu identitas diri atau KTP Anda. Dokumen lain yang perlu dipenuhi adalah, salinan Akta Pendirian Badan hokum yang telah dilegalisir, salinan NPWP badan hukum bagi badan hukum sebagai pemohon serta salinan kartu identitas diri atau KTP seseorang yang bertindak sebagai pemohon atas suatu badan hukum untuk menandatangani surat penyataan dan surat kuasa. Dalam pemenuhan biaya & syarat perpanjangan merek bisa dilakukan setiap 10 tahun sekali dan bisa diajukan setahun sebelum masa berlaku hak paten habis.

    Chat WA