Cara Mematenkan Logo Brand Produk

Cara Mematenkan Logo Brand Produk Merupakan Sebuah Hal Penting Yang Perlu Diperhatikan Agar Logo Brand Produk Anda Menjadi Hak Milik Anda dan tidak digunakan oleh pihak lain yang tidak berkaitan dengan bisnis Anda. Perlu Anda ketahui jika berbicara mengenai logo produk, maka akan berkaitan dengan perlindungan hak kekayaan intelektual. Dimana hal kekayaan intelektual tersebut akan mencakup dua hal diantaranya perlindungan Hak Cipta serta perlindungan hak merek. Untuk hak cipta sebetulnya tidak perlu untuk didaftarkan kecuali bila diperlukan. Sedangkan untuk pendaftaran merek memang harus dilakukan bagi pemilik produk. Logo brand produk bisa berupa gambar, dan gambar yang telah dihasilkan akan menjadi sebuah ciptaan yang dilindungi oleh Undang-undang. Jika Anda ingin mendaftarkan logo produk Anda agar memperoleh perlindungan Hak Merek, maka Anda bisa melakukan pendaftaran Hak merek logo tersebut melalui Direktorat Merek dan Indikasi Geografis, Dirjen Kekayaan Intelektual, Kementerian Hukum dan HAM. Akan tetapi sebelumnya Anda juga harus mengetahui cara mematenkan logo brand sehingga akan memudahkan Anda ketika proses pendaftaran hak paten logo brand produk nantinya. Untuk melakukan pendaftaran logo Anda bisa datang langsung ke kantor Kementerian hukum dan HAM yang ada di wilayah tempat tinggal Anda.

Cara Mematenkan Logo Brand Produk

Cara mematenkan logo brand produk merupakan sebuah hal penting yang perlu diperhatikan agar logo brand produk Anda menjadi hak milik Anda dan tidak digunakan oleh pihak lain yang tidak berkaitan dengan bisnis Anda. Perlu Anda ketahui jika berbicara mengenai logo produk, maka akan berkaitan dengan perlindungan hak kekayaan intelektual. Dimana hal kekayaan intelektual tersebut akan mencakup dua hal diantaranya perlindungan Hak Cipta serta perlindungan hak merek. Untuk hak cipta sebetulnya tidak perlu untuk didaftarkan kecuali bila diperlukan. Sedangkan untuk pendaftaran merek memang harus dilakukan bagi pemilik produk. Logo brand produk bisa berupa gambar, dan gambar yang telah dihasilkan akan menjadi sebuah ciptaan yang dilindungi oleh Undang-undang. Jika Anda ingin mendaftarkan logo produk Anda agar memperoleh perlindungan Hak Merek, maka Anda bisa melakukan pendaftaran Hak merek logo tersebut melalui Direktorat Merek dan Indikasi Geografis, Dirjen Kekayaan Intelektual, Kementerian Hukum dan HAM. Akan tetapi sebelumnya Anda juga harus mengetahui cara mematenkan logo brand sehingga akan memudahkan Anda ketika proses pendaftaran hak paten logo brand produk nantinya. Untuk melakukan pendaftaran logo Anda bisa datang langsung ke kantor Kementerian hukum dan HAM yang ada di wilayah tempat tinggal Anda.

