Cara Memperkenalkan Merek

Cara Memperkenalkan Merek Bisa Dilakukan Secara Online Maupun Offline. Merek Merupakan Bagian Dari Produk Atau Jasa Yang Sangat Penting, Baik Untuk Bisnis skala besar maupun kecil. Tak sedikit perusahaan yang menciptakan merek dengan nama unik dan mengandung arti bagus seperti harapan pemilik. Selain mewakili karakter dan citra perusahaan, tujuannya supaya merek dapat dikenal oleh banyak orang, tidak hanya dari negaranya sendiri melainkan seluruh dunia. Diharapkan dengan merek terkenal yang mempunyai reputasi baik tersebut perusahaan tetap bisa memproduksi barang dengan merek yang tak lekang oleh zaman. Oleh karena itulah, sebagai pelaku bisnis seharusnya Anda memahami bagaimana cara membangun dan mengurus izin merek.

Cara Memperkenalkan Merek

Dalam menciptakannya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu: menentukan filosofi merek atau alasan kenapa Anda memilih nama tersebut, buat merek sesuai target market agar bisa mewakili karakter bisnis dan slogan atau tagline yang mudah diingat. Anda perlu memastikan bahwa belum ada bisnis atau perusahaan yang menggunakan nama dan logo sama. Untuk mengetahuinya, silahkan menanyakan perihal tersebut pada konsultan merek. Bangun merek secara efektif dari produk yang berkualitas supaya bisa meningkatkan kepercayaan konsumen. Jadi, dalam membangun merek usahakan untuk menjadikan konsumen sebagai prioritas demi mengangkat nilai merek tersebut.

Cara memperkenalkan merek itu sendiri bisa dengan menempatkannya pada setiap aktifitas promosi, event-event yang relevan dengan target market, lokasi jualan dan sebagainya. Diperlukan perencanaan pemasaran secara berkala, bisa tiga bulan atau satu tahun sekali dalam membangun merek. Karena merek yang powerful tidak pernah berhenti berinovasi, maka Anda bisa menganggarkan budget untuk membangun merek supaya tetap kuat di benak konsumen. Secara offline, pengenalan merek bisa melalui iklan di koran atau media cetak, radio, TV dan print ads, namun biayanya lumayan mahal. Sedangkan secara online, Anda bisa memanfaatkan media sosial, banner ads dan Search Engine Marketing (SEM). Perbedaannya dengan cara pertama, cara ini lebih murah tapi dampaknya untuk bisnis sangat tinggi. Apabila hendak menggunakan sosial media untuk branding, persiapkan plan dan eksekusi dengan baik supaya maksimal.

konsultan merek

Tujuan perusahaan menerapkan digital marketing, yaitu pemasaran produk secara online ialah untuk menarik lebih banyak konsumen. Sebab, semakin banyak konsumen yang terlibat dalam transaksi penjualan produk, akan memungkinkan produk tersebut semakin dikenal oleh masyarakat luas. Apalagi perusahaan akan lebih mudah menjual produknya di dunia maya dengan memanfaatkan akses informasi yang lebih cepat. Cara jitu memperkenalkan merek dengan digital marketing juga bisa mempromosikan secara langsung kepada siapapun, tanpa memperhatikan jenis kelamin dan faktor lainnya. Dengan demikian, calon konsumen akan lebih selektif terhadap produk yang hendak dibeli. Sementara bagi perusahaan, bisa menjawab pertanyaan konsumen mengenai produk yang mereka beli secara langsung.

Selain itu, perusahaan juga bisa menciptakan keunggulan kompetitif, terutama jika dapat mencapai digital marketing yang maksimal. Melalui pengenalan merek secara online ini, perusahaan bisa mendapatkan umpan balik dari konsumen dan mengetahui kebutuhan mereka lebih cepat, sehingga antara keduanya terbentuk suatu relasi yang aktif. Berkaitan dengan hal itu, media sosial perusahaan akan lebih mudah untuk memperkenalkan mereknya pada calon konsumen dan membantu mereka menyadari merek mana yang bagus dan tidak bagus. Jika digital marketing dijalankan secara efektif, strategi pengenalan merek kepada konsumen tersebut akan membuat produk lebih laku. Tapi, Anda harus berhati-hati dalam menggunakan cara itu, karena bila dilakukan secara berlebihan bisa memperburuk reputasi atau citra merek itu sendiri.

mengurus izin merek

Cukup terapkan cara memperkenalkan merek pada konsumen dan mereka akan menilai baik-buruknya sendiri.

