Cara Daftar Trademark

Cara Daftar Trademark Menjadi Hal Yang Penting Dan Utama Dalam Sebuah Bisnis. Dengan Memiliki Trademark, Maka Sebuah Bisnis Akan Memiliki Aset Berharga yang menjadi pembeda antara bisnis tersebut dengan bisnis lainnya. Pembuatan trademark ini sangatlah penting karena selain bisa melindungi produk dan bisnis  Anda, trademark juga akan melindungi para konsumen dari bahaya produk palsu yang kian menjamur di pasaran dan sangat meresahkan. Trademark atau dikenal sebagai merk dagang merupakan nama atau simbol yang mengasosiasikan sebuah produk berupa barang atau jasa. Sebuah trademark biasanya akan memiliki simbol TM. Dengan adanya trademark, maka bisa menjadi sebuah penjelasan identitas bisnis, nama, simbol-simbol maupun logo yang akan menjadi ciri khas dan memberikan keunikan bisnis Anda dibandingkan dengan bisnis lainnya.

Bagi Anda yang ingin daftar trademark, maka sangat penting bagi Anda untuk mengetahui cara daftar merek. Karena dengan mendaftar trademark, maka juga akan melindungi bisnis serta produk Anda dari tindak penyalahgunaan oleh pihak yang tak bertanggung jawab sehingga bisa merugikan bisnis Anda maupun konsumen. Oleh karena itu, bagi para pemilik bisnis disarankan untuk segera mendaftarkan trademark atau hak merknya kepada lembaga resmi agar produk tersebut diakui dan semakin dipercaya oleh para konsumen. Tentu saja hal ini akan semakin meningkatkan omset penjualan produk bisnis Anda di pasaran.

Cara Daftar Trademark

Cara daftar trademark memiliki prosedur yang harus Anda lalui setiap tahapannya.

Sedangkan untuk pendaftaran tersebut Anda bisa daftar langsung ke Dirjen HAKI Kementerian Hukum dan HAM RI. Selain itu pendaftaran juga bisa dilakukan di kantor perwakilan wilayah yang ada di daerah masing-masing. Daftar trademark merupakan prosedur yang resmi karena sesuai didasarkan pada Undang Undang Merek No. 15 tahun 2001. Menurut Undang-undang tersebut, prosedur pendaftaran trademark dimulai dengan mengajukan permohonan pendaftaran merk produk Anda. Pengajuan ini dilakukan dengan mengisi formulir dan telah sediakan, namun Anda harus mengetiknya rangkap 4 menggunakan Bahasa Indonesia. Bagi pemohon, juga wajib untuk melampirkan dokumen-dokumen yang terkait dengan pendaftaran trademark selain mengisi formulir yang telah disediakan. Dokumen yang harus dilampirkan oleh pemohon yaitu surat pernyataan yang dibuat di atas kertas dan bermaterai.

Pemohon harus menambahkan tanda tangan dan bukan oleh pihak kuasanya. Akan tetapi jika pemohon merek tersebut merupakan perusahaan yang berbentuk PT, maka pendaftaran trademark harus diwakili oleh direktur atau konsultan HAKI yang telah diberikan kuasa oleh direktur PT tersebut. Dalam surat pernyataan tersebut pihak pemohon akan menyatakan bahwa merk tersebut dimohon menjadi miliknya. Pihak pemohon juga harus melampirkan surat kuasa khusus jika pendaftaran dilakukan melalui kuasa. Lampirkan pula salinan resmi akta pendirian badan hukum atau bisa berupa fotokopi, namun dilegalisir oleh notaris jika pemohon badan hukum. Pemohon juga harus melampirkan 24 embar etiket merk yang dicetak di atas kertas lalu dilampirkan 4 lembar pada formulir pengajuan. Fotokopi kartu tanda penduduk oleh pemohon.

Hal lain yang tak kalah penting untuk Anda ketahui selain tata cara daftar trademark adalah pastikan terlebih dahulu bahwa hak merk yang akan Anda ajukan tersebut belum pernah terdaftar di Dirjen HAKI. Hal ini untuk menghindari adanya merk yang sama yang membuat permohonan hak merk Anda bisa dibatalkan. Selain itu, jika nantinya trademark yang Anda ajukan telah digunakan oleh pihak lain, maka bisa menimbulkan tuntutan hukum baik perdata maupun pidana oleh pihak yang merasa trademarknya telah Anda jiplak. Jika merk tersebut belum pernah terdaftar hak merknya, maka Anda bisa segera mendaftarkan merk tersebut dengan melakukan prosedur cara mendaftarkan trademark yang telah dijelaskan di atas. Untuk melakukan pengecekan apakah merek tersebut sudah terdaftar atau belum, maka bisa dilakukan dengan mengakses fasilitas layanan online data yang telah disediakan oleh pihak Kementerian Hukum dan HAM Dirjen HAKI. Bagi para pemohon trademark sebaiknya perlu bersabar karena proses pendaftaran trademark ini membutuhkan waktu yang cukup lama. Untuk lama proses sejak pendaftaran sampai terbit sertifikat resmi hak merk bisa membutuhkan waktu sekitar 2-3 tahun.

Cara daftar trademark merek

Oleh karena itu, jika bisnis Anda kini telah memiliki merk, maka sebaiknya segera daftarkan trademarknya sehingga akan membuat Anda lebih tenang dalam menjalankan bisnis tersebut tanpa takut akan muncul produk dengan merk yang sama. Terlebih saat ini kegiatan wirausaha sedang gencar-gencarnya dan mulai menjamur di berbagai wilayah. Agar bisnis tersebut bisa bersaing dan bertahan di pasaran, maka salah satunya harus memiliki hak merk yang resmi dan jelas sehingga akan membuat konsumen tak ragu untuk membeli atau menggunakan produk Anda. Bisnis yang telah memiliki trademark sendiri tanpa menjiplak ataupun meniru trademark pihak lain, maka akan memberikan kesan bahwa bisnis tersebut merupakan bisnis yang kreatif dan inovatif di mata konsumen. Terlebih saat ini banyak produk KW yang meniru produk aslinya baik dari segi desain maupun mereknya sehingga sangat merugikan banyak pihak. Oleh karena itu, jangan ragu jika ingin berinovasi membuat trademark sendiri untuk produk Anda karena hal tersebut nantinya akan memberikan nilai lebih baik bagi bisnis maupun produk Anda ke depannya. Itulah penjelasan mengenai cara daftar trademark yang perlu Anda ketahui. Penjelasan di atas semoga bisa menambah wawasan Anda sekaligus menjadi bahan pertimbangan bagi Anda agar tak ragu dan perhitungan dalam mendaftarkan trademark.

    Chat WA