Branding Produk Makanan

Branding Produk Makanan Bagi Para Pelaku Usaha Di Bidang Kuliner Merupakan Hal Yang Penting. Apalagi Bisnis Kuliner Juga Semakin Menjamur Di Mana – Mana dengan jenis yang kian beragam, salah satunya adalah makanan ringan. Bisnis kuliner banyak diminati karena tidak memerlukan banyak modal. Dalam membuat bisnis kuliner, ada beberapa hal yang penting dan berpengaruh terhadap keberhasilan bisnis, salah satunya adalah branding. Branding tersebut dapat menadi identitas produk yang Anda tawarkan. Oleh sebab itu untuk membuat brand Anda harus kreatif dan memperhatikan hal-hal penting untuk menciptakan brand berkualitas.

Branding produk makanan

Pada dasarnya branding produk makanan tidak jauh berbeda dengan produk – produk lainnya.

Produk tersebut wajib didaftarkan di direktorat haki untuk mendapatkan hak paten. Sebelum mendaftar, pastikan brand tersebut mudah diingat dan simpel. Brand yang berbelit – belit dan rumit cenderung kurang meyakinkan dan terkesan aneh. Anda dapat menggunakan nama dengan 1 atau 2 kata yang mampu merepresentasikan produk makanan yang dijual. Akan lebih baik lagi jika brand yang dibuat mengandung filosofi atau makna tertentu. Sebuah brand tidak dapat memilih kata atau logo secara sembarangan tetapi itu semua harus memiliki filosofi dan arti yang dalam. Bila brand tersebut mengandung filosofi, ini berarti brand tersebut mengandung tujuan sekaligus doa dari pemimpin untuk produk tersebut.

direktorat haki

Brand yang memiliki filosofi akan membuat suatu produk memiliki ciri khas yang lebih terpercaya karena dibuat dengan harapan dan perjuangan yang digambarkan melalui filosofi yang digunakan. Dalam pemilihan brand sebaiknya juga perlu disesuaikan dengan target pasar apakah ditujukan untuk umum atau segmen tertentu. Misalnya jika brand ditujukan untuk anak, maka harus dibuat dengan tampilan atau desain yang lucu dan menarik sehingga anak-anak berminat untuk membelinya. Sebaliknya jika brand ditujukan untuk orang dewasa, maka Anda dapat lebih menekankan pada logo yang mampu mewakili apa sebenarnya produk yang Anda tawarkan tersebut. Ini tentu karena anak-anak belum mengerti bagaimana brand yang bagus atau tidak. Hal yang terpenting adalah melihat nama dan gambar yang menarik. Sementara itu orang dewasa melihat brand secara lebih detail yakni dengan melihat segi logo, nama, desain, dan filosofi brand untuk menilai produk tersebut bagus atau tidak.

Untuk menarik perhatian konsumen, pastikan dalam branding produk makanan yang dibuat memiliki keunikan yang berbeda dari produk lainnya. Untuk membuat produk Anda diminati banyak orang, Anda harus melakukan inovasi dalam membuat brand yakni menciptakan brand yang tidak dimiliki oleh produk lain. Brand yang unik kadang membuat orang penasaran untuk merasakan dan mengetahui bagaimana citarasa makanan tersebut. Contohnya Anda membuat keripik pedas dengan banyak gambar cabai. Ini akan membuat konsumen beranggapan bahwa keripik tersebut sangat pedas sehingga ingin mencobanya. Brand seperti ini dapat mengundang minat konsumen untuk membelinya sekaligus memudahkan mereka dalam mengingatnya. Logo tersebut juga dapat dipatenkan di direktorat jenderal hak kekayaan intelektual.

branding produk makanan

Ada fakta menarik yang sudah banyak dijumpai yakni beberapa brand makanan menggunaakan nama yang tidak jauh berbeda dengan produk-produk lain yang sudah ada. Bahkan beberapa produk ada yang namanya sangat mirip baik dari segi desain kemasan maupun tampilan. Yang lebih mengejutkan, ada beberapa brand tiruan yang mendapatkan kesuksesan lebih besar dibandingkan merek aslinya. Melihat hal tersebut, bagi Anda yang tengah membangun bisnis kuliner, Anda dapat menentukan apakah akan mengembangkan brand baru yang unik atau memodifikasi brand yang sudah ada. Pilihan tersebut ada di tangan Anda. Untuk memudahkan pilihan, pertimbangkan skala bisnis kuliner yang akan Anda kembangkan.

Biasanya mereka yang menggunakan  modifikasi adalah usaha kecil dengan segmen pasar yang terbatas. Produk tersebut hanya dijual untuk area di sebuah kota saja atau beberapa kota di sekitarnya. Sebaliknya usaha skala besar memiliki bisnis luas sehingga lebih baik membuat brand yang berbeda dan unik dibandingkan yang lain. Pada dasarnya merek original dan merek modifikasi memiliki keuntungan dan kerugian masing-masing. Terkait untung dan rugi, hal ini dapat menjadi bahan pertimbangan Anda.

Terkait merek original, Anda memiliki brand unik di direktorat jenderal kekayaan intelektual. Brand tersebut berpotensi menjadi brand besar di kemudian hari. Sementara itu minusnya Anda harus meluangkan usaha tersendiri untuk menciptakan merek original. Di sisi lain, merek modifikasi memiliki keuntungan mendapatkan promosi gratis. Alasannya adalah tampilan brand yang mirip dengan merek yang sudah matang. Hal ini tentu dapat menarik minat konsumen dengan mudah. Tetapi penggunaan teknik modifikasi untuk membuat sebuah merek makanan tentu bukan tanpaa kendala.

direktorat jenderal hak kekayaan intelektual

Masalah pertama dan yang paling mencolok adalah terkait legalitas merek. Sudah ada beberapa kasus di mana usaha sudah cukup besar akhirnya terpaksa harus berganti merek karena masalah brand yang mirip atau sama yang terdaftar di direktorat merek.Tetapi ini kembali lagi pada diri Anda. Jika skala usaha Anda kecil, maka kemungkinan untuk tersandung masalah tersebut juga kecil. Sbenarnya, masalahnya tidak hanya itu saja. Masih ada lagi satu masalah yang bahkan kerap tidak disadari oleh pelaku usahanya. Ketika membuat brand modifikasi, Anda harus siap untuk dianggap sebagai brand kelas dua.

Anda sendiri mungkin juga sering mengira hal yang sama bukan? Saat melihat sebuah merek minuman atau makanan ringan yang menyerupai sebuah merek terkenal, secara tidak sadar Anda akan menganggap kualitasnya berada di bawah merek yang sudah terkenal tersebut. Untuk itu, kebanyakan pelaku usaha yang ulet dan pekerja keras biasanya akan lebih memilih menggunakan nama brand baru dibandingkan modifikasi. Banyak pelaku usaha yang belum menyadari bahwa brand sebenarnya jauh lebih penting dibandingkan produk itu sendiri. Mereka biasanya memiliki ide bisnis yang cemerlang namun kadang asal membuat logo. Syarat utama branding produk makanan yang baik sebenarnya adalah Anda harus mengenali diri Anda dan produk yang dijual. Mulailah dengan identitas usaha Anda. Pertimbangkan seperti apa karakter yang ingin ditunjukkan oleh brand Anda dalam bentuk yang sederhana. Anda sendiri yang harus menentukan inti filosofi Anda sendiri.

    Chat WA