Cara mematenkan logo brand produk sebetulnya akan mendatangkan banyak keuntungan pada pemilik produk. Dengan memiliki hak paten logo brand produk, maka logo tersebut tidak boleh ditiru tanpa izin. Biasanya banyak pemilik bisnis yang kurang menyadari dan asal dalam membuat logo padahal logo tersebut tak hanya berfungsi sebagai pembeda produk dengan merek lain, namun juga menjadi identitas bagi sebuah bisnis. Selain itu produk yang sudah memiliki logo paten, maka tidak diperbolehkan untuk dipasarkan tanpa izin sehingga produk tersebut akan menjadi produk yang resmi dan lebih terjamin. Hal ini tentu akan menjadi kabar gembira bagi para konsumen yang ingin memperoleh produk asli yang berkualitas tanpa perlu khawatir akan efek samping atau resiko dari kualitas produk yang belum memiliki izin resmi. Bagi pemilik bisnis produk, maka logo yang telah dipatenkan akan menghindarkan dari tindak pemalsuan produk yang bisa berdampak pada kerugian bagi pemilik produk yang asli dan konsumen yang membelinya. Bahkan saat ini banyak produk di pasaran yang secara sengaja dipalsukan dan dibuat sama persis dengan produk aslinya demi meraih omset yang berlimpah. Padahal hal tersebut akan merugikan bagi pihak pemilik produk asli maupun konsumen. Bahkan yang lebih parahnya lagi di pasaran terdapat produk palsu, namun dijual dengan harga yang sama tingginya dengan produk asli. Bagi konsumen yang kurang teliti, maka hal tersebut sangat merugikan. Oleh karena itu, dengan menggunakan logo brand produk yang paten, maka produk juga akan terjaga keasliannya sehingga tingkat kepercayaan konsumen akan semakin meningkat. Jika Anda sebagai pemilik produk dengan logo yang sudah dipatenkan, maka bisa mendatangkan royalty jika bekerjasama dengan pihak lain. Dengan mengetahui banyaknya keuntungan dari mematenkan logo brand produk, maka Anda akan semakin penasaran dengan mematenkan logo brand produk. Sebetulnya prosedur yang harus Anda lakukan untuk mematenkan produk tergolong mudah, namun membutuhkan cukup waktu. Oleh karena itu, sebaiknya rencanakan pendaftaran logo brand produk Anda secara baik dan matang.

Cara Mematenkan Logo Brand

Langkah cara mematenkan logo brand produk bisa Anda mulai dengan mendatangi kantor Kementerian Hukum dan HAM yang ada di sekitar tempat tinggal Anda.

Melalui kantor ini Anda bisa mengurus hak paten dan hak cipta. Ketika datang ke kantor Kementerian Hukum dan HAM, maka segera tanyakan persyaratan administrasi yang harus Anda persiapkan untuk pengajuan hak paten logo produk. Tanyakan pula lampiran dokumen apa saja yang dibutuhkan pada surat permohonan pengajuan. Jika sudah mengetahui persyaratannya, maka Anda bisa melakukan pengajuan permohonan pada Kanwil atau DJ HKI secara tertulis. Surat permohonan tersebut diketik dalam Bahasa Indonesia dan disertai lampiran. Lampiran tersebut antara lain fotokopi KTP asli yang telah dilegalisir oleh pejabat setempat, fotokopi peraturan pemilikan bersama jika berbadan hukum, fotokopi akta pendirian, pernyataan jika logo tersebut merupakan milik Anda dan lampiran dokumen lainnya. Pastikan Anda mengisi formulir pengajuan hak paten logo secara benar dan lengkap karena formulir ini akan menjadi proses, awal hak paten diproses. Jika Anda telah selesai mengisi formulir pengajuan hak paten produk maka berikutnya serahkan formulir tersebut pada staf Kantor Kemenhukam dan lakukan pembayaran pengajuan merek. Besar biaya pengajuan hak paten logo biasanya telah diinformasikan ketika Anda bertanya mengenai persyaratan administrasi.

Jika semua persyaratan telah terpenuhi, maka tugas Anda berikutnya adalah menunggu hak paten tersebut diterbitkan 18 bulan setelah pengajuan. Selain itu, pengumuman hak paten juga akan dilangsungkan selama kurang lebih 6 bulan untuk mengetahui respon masyarakat terhadap produk tersebut. Jika mematenkan brand produk tersebut terlewati, maka permohonan hak paten akan diterima sehingga pemohon bisa memperoleh hak eksklusif logo produknya. Logo tersebut akan berlaku selama 20 tahun dimulai sejak filling date. Itulah penjelasan mengenai cara untuk mematenkan logo brand produk yang perlu Anda ketahui. Penjelasan di atas bisa membantu Anda untuk memperoleh produk dengan logo yang paten sehingga akan menjamin produk Anda di mata konsumen. Selain itu logo brand produk yang sudah paten akan menambah nilai jual produk tersebut dibandingkan produk lain yang belum memiliki izin resmi dan hak paten logo brand dari Dirjen HAKI.

    Chat WA