Cara Membuat Nama Brand Clothing

Cara membuat nama brand clothing merupakan salah satu hal yang sangat penting dari produk clothing. Saat ini bisnis clothing memiliki peluang yang sangat bagus. Maka bisnis clothing bisa berkembang pesat dalam waktu yang singkat. Tak heran jika kini banyak bisnis clothing yang bersaing untuk memperoleh kepercayaan dari konsumen. Akan tetapi cukup disayangkan masih banyak bisnis clothing yang belum memiliki nama brand resmi sehingga membuat konsumen masih ragu. Padahal kualitas produk clothing tersebut tergolong bagus dan berkualitas.

Hal ini tentu akan merugikan pihak pemilik bisnis clothing jika tidak segera membuat nama brand clothing yang tepat dan memiliki hak paten yang resmi. Pada kenyataannya banyak orang yang mendambakan memiliki brand clothing sendiri, namun mereka beranggapan agar brand tersebut laku keras di pasaran, maka mereka harus membuat logo yang menggunakan simbol menarik serta colorful. Hal tersebut bertujuan agar brandnya semakin keren dan membuat para calon konsumen tertarik dan ingin membeli produk clothing tersebut. Anggapan tentang brand tersebut sebetulnya tidak sepenuhnya benar.

Sebuah brand cloting memang seharusnya memiliki logo sebagai identitas. Akan tetapi logo tersebut bukan merupakan sebuah perusahaan, namun logo lebih mengarah pada visi dan misi dari sebuah produk clothing atau perusahaan. Hal inilah yang nantinya akan menjadi kunci bertahannya sebuah brand clothing dan membuat dicari banyak konsumen. Bahkan ada pendapat yang menyebutkan jika brand clothing tersebut kuat, maka akan semakin laku. Padahal faktor utama yang membuat brand clothing tersebut laku adalah dari analisis target pasar yang akan dituju. Oleh karena itu, bagi para pemilik bisnis clothing, maka sangat penting untuk mengetahui cara membuat brand clothing.

Cara Membuat Nama Brand Clothing

Cara membuat nama brand clothing akan menghasilkan nama brand, simbol, gambar serta tekstur yang dibungkus dalam layout sehingga nama brand akan membuat indera penglihatan menjadi terangsang untuk melihatnya. Oleh karena itu, jika logo yang dibuat nantinya akan semakin banyak teras oleh indera, maka akan semakin kuat untuk diingat. Akan tetapi ternyata masih banyak usaha clothing yang belum mengetahui membuat nama brand clothing yang tepat sehingga dibutuhkan panduan langkah-langkah yang tepat. Berikut terdapat panduan beberapa langkah untuk membuat nama brand clothing yang perlu Anda ketahui.

Langkah pertama yaitu menetapkan karakter brand Anda. Langkah ini tidak hanya untuk membuat pembeda produk clothing Anda dengan produk lainnya, namun juga sebagai cara untuk berkomunikasi dengan konsumen yang menjadi target. Komunikasi tersebut akan dituangkan dalam bentuk baju dengan berbagai konsep. Bagi konsumen yang memakainya, maka akan muncul kesan tersendiri baik itu rasa bahagia, senang, misterius atau kesan lainnya. Bahkan kini ada beberapa brand clothing yang menggunakan artis sebagai brand ambasadornya sehingga membuat brand tersebut semakin bergengsi di kalangan para konsumen dan menambah rasa percaya diri bagi pemakaiannya.

Oleh karena itu, sebagai produk clothing, maka sangat penting untuk mengetahui segmen pasar yang menjadi target, gaya hidup konsumen, kebutuhan konsumen, warna dan simbol yang sesuai dengan segmen pasar tersebut. Karena pada kenyataannya kebutuhan clothing anak muda usia remaja akan berbeda dengan usia dewasa yang lebih terkesan rapi dan semi formal. Jika Anda salah dalam menentukan segmen pasar, maka akan berdampak buruk bagi produk Anda yang kurang sesuai dengan selera pasar. Dengan cara ini, maka Anda akan lebih mudah dalam menemukan konsep atau desain baju serta karakter brand yang sesuai dengan selera konsumen. Langkah berikutnya adalah memberi nama brand dengan mencari berbagai inspirasi. Inspirasi bisa diperoleh dari berbagai media, namun pastikan nama brand tersebut nantinya dapat menjadi refleksi positioning brand dan komunikasi dengan para konsumen.

Cara Membuat Brand Clothing

Cara membuat nama brand clothing berikutnya adalah dengan membuat visualisasi logo dari karakter serta nama brand yang telah ditetapkan.

Anda bisa bekerjasama dengan art designer untuk menciptakan gaya visual dalam bentuk logo. Pastikan membuat logo tersebut dengan desain yang simpel, beda dengan brand lain serta mudah diingat oleh konsumen. Selain itu buatlah slogan dari nama brand clothing Anda untuk menambah value dari brand tersebut. Slogan tersebut juga lahir dari segmen pasar yang telah Anda temukan serta target konsumen yang dituju. Dengan slogan ini, maka pesan dari brand clothing bisa tersampaikan pada konsumen. Langkah terakhir adalah menetapkan karakter brand ke dalam bentuk font atau logo.

Jika Anda menggunakan jasa art designer, maka Anda akan diberikan beberapa pilihan desain logo brand Anda. Hindari memilih desain logo sesuai keinginan Anda, namun logo tersebut merupakan hasil observasi serta segmen pasar yang akan dituju. Dengan begitu, maka konsumen yang memakai produk clothing tersebut akan merasa percaya diri dan sesuai dengan usia serta karakter pemakainya. Oleh karena itu, bagi Anda yang memiliki usaha clothing, maka jangan ragu untuk membuat nama brand mulai dari sekarang demi meningkatkan omset serta target pasar yang sesuai.

Meskipun membutuhkan waktu dan biaya, namun pembuatan nama brand clothing akan mendatangkan keuntungan pada bisnis Anda ke depannya sehingga Anda tak perlu ragu untuk mempertimbangkan pembuatan nama brand cloting. Itulah penjelasan mengenai membuat nama brand  yang peru Anda ketahui. Penjelasan di atas semoga bisa menambah wawasan Anda dan menjadi bahan pertimbangan bagi Anda para pemilik produk clothing agar memilih nama brand yang tepat dan lindungi segera merek brand anda.

    Chat WA