Cara Memperoleh Hak Merek

Cara Memperoleh Hak Merek Dagang Atau Jasa Bisa Dilakukan Dengan Cara Mendaftar Ke Dirjen HKI. Dirjen HKI Merupakan Satu Lembaga Dibawah Kementrian Hukum Dan HAM. Hak yang didaat dari pendaftaran merek dagang atau jasa ini bisa membantu Anda, terutama pelaku bisnis pemula untuk melindungi produk dagangnya, agar tidak ditiru oleh pelaku bisnis lainnya. Dalam proses memperoleh hak merek, setiap individu ataupun kelompok diharuskan mendaftar secara resmi ke lembaga terkait, dalam hal ini adalah Dirjen HKI. Pendaftaran merek dagang atau jasa ini tidak hanya terkait mereknya, tetapi juga meliputi logo dari merek, simbol, nama, huruf, angka, hingga pelafalan yang saling berhubungan satu sama lain.

Cara memperoleh hak merek

Jika logo tersebut dibuat untuk sebuah merek produk temuan baru maka dibutuhkan pendaftaran hak paten juga didalamnya. Hak paten sendiri biasanya diberikan kepada pencipta produk baru yang berkaitan dengan teknologi. Antara merek dan paten keduanya sama-sama bergerak di bidang industri kreatif. Hak paten Indonesia sendiri saat ini sudah diatur dalam Undang-Undang No. 14 Tahun 2001 tentang paten. Undang-Undang tersebut menjelaskan mengenai apa saja yang bisa dipatenkan. Setiap produk yang dipatenkanpun harus memenuhi syarat. Salah satunya adalah bisa diterakan dalam bidang industri dan digunakan di berbagai jenis industri. Adapun produk yang tidak boleh dipatenkan juga diatur dalam Undang-Undang yang sama dipasal 7. Ada beberapa kriteria  yang dijelaskan disana, produk apa yang tidak bisa dipatenkan.

Dari berbagai penjelasan mengenai cara memperoleh hak merek dagang atau jasa sebelumnya,

dapat ditarik kesimpulan bahwa pendaftaran merek juga merupakan bagian dari prosedur pendaftaran paten. Hal ini dikarenakan, kedua hal tersebut memiliki keterikatan satu sama lain. Terutama di bidang industri kreatif yang kini terus mengalami perkembangan secara signifikan. Hingga kini, informasi terkait hak merek juga semakin menyebar. Dari beragam kasus yang berkaitan dengan hak kekayaan intelektual sampai dengan makalah hak paten yang kini berkembang luas di internet. Makalah yang membahas mengenai hak paten, tidak hanya menjelaskan mengenai appa yang dimaksud dengan paten itu sendiri.

paten Indonesia

Mulai dari pembahasan sejarah hak paten, istilah-istilah yang ada diruang lingkup hak paten, hingga prosedur pendaftaran paten disajikan secara terperinci didalamnya. Dengan adanya makalah-makalah yang membahas mengenai hak paten ini, diharapkan masyarakat bisa lebih peduli akan hal hak kekayaan intelektual. Terutama hak yang dimiliki oleh pemilik paten untuk bisa melaksanakan paten dan melarang oranglain untuk menggunakan patennya. Tidak hanya hak, pemilik paten juga memiliki kewajiban yang dimilikinya. Kewajiban pemilik paten di antaranya adalah membayar biaya pemeliharaan yang biasanya dilakukan setiap tahun. Selain itu, pemilik paten wajib menggunakan patennya di wilayah Negara Republik Indonesia. Terkecuali jika pelaksanaan paten dilakukan untuk wilayah yang lebih luas dan didaftarkan secara luas pula.

Cara memperoleh hak merek itu sendiri diperlukan prosedur pendaftaran yang legal dan sesuai proses yang ada. Setidaknya, ada 6 tahapan pendaftaran yang perlu dilakukan untuk bisa mendapat hak merek. 6 tahapan ini di antaranya adalah penelusurun merek, baik merek yang telah terdaftar sebelumnya, maupun merek yang akan didaftarkan. Seperti yang sudah sering dijelaskan sebelumnya, pendaftaran merek tidak diperbolehkan memiliki persamaan, baik sebagian maupun secara keseluruhan.

makalah hak paten

Tahapan selanjutnya adalah mengajukan permohonan melalui Dirjen HKI. Permohonan pendaftaran merek ini berua kelengkapan syarat-syarat dokumen, mulai dari data-data pemohon hingga identifikasi merek yang akan didaftarkan. Kemudian masuk pada pendaftaran yang mana prosedurnya meliputi pengisian formulir pendaftaran, surat keterangan usaha, surat kuasa (jika proses dilakukan oleh konsultan), pembayaran pendaftaran merek, dan lain sebagainya. Pada proses ini, Anda juga bisa sekaligus melakukan daftar hak paten merek HKI jika dirasa  perlu. Jika seluruh persyaratan sudah terpenuhi maka langkah selanjutnya adalah proses pemeriksaan formalitas dan substantif.

Pemeriksