Cara Membuat Branding Produk

Cara Membuat Branding Produk Adalah Hal Yang Wajib Diketahui Oleh Para Pelaku Usaha Yang Ingin Produk Hasil Karyanya Dikenal Oleh Masyarakat Luas. Sebuah brand atau merek yang dicintai dan familiar bagi masyarakat merupakan salah satu asset yang paling berharga bagi sebuah usaha atau bisnis. Kebanyakan konsumen lebih berminat untuk membeli produk baru dari brand yang sudah familiar dengan mereka. Bagi para pelaku usaha kecil, Anda mungkin harus bersaing dengan brand besar yang sudah masuk dalam daftar merek usaha dagang Indonesia untuk mendapatkan pelanggan yang setia.

Cara Membuat Branding Produk

Oleh sebab itu, Anda harus menemukan cara untuk membuat merek milik Anda berbeda dan dikenal oleh masyarakat luas dengan menerapkan strategi pembangunan brand yang kuat. Perlu diingat bahwa brand lebih dari hanya sekedar logo atau gambar yang ditempatkan dengan baik di sebuah iklan. Anda perlu melakukan lebih dari sekedar itu. Brand diartikan sebagai keseluruhan persepsi customer terhadap produk Anda. Brand yang sukses harus bisa konsisten dalam komunikasi dan memberikan pengalaman terbaik. Membuat branding produk bukanlah suatu hal yang mudah. Sehebat apapun suatu pemasar, membuat branding tidak bisa dilakukan hanya dalam satu malam atau bahkan beberapa bulan.

Membuat branding merupakan sebuah proses yang sulit untuk dilakukan. Namun kesuksesan dalam membuat brand ini dapat menghasilkan hubungan jangka panjang dengan para pelanggan. Pada umumnya hal ini akan meningkatkan angka penjualan, rekomendasi dari mulut ke mulut, mendapatkan lebih banyak proyek, dan advokasi gratis bagi produk Anda. Sebelum membuat branding, seorang pelaku usaha perlu melakukan analisa terlebih dulu. Hal ini bertujuan supaya nama brand yang dipilih dapat memberikan identitas terbaik untuk kelancaran usaha dalam jangka panjang. Coba Anda lihat contoh brand produk kelas kakap seperti Adidas, Nike, Samsung, dll. Brand ini sudah sangat lekat di hati masyarakat dan produk – produk mereka menguasai pasar. Untuk membuat nama brand yang bisa masuk ke dalam daftar merek terkenal, ada beberapa kiat yang perlu dilakukan.

daftar merek terkenal

Untuk membuat sebuah nama brand yang menarik, diperlukan waktu yang panjang. Anda perlu melakukan riset terlebih dulu dan mencari tahu nama – nama brand yang menarik hingga bebas hak paten.

Jadi cara membuat branding produk yang pertama adalah

mengumpulkan semua ide yang ada kemudian menuliskan daftar nama merk atau brand tersebut. Lakukan analisis secara mendalam untuk mendapatkan nama brand terbaik dan yang paling sesuai dengan produk Anda. Supaya Anda lebih mudah memilih nama brand yang menarik dan mantap, berikut ini adalah beberapa hal yang wajib diperhatikan sebelum Anda menentukan nama suatu brand untuk daftar merk.

Pertama, nama brand harus mencerminkan produk yang akan dijual. Kedua, nama brand sebaiknya singkat, mudah diucapkan, berkaitan dengan logo, dan unik. Suatu brand wajib mencerminkan produk yang ditawarkan berarti nama brand tersebut harus sinkron dan sesuai dengan produk yang ditawarkan. Contohnya brand ‘gear’ tentu tidak cocok jika digunakan untuk produk makanan ringan karena kata tersebut lebih cocok untuk produk di bidang otomotif, perkakas, dan perlengkapan outdoor. Namun jika Anda ingin kreatif dan unik, ada beberapa alternatif yang dapat dicoba. Salah satu caranya adalah mempelajari brand yang sudah populer di masyarakat saat ini.

Anda dapat mempelajari bagaimana para perusahaan ternama tersebut memilih nama brand

–       Nama Deskriptif: Nama brand ini menjelaskan produk yang dijual kepada konsumen misalnya Teh Gelas, Nama ini langsung dipahami dengan mudah oleh konsumen mengenai produk yang dijual.

–       Nama Akronim: Membuat nama brand dengan menggunakan singkatan dari nama perusahaan misalnya Telkomsel.

–       Nama Brand Kreatif: Para pelaku usaha mungkin saja membuat brand yang sama sekali tidak ada hubungannya dengan produk yang dijual tetapi juga melewati pemikiran yang dalam lebih dulu misalnya brand Nike yang menggunakan nama mitologi Yunani

cara membuat branding produk sendiri

Dalam membuat sebuah brand, Anda wajib memikirkan tentang kemudahan nama tersebut agar mudah diingat. Pasalnya nama yang mudah diingat akan membuat produk Anda menjadi pilihan ketika konsumen ingin membeli produk terkait. Untuk menemukan nama yang mudah diingat, Anda dapat mencari kata – kata yang sederhana dan familiar di telinga masyarakat. Anda juga dapat mencari kata-kata yang biasa diucapkan masyarakat atau bahkan menciptakan brand baru yang sama sekali belum pernah ada tetapi tetap memperhatikan kemudahan agar mudah diingat sekaligus mewakili produk tersebut.

Agar brand yang dibuat mudah diingat, sebaiknya nama brand hanya terdiri dari maksimal tiga suku kata misalnya Google, Samsung, Canon, Nikon, Adidas, dll. Anda dapat mencari suku kata yang sederhana dan jelas agar nantinya konsumen dapat mengingat dengan mudah. Sebaiknya hindari membuat brand dengan nama yang panjang karena sulit untuk diingat. Nama tersebut memerlukan promosi yang massif agar namanya dapat melekat di telinga masyarakat. Selain terdiri dari maksimal tiga suku kata, nama brand yang dibuat juga harus mudah diucapkan. Anda dapat melihat bagaimana brand terkenal yang ada saat ini mengandung kriteria mudah diucapkan dengan lantang.

daftar merek yang sudah terdaftar.

Jika brand Anda menggunakan logo, sebaiknya pilihlah logo yang mengandung pesan kuat terhadap brand sehingga nama brand lebih mudah diingat oleh konsumen. Pada cara membuat branding produk, pilihlah nama yang dapat disisipkan pada logo yang akan digunakan. Pastikan logo tersebut mengandung kekuatan brand Anda. Agar produk Anda dapat memiliki daya tarik tersendiri, pastikan brand yang dipilih adalah nama yang unik dan berbeda. Atau Anda dapat membuat nama brand lebih menonjol dibandingkan pesaing Anda. Dengan nama yang unik dan berbeda, konsumen akan merasa penasaran dengan produk yang ditawarkan dan selanjutnya dapat menjadi pelanggan setia Anda.

Untuk menghindari nama brand sama dengan produk lain, Anda perlu mencari tahu kumpulan daftar merek yang sudah terdaftar. Saat ini sudah tersedia mesin pencari yang canggih sehingga Anda tinggal memeriksa nama tersebut dari mesin pencari Google dan masukkan kata kunci sesuai dengan brand Anda. Google akan secara otomatis menampilkan hasil pencarian yang tersedia. Pastikan nama brand Anda bebas dari copy right dan belum digunakan oleh orang lain.

    Chat WA