Cara Membuat Brand Kaos

Cara Membuat Brand Kaos Sendiri Tidak Semudah Yang Anda Bayangkan Karena Bukan Hanya Sekadar Memberi Nama Pada Produk Yang Anda Jual. Anda Harus Memiliki hak atas brand tersebut agar bisa diklaim sebagai milik Anda. Membuat brand kaos bisa dilakukan dengan membuka clothing line, distro, dan lain sebagainya. Brand dalam sebuah produk termasuk pada kekayaan intelektual. Pengertian kekayaan intelektual adalah kekayaan yang dihasilkan dari berbagai hasil produksi atau pikiran seseorang yang memiliki manfaat bagi manusia lainnya.

Pengertian kekayaan intelektual

Dalam hal ini bisa berupa pengetahuan, teknologi, karya tulis, lagu, sastra, seni, produk, dan lain sebagainya. Agar kekayaan tersebut bisa diklaim milik pribadi maka harus didaftarkan pada Dirjen HKI (Hak Kekayaan Intelektual). Hak kekayaan intelektual adalah hak atas segala sesuatu yang Anda buat, dalam hal ini nama brand kaos Anda. Setelah mendapatkan haknya maka Anda bisa lebih leluasa memproduksi dan menjualnya. Namun belum selesai, karena Anda juga harus memiliki izin usaha agar bisa membuka tempat untuk menjual brand tersebut. Bagaimana caranya? Semuanya akan dijelaskan pada pembahasan di bawah ini.

Cara membuat brand kaos sendiri agar bisa diproduksi dan dipasarkan kepada umum

hukum kekayaan intelektual

maka harus mempunyai izin produksi yang namanya adalah TDI (Tanda Daftar Industri). Ini adalah jenis izin yang diberikan kepada industri kecil agar bisa melakukan kegiatan industri. Namun izin ini hanya memperbolehkan Anda untuk memproduksi saja tidak sampai menjual. Jika ingin lengkap maka Anda harus punya izin lainnya, yaitu SIUP atau Surat Izin Usaha Perdagangan. Dengan memiliki izin ini maka kekayaan intelektual Anda ini bisa dikembangkan dengan lebih luas. Dalam hukum kekayaan intelektual Anda nanti akan mendapatkan hak immaterial pada brand ciptaan Anda ini.

Maksudnya adalah Anda akan mendapatkan hak paten, hak cipta, dan hak mereknya sehingga jika ada masalah yang mungkin merugikan maka Anda akan mendapatkan perlindungan hukum tapi jika sudah didaftarkan. Jika nantinya ada yang menjiplak pakaian yang sama dengan brand Anda ini maka brand terdaftar Anda masih akan menjadi yang diakui  oleh masyarakat dan hukum. Anda juga jadi bisa lebih leluasa melaporkannya kepada pihak berwajib jika menginginkannya. Selain itu, masih ada banyak manfaat jika Anda memiliki hak atau hukum kekayaan intelektual. Proses yang harus Anda hadapi jika ingin mendapatkan izin dan hak ini sangat panjang dan banyak persyaratan yang harus dipersiapkan. Anda perlu mendaftarkan merek kaos Anda pada Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual. Mengenai bagaimana caranya akan dibahas di bawah ini.

Cara membuat brand kaos sendiri

Nah, sekarang Anda sudah mengerti bukan bahwa cara membuat brand kaos sendiri tidak semudah yang dibayangkan? Syarat yang harus Anda lengkapi jika ingin mendapatkan TDI ada banyak sekali. Antara lain, surat permohonan yang diberi materai 6000 isinya mengenai pernyataan kebenaran data dan dokumen yang Anda miliki, identitas Anda seperti KK, KTP dan NPWP, Izin Gangguan jika letak tempat produksinya ada di luar Kawasan Industri Berikat, fotokopi Dokumen Lingkungan, fotokopi IMB, surat pernyataan yang sesuai model SP-1, surat keterangan telah selesai membangun sarana produksi, dan syarat-syarat lainnya.

Kemudian jika ingin memasarkannya Anda bisa melengkapi persyaratan pembuatan SIUP. Jika baru mulai maka Anda membuat SIUP Mikro yang memiliki modal disetor maksimal 50 juta rupiah. Setelah itu jangan lupa mendaftarkan hak merek dagang Anda kepada Dirjen HKI dengan persyaratan mengisi biodata berupa nama, kewarganegaraan dan alamat, 30 nama merek/brand yang akan digunakan minimal 2 x 2 cm dan maksimal 9 x 9 cm, surat pernyataan kepemilikan brand dan produk, daftar barang yang akan diberi merek, dan fotokopi KTP. Nantinya Dirjen HKI akan memeriksa segala kelengkapan persyaratan Anda dan memprosesnya. Namun, jika masih kurang lengkap maka Anda harus melengkapinya. Setelah semuanya selesai maka Anda akan diberikan sertifikat merek dagang.

Demikianlah bagaimana cara untuk membuat brand kaos sendiri agar memiliki hak penuh dalam memproduksi, menjual, dan memiliki nama brand/merek. Prosesnya dan persyaratannya memang lumayan rumit dan waktu yang dibutuhkan sampai semua proses tersebut selesai memang cukup lama tapi nanti akhirnya nanti Anda akan mendapatkan keuntungan. Sudah mengerti? Semoga pembahasan ini bermanfaat bagi Anda.

    Chat WA