Cara Membuat Brand Name

Cara Membuat Brand Name Seharusnya Anda Cari Tahu Terlebih Dahulu Sebelum Membuat Atau Memasarkan Produk. Produk Yang Sudah Memiliki Nama Brand Akan Lebih Mudah Dikenal oleh masyarakat. Dalam pembuatannya Anda harus memperhatikan banyak hal. Antara lain, nama brand harus sesuai dengan target pasar produk Anda, kalau bisa Anda membuat nama yang aneh atau nyeleneh agar lebih mudah diingat, dan mudah diucapkan. Lalu, harus terdaftar secara resmi pada badan yang bertanggung jawab agar ada kekuatannya di dalam hukum.

Cara membuat brand name

Anda tidak bisa sembarangan menciptakan sebuah brand karena nantinya hal ini akan berpengaruh terhadap produk Anda jika tidak dikelola dengan baik. Brand name dari sebuah produk akan menjadi sebuah hak intelektual dari pemiliknya. Artinya adalah hak yang dimiliki atas segala hasil produksi yang dibuat oleh seseorang berdasarkan kepada daya pikir. Bisa dari bidang seni, pengetahuan, teknologi, lagu, karya tulis, sampai merek sebuah produk.

Memang Anda akan diberikan kebebasan apakah ingin mendaftarkan hak tersebut atau tidak. Namun alangkah lebih baiknya memang didaftarkan karena dengan memiliki hak itu, artinya Anda akan lebih bisa mengembangkan produk. Dengan mendaftarkan hak ini juga akan menjaga produk Anda dari plagiasi pihak lain yang tidak bertanggung jawab, jika terjadi maka Anda bisa lebih mudah menuntutnya jika memang merugikan.

hak intelektual

Bingung bagaimana cara membuat brand name?

Pertama, Anda harus menyiapkan produknya dulu, apa yang ingin Anda jual kemudian pilih nama apa yang sekiranya cocok untuk produk tersebut. Jika Anda bingung memilih namanya maka Anda bisa jadikan beberapa brand orang lain sebagai contoh kemudian cari tahu mengenai arti namanya. Dengan begini Anda bisa lebih mengerti bagaimana cara memilih nama brand yang baik. Jika sudah yakin mengenai nama yang akan Anda pakai, selanjutnya Anda bisa daftarkan ke direktorat jenderal kekayaan intelektual. Mereka memiliki wewenang dalam segala hal yang berhubungan dengan kekayaan intelektual miliki pribadi atau perusahaan.

Tugas-tugas yang mereka miliki antara lain, memantau dan mengevaluasi terhadap perlindungan kekayaan intelektual, memberikan perlindungan hukum kepada kekayaan intelektual, menyelesaikan pendaftaran hak atau kekayaan intelektual, merumuskan kebijakan kekayaan intelektual dan masih banyak lagi. Jika nantinya ada masalah pada hak intelektual yang Anda miliki, dalam hal ini adalah brand name maka Anda bisa meminta bantuan kepada mereka agar bisa diproses.

direktorat jenderal kekayaan intelektual

Anda jadi bisa tenang karena ada yang membantu mengurusi permasalahan yang Anda hadapi. Hak kekayaan intelektual memang akan dilindungi, tapi yang yang telah didaftarkan. Apabila Anda ingin mendapatkan bantuan dalam pengajuan pendaftarannya maka harus menghubungi konsultan hak kekayaan intelektual. Mereka ini adalah orang yang mempunyai keahlian dalam bidang HKI. Mereka memang menawarkan jasa dalam hal pengurusan dan pengajuan permohonan mengenai hak kekayaan intelektual yang akan dikelola direktorat jenderal hak kekayaan intelektual.

Sudah mengerti bagaimana cara membuat brand name dan apa pentingnya mendaftarkan brand kepada direktorat kekayaan intelektual? Jika belum, akan dibahas sekali lagi mengenai kesimpulannya. Jadi, apabila Anda menciptakan sebuah produk maka Anda harus bisa memberikan brand name yang baik dan sesuai. Tujuannya agar bisa lebih dikenal dan membawa keuntungan yang lebih baik. Jika sudah membuat nama brand, selanjutnya Anda harus mendaftarkannya kepada jenderal direktorasi kekayaan intelektual agar bisa lebih aman dari segala bentuk kejahatan.

Segala hal yang dibuat berdasarkan kepada pemikiran manusia akan menjadi hak kekayaan intelektual. Lebih lengkapnya, apa yang dimaksud dengan kekayaan intelektual? Kekayaan intelektual atau HKI (Hak Kekayaan Intelektual) bisa disebut juga dengan hak cipta. Yang termasuk dalam hal ini bisa berupa lirik lagu, karya tulis, nama brand/merek produk, hak paten, rahasia dagang, dan lain sebagainya yang dibuat oleh seseorang atau bisa juga oleh perusahaan.

Merek atau brand yang dimaksud bisa berupa kata, nama, susunan warna, angka-angka, dan lain-lain yang digunakan dalam hal perdagangan jasa dan barang. Hak brand akan diberikan negara kepada Anda yang membuatnya dan telah mendaftarkannya. Namun memang hanya untuk jangka waktu yang tertentu. Brand yang Anda daftarkan akan dilindungi oleh hukum selama 10 tahun yang dihitung sejak menerima surat perlindungan. Jika waktunya sudah habis maka  bisa diperpanjang dalam jangka waktu 10 tahun lagi. Semoga pembahasan mengenai cara pembuatan brand name dan pendaftarannya ini bermanfaat bagi Anda.

    Chat WA