Cara Cek Merk Dagang

Cara Cek Merk Dagang Barang Atau Jasa Bisa Meminta Bantuan Konsultan Hki Terdaftar Kami, Proses Penelusuran Merek Hanya 2 Hari Kerja Dengan Biaya Murah. merupakan hal yang penting bagi para pemilik suatu merek sebelum mengajukan permohonan merek ke Dirjen HaKI. Calon pemohon bahkan wajib melakukan search atau penelusuran di databse merek DJHKI untuk mendapatkan gambaran apakah merek yang hendak didaftarkan sudah terdaftar di sana atau sudah ada merek sama milik pihak lain yang saat ini sedang dalam proses. Kesamaan merek ini dapat dilihat secara keseluruhan atau hanya bagian tertentu saja dengan merek yang akan didaftarkan oleh calon pemohon. Para pemohon yang mengajukan cek merk dagang dianjurkan untuk merujuk pada Pasal 6 Ayat (1) a dan b Undang Undang Merek Nomor 15 Tahun 2001 mengenai merek.

Cara Cek Merk Dagang

Direktorat Jenderal merek wajib menolak permohonan pendaftaran merek jika merek tersebut diketahui:

–       Memiliki persamaan secara keseluruhan atau pada pokoknya dengan merek dari pihak lain yang sudah lebih dahulu terdaftar untuk barang atau jasa sejenis misalnya sama – sama keripik kentang pedas.

–       Memiliki persamaan secara keseluruhan atau pada pokoknya dengan merek terkenal yang sudah menjadi milik pihak lain pada barang atau jasa sejenis.

Persamaan pada pokoknya ini maksudnya adalah kemiripan atau kesamaan yang disebabkan oleh unsur yang dapat memberikan kesan sama baik dari segi bentuk, susunan warna, cara penempatan, cara penulisan antar unsur – unsur, atau memiliki kesamaan bunyi ucapan. Jika merek dagang yang hendak didaftarkan masuk dalam salah satu kategori yang telah disebutkan di atas, maka kemungkinan besar merek dagang yang akan didaftarkan oleh calon pemohon akan ditolak oleh Dirjen HaKI

Melakukan cara cek merk dagang menjadi salah satu cara paling aman sebelum Anda mendaftarkan atau menggunakan merek Anda.

Pastikan bahwa merek yang akan didaftarkan belum pernah didaftarkan sebelumnya oleh pihak lain. Cara tersebut dapat mengurangi kemungkinan terjadinya kerugian akibat permohonan pendaftaran merek Anda ditolak oleh Dirjen HKI. Hal ini juga dapat menghindarkan Anda dari kemungkinan adanya tuntutan hukum baik secara perdata maupun pidana di kemudian hari yang dilayangkan dari pihak pemilik merek yang mempunyai persamaan dengan merek milik Anda. Bagi Anda yang belum mengetahui cara cek merk, caranya sangat mudah, cukup menghubungi konsultan hki terdaftar kami. Atau Anda juga dapat menghubungi langsung Direktorat Merek atau Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual. Jika hasil penelusuran dan pengecakan Anda membuahkan hasil yang bagus di mana merek tersebut belum terdaftar, Anda tidak perlu ragu mendaftarkan merek dagang barang atau jasa Anda. Anda perlu memastikan bahwa Anda yakin resiko ditolaknya merek dagang yang didaftarkan dengan merek yang sudah terdahulu tidak mengkhawatirkan. Selanjutnya Anda harus segera bergegas untuk mendaftarkannya agar tidak memunculkan pesaing yang lain. Semakin banyak pesaing, maka resiko penolakan pendaftaran merek dagang juga akan semakin besar.

Cara Cek Merk Dagang Usaha

Jika Anda mengalami kesulitan dalam melakukan cara cek merek dagang, Anda dapat memanfaatkan jasa dari konsultan HKI. Konsultan tersebut dapat memberikan informasi apakah berkas yang diserahkan mempunyai kesamaan dengan merek yang sudah terdaftar sebelumnya. Adanya pertimbangan dari konsultan dapat meminimalisir terjadinya penolakan untuk merek dagang yang diajukan ke Dirjen HaKI. Memiliki merek dagang yang terdaftar memberikan banyak manfaat bagi Anda yang sedang mengembangkan suatu usaha. Merek yang diakui ibarat pintu gerbang bagi perkembangan perjalanan bisnis Anda. Sebenarnya proses untuk mendapatkan hak merek dagang cukup mudah. Namun untuk mendapatkan sertifikat tersebut memang memerlukan proses yang cukup lama sehingga diperlukan kesabaran dan ketepatan saat menyerahkan berkas pendaftaran. Setelah melakukan cara cek merk dagang usaha, cari informasi sebanyak mungkin tentang ketentuan dan persyaratan apa saja yang wajib dipenuhi pada saat mendaftarkan merek dagang. Cari tahu pula dokumen apa saja yang perlu dilampirkan sehingga nantinya pada saat proses pengumpulan berkas, tidak ada berkas atau informasi yang kurang. Pasalnya jika ada berkas yang kurang, maka ini berarti waktu pemrosesan akan semakin lama dan resiko ditolak akan lebih besar jika ada produk serupa dengan merek sama yang didaftarkan oleh pihak lain.

    Chat WA