Cara Melihat Merek Terdaftar

Cara Melihat Merek Terdaftar Sangatlah Mudah, Cukup Hubungi Konsultan HKI Terdaftar Kami. Kami Siap Membantu melindungi Merek Usaha Anda. Tujuannya tak lain agar masyarakat mampu mengetahui merek mana yang bagus, berkualitas, dan sudah terbukti aman. Bagi perusahaan terkait, mendaftarkan produk dagangan juga sangat penting untuk meningkatkan kualitas dan membangun rasa percaya calon konsumennya. Anda sendiri jelas tidak mau membeli suatu barang yang tidak jelas asal-usul dan kualitasnya bukan? Merek dagang yang telah terdaftar biasanya mempunyai kualitas yang bagus dan juga terjamin karena telah diteliti secara jeli. Misalnya saja mulai dari bahan-bahan yang dipakai, proses pembuatan, dan label tentang halal atau tidaknya produk tersebut. Jika merek sudah dikatakan legal maka masyarakat pun menjadi lega dan tidak khawatir lagi ketika ingin mengkonsumsi atau menggunakannya. Nah, suatu dagangan yang telah terdaftar juga terikat oleh hukum secara sah. Hal ini penting sekali baik untuk para produsen ataupun konsumen. Jika sudah dilindungi oleh hukum maka merek dagang tersebut sudah aman dari tindakan orang yang tak bertanggung jawab. Misalnya saja ingin melakukan peniruan merek produk, memperbanyak, dan kemudian diperjual belikan. Apabila sampai terjadi, maka perusahaan atau pencipta mampu menuntut orang tersebut secara hukum. Meskipun semua hal tersebut sangatlah penting, namun masih banyak juga masyarakat yang belum tau cara melihat merek terdaftar.

Cara melihat merek terdaftar sebenarnya juga sangat mudah dilakukan oleh siapa saja.

Tidak hanya sangat berguna bagi masyarakat luas yang ingin mengetahui tentang status dan kualitas dari merek dagang tertentu. Bagi Anda yang ingin mengajukan permohonan suatu merek dagang maka juga wajib memperhatikan hal yang satu ini. Alasannya untuk mengurangi adanya kerugian yang akan Anda alami kalau-kalau proses perndaftaran tersebut ditolak. Kemudian alasan lainnya adalah untuk menghindari adanya penuntutan secara hukum, baik dalam bentuk pidana maupun perdata. Saat mengecek merek terdaftar maka Anda dapat mengetahui apakah merek yang nantinya diajukan sama atau tidak dengan milik orang lain. Tentunya tindakan antisipasi ini akan sangat menguntungkan sekali. Bisa sangat berbahaya jika Anda dengan sembrono langsung mendaftarkan merek dagang padahal ternyata namanya sama dengan milik orang lain yang sudah didaftarkan lebih dahulu. Bisa-bisa pengajuan Anda ditolak atau bahkan bisa dituntut karena dituduh meniru atau melakukan plagiat terhadap produk dari perusahaan lain. Oleh sebab itu, sangat penting sekali mengetahui cara melihat merek terdaftar sebelum mulai mengajukan permohonan. Kalau dirasa ada nama merek yang sama, maka Anda dapat segera menggantinya dengan yang baru. Jika tidak maka bisa langsung segera mendaftarkan merek dagang tersebut agar tidak didahului oleh para pesaing lain.

Adapun cara melihat merek terdaftar bisa menggunakan fasilitas On-Line Data Merek Indonesia. Anda dapat mengaksesnya dengan mudah sekali, tidak perlu datang ke kantor dan menunggu antrian. Akan tetapi bisa langsung diakses melalui internet kapanpun dan dimanapun. Fasilitas On-Line Data Merek Indonesia sendiri sebenarnya dibuat oleh Direktorat jenderal Hak Kekayaan Intelektual atau Ditjen HKI yang berasal dari kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Karena langsung berada di bawah kementrian Indonesia maka sudah jelas semua merek dagang yang berhasil terdaftar sangat terjamin kelegalan dan kualitasnya. Menggunakan media online tersebut juga tidak perlu repot yaitu hanya dengan mengunjungi website resmi dari Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Di sana secara otomatis sudah terdapat daftar atau list merek-merek dagang yang telah terdaftar di Indonesia. Apabila Anda masih saja merasa kesulitan mengenai cara melihat merek terdaftar tersebut, cukup hubungi email tertera di laman website. Anda dapat bertanya langsung kepada pihak kementrian untuk mendapatkan informasi yang lebih jelas lagi. Bahkan Anda juga bisa menggunakan pilihan alternatif yang lainnya yaitu menghubungi langsung kantor Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual. Kantornya terletak di Jalan Daan Mogot KM 24, Tangerang, 15119 dengan nomor telepon kantor 021-5524995.
Pentingnya mengetahui cara melihat merek terdaftar tidak hanya untuk para produsen yang ingin mendaftarkan merek dagangnya saja. Melainkan juga untuk semua masyarakat agar lebih paham tentang merek apa saja yang terbukti aman dan legal menurut hukum berlaku di Indonesia.

    Chat WA