Cara Membuat Merek Dagang Produk

Cara membuat merek dagang produk merupakan sebuah hal yang penting dilakukan agar sebuah produk akan lebih mudah dikenal oleh para calon konsumen. Oleh karena itu, sebaiknya Anda memilih nama merek dagang yang pas sehingga dapat mendukung keberhasilan dalam pemasaran dan pengenal kepada masyarakat. Akan tetapi dalam berdagang tentu produk yang Anda pasarkan mungkin akan mengalami lika-liku sehingga nama yang diberikan terkadang belum pasti menjamin kenaikan omset. Bagi setiap pengusaha sebaiknya harus melakukan berbagai trik pemasaran untuk meningkatkan omset selain dengan mengetahui cara membuat merek dagang secara tepat.

Bagi para pemula mungkin belum mengetahui bagaimana cara pembuatan merek dagang yang tepat. Akan tetapi bagi Anda yang sudah pernah membuat merek dagang, maka bisa berbagi pengalaman atau bisa juga digunakan sebagai pedoman jika ingin membuat merek dagang untuk produk lainnya. Perlu Anda ketahui pula bagi konsumen adanya sebuah merek dagang pada produk akan meningkatkan rasa percaya konsumen dan bisa menjawab keraguan konsumen terhadap produk tersebut. Saat ini kegiatan wirausaha memang sedang berkembang di berbagai wilayah.

Tentu saja hal ini akan memunculkan produk-produk baru yang mungkin belum memiliki merek. Meskipun produk tersebut memiliki kualitas yang bagus, namun jika belum memiliki merek dagang yang paten, maka akan mengurangi minat konsumen untuk membeli produk tersebut. Oleh karena itu, bagi para produsen atau pemilik bisnis, maka sangat penting untuk segera merencanakan pembuatan merek dagang produk sebelum produk tersebut dipasarkan ke masyarakat.

Cara Membuat Merek Dagang Produk

Cara membuat merek dagang produk

Membuat merek dagang produk bisa dilakukan dalam beberapa langkah. Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah dengan menentukan nama merek usaha atau produk usaha Anda. Dalam membuat mereka dagang produk ini, maka sebaiknya pilih nama merek yang mampu menggambarkan produk yang akan dijual dengan cara ini, maka orang yang baru mendengar nama merek produk tersebut, maka akan lebih cepat diketahui dan dikenal. Pemberian nama merek dagang produk sebaiknya memilih nama yang singkat dengan menggunakan maksimal 5 suku kata serta minimal 2 suku kata.

Selain itu, nama merek dagang produk ini sebaiknya mudah dihafalkan serta diingat oleh masyarakat. Pastikan pula nama merek dagang produk yang akan Anda gunakan belum pernah digunakan oleh merek lainnya. Untuk mengecek nama merek produk Anda sudah pernah dipakai atau belum oleh pihak lain, maka Anda bisa melakukan cek merek di konsultan HAKI kami. Sedangkan langkah kedua yaitu menentukan warna merek. Dengan memilih warna yang tepat pada merek dagang produk, maka akan memberikan kesan dan makna tersendiri.

Warna memiliki makna tersendiri sehingga jangan asal menentukan warna hanya karena Anda menyukai warna tersebut. Langkah ketiga yaitu membuat logo merek. Bagi Anda yang ingin membuat merek dagang produk, maka Anda juga bisa berkreasi untuk menghasilkan sebuah logo merek dagang produk yang akan menggambarkan visi dan misi perusahaan, produk yang akan dipasarkan. Selain itu, bentuk logo atau merek dagang produk akan memiliki arti sendiri. Langkah keempat yaitu membuat maskot untuk menggambarkan merek. Biasanya seseorang akan mudah mengingat wajah seseorang dibandingkan dengan namanya.

Oleh karena itu, dalam berwirausaha, maka bisa menggambarkan wajah usaha atau produk dalam bentuk maskot, kemasan dan lain sebagainya. Langkah kelima yaitu mendaftarkan nama merek secara hukum. Setelah merek dagang produk telah selesai, maka tahap berikutnya adalah mendaftarkan merek dagang tersebut agar sah secara hukum dan tidak akan digunakan oleh orang lain. Selain itu, pendaftaran merek ini juga akan melindungi para pengusaha dari kemungkinan adanya penjiplakan. Pendaftaran ini bisa dilakukan di konsultan HAKI kami.

Langkah keenam yaitu mengaplikasikan nama merek dalam kemasan produk, papan nama usaha, surat perusahaan dan lain sebagainya. Langkah ketujuh yaitu memasarkan nama merek yang telah berhasil dibuat dalam bentuk iklan, memberikan pelayanan dengan baik pada konsumen, serta kualitas produk yang bagus.

Cara Membuat Merek Dagang

Bagi Anda yang saat ini sedang merintis sebuah usaha yang berupa barang atau jasa, maka sebaiknya segera melakukan pembuatan merek dagang produk. Dengan membuat merek dagang produk, maka akan mendukung pemasaran serta meningkatkan rasa kepercayaan konsumen terhadap produk Anda. Merek dagang produk yang telah terdaftar juga akan terhindar dari tindak plagiat. Sebagai pengusaha memang penting bagi Anda untuk mengetahui cara membuat merek dagang produk demi menjaga kualitas serta jaminan produk Anda di pasaran.

Itulah penjelasan mengenai cara membuat merek produk yang perlu Anda ketahui. Penjelasan di atas bisa menambah wawasan Anda serta menambah pengalaman jika ingin mencoba membuat merek dagang yang paten dan diakui secara hukum. Selain itu penjelasan di atas juga bisa membantu Anda agar bisa menciptakan produk yang tak hanya berkualitas, namun benar-benar diakui secara hukum dan membuat konsumen semakin percaya. Dengan memiliki merek dagang produk, maka para produsen juga akan terus berusaha menjaga mutu produk yang dijual di pasaran dan tidak asal dalam membuat produk ketika produk tersebut sudah mulai laris di pasaran.

Meskipun membuat merek dagang produk nantinya membutuhkan biaya serta proses yang memakan waktu, namun akan sebanding dengan keuntungan serta manfaat yang bisa Anda peroleh dengan memiliki merek dagang produk yang telah paten dan resmi menjadi hak produk Anda.

    Chat WA