Setiap pelaku bisnis pasti lebih menyukai metode-metode sederhana dalam mengenalkan merek, baik di dunia iklan konvensional maupun digital. Berbicara tentang metode kedua, sekarang ini banyak informasi berbeda yang membanjiri media sosial pengguna, khususnya di desktop maupun mobile. Tidak semua informasi tersebut bisa diterima dengan cepat, tapi semakin sederhana cara penyampaiannya akan lebih mudah diterima. Menurut penelitian yang dimuat dalam Forbes disebutkan bahwa keputusan pelanggan untuk membeli adalah 86% dan merekomendasikan pada orang lain adalah 115% untuk sebuah merek yang penyampaiannya sederhana. Dari sini bisa diketahui, bahwa konsumen lebih menginginkan sesuatu yang disampaikan secara sederhana, tapi mampu menarik perhatian.

Sudah banyak perusahaan dan brand-brand terkenal yang menerapkan cara itu dan terbukti tepat sasaran. Konsep penyederhanaan penyampaian iklan ini juga berpengaruh pada merek produk yang dijual. Anda bisa mengikuti cara memperkenalkan merek usaha tersebut dimulai dari logo, tagline, apps, website, layanan email serta media sosial. Untuk lebih jelasnya, ada beberapa tips yang bisa memandu Anda. Pertama, desain yang sederhana, misalnya menggunakan warna yang minimalis, tidak berbenturan atau mengganggu satu sama lain dan pilih font yang mudah dibaca. Menerapkan warna yang campur aduk dan jenis huruf dengan desain berlebihan justru akan membingungkan konsumen. Kedua, media sosial yang sederhana bisa menjadi daya tarik audience. Umumnya, konten grafis berupa gambar atau video lebih menarik perhatian mereka dibanding kata-kata panjang, terutama untuk pengguna smartphone. Namun, perhatikan ukuran rasionya supaya tidak terpotong ketika diposting dan gunakan teks singkat.

hak kekayaan intelektual online

Ketiga, website, aplikasi dan layanan online sederhana. Jika tampilan suatu website menarik, sederhana serta memudahkan konsumen dalam mencari dan menelusuri produk yang dibutuhkan, kemungkinan mereka akan berlama-lama menjelajahinya, bahkan memutuskan untuk membeli produk tersebut. Itu juga berlaku pada aplikasi dan layanan online yang ingin diberikan. Memperkenalkan salah satu hak kekayaan intelektual, yakni sebuah merek bukan pekerjaan yang mudah, apalagi untuk pemula. Tapi, dengan memanfaatkan media sosial, pemasaran jadi lebih mudah dan membuat merek tersebut diingat oleh konsumen.

Supaya konsumen mengingat merek Anda, lakukan kampanye media sosial untuk membangun hubungan dan kepercayaan antara merek dan konsumen, terlibat langsung dengan pelanggan, misalnya mengadakan fans meeting dan sebagainya. Dalam menerapkan cara mudah memperkenalkan merek, Anda juga harus mencari momen yang tepat, contohnya ketika ada sesuatu yang sedang viral, bisa dimanfaatkan sebagai nama sebuah produk. Alhasil, produk tersebut akan laku di pasaran karena orang ingin memenuhi rasa penasara mereka. Itu sudah dibuktikan oleh franchine asal Korea dan setelahnya, penjualan produk mereka meningkat. Selalu lakukan evaluasi secara berkala pada semua strategi pembangunan merek yang telah dilakukan. Agar merek tidak diambil orang, Anda perlu mendaftarkannya terlebih dulu ke Dirjen merek.

    Chat WA