Cara Membuat Merek Produk Sendiri

Cara membuat merek produk sendiri bisa dibuat dengan sangat mudah, Anda cukup menghubungi konsultan paten merek HKI Kami, Anda akan dapat harga murah. Membuat merek adalah hal yang penting, khususnya dalam penjualan dan pemasaran. Penjualan dan pemasaran produk atau jasa Anda akan memiliki merek dagang yang menarik bagi pelanggan. Sebuah produk tidak akan dikenal jika tidak punya merek atau nama. Merek tersebut harus mudah dikenali, mudah diingat, dan mudah diucapkan. Nama merek tidak boleh diberikan sembarangan karena nama itulah yang akan mendukung keberhasilan bisnis Anda.

Pilihlah nama yang berbeda dengan produk lain yang sudah ada. Hal ini mungkin sudah bukan lagi menjadi hal yang baru. Tetapi ini merupakan syarat fundamental dan utama untuk memiliki nama merek dagang. Merek yang namanya terdengar mirip dengan pesaing yang sudah lebih dulu eksis di dunia bisnis tidak akan efektif untuk meningkatkan popularitas Anda. Hal ini justru akan membuat Anda terjebak dengan sengketa hukum jika kompetitor tersebut mengajukan keberatan dengan merek milik Anda. Perlu dipahami bahwa semakin berbeda nama suatu merek dari pesaingnya, maka peluang usaha untuk berkembang juga akan semakin besar.

Oleh sebab itu, Anda wajib mengetahui cara membuat merek sendiri yang berbeda dari yang lain. Pastikan nama tersebut tidak membingungkan misalnya sulit untuk dilafalkan. Nama merek yang terlalu unik dan sulit cenderung akan dilupakan orang. Walaupun harus berbeda dan unik, Anda tidak perlu membuat sesuatu yang cenderung aneh bagi masyarakat umum.

Cara Membuat Merek Produk Sendiri

Dalam cara membuat merek produk sendiri, nama merek usaha atau produk sebaiknya harus mampu menggambarkan produk yang akan ditawarkan kepada konsumen. Saat orang baru pertama kali mendengar merek tersebut, mereka harus dengan mudah mengetahui apa produknya. Selain itu, nama merek sebaiknya juga tidak terlalu panjang yaitu minimal 2 suku kata dan maksimal 5 suku kata misalnya Singkong Kriuk. Yang paling penting nama merek tersebut belum ada yang menggunakan supaya tidak terkena sanksi hukum akibat pelanggaran hak merek.

Tahap selanjutnya adalah menentukan warna merek. Setiap warna yang digunakan pada merek akan memberikan maksud dan kesan tersendiri. Sebagai contoh, warna biru memberikan kesan yang dapat dipercaya. Merah banyak digunakan untuk nama minimarket karena mampu meningatkan emosi pelanggan untuk berbelanja. Cara membuat merek produk yang selanjutnya adalah menentukan logo merek. Anda dapat berkreasi untuk menciptakan logo yang mampu menggambarkan produk maupun bisnis Anda. Setiap bentuk memiliki arti masing – masing misalnya lingkaran berarti terus bergerak, huruf sebagai inisial merek, dan lain sebagainya.

Atau, Anda juga dapat membuat maskot yang mampu menggambarkan merek. Seperti yang diketahui, orang cenderung lebih mudah mengingat gambar dibandingkan nama. Anda dapat mengenalkan produk Anda dalam bentuk maskot yang diwakilkan oleh kemasan produk, ilustrasi, dan lainnya.

Cara Membuat Merek Produk

Cara membuat merek produk sendiri yang paling penting adalah mendaftarkan merek secara hukum.

Anda wajib mendaftarkan nama merek yang Anda buat supaya sah secara hukum. Hal ini juga akan membuat merek tersebut tidak digunakan lagi oleh orang lain. Selain itu pendaftaran produk juga dapat digunakan untuk melindungi Anda dari kemungkinan nama merek ditiru oleh pihak lain. Pendaftaran merek dapat diajukan ke Konsultan Hak Kekayaan Intelektual kami. Merek tersebut dapat dituangkan ke dalam kop surat perusahaan, kemasan produk, papan nama usaha, periklanan, dan media lainnya. Jika ada pihak lain yang menggunakan merek Anda tanpa ijin sementara Anda sudah mendapatkan sertifikat merek, maka Anda berhak mengajukan gugatan atas pelanggaran tersebut dan dapat meminta ganti rugi.

    Chat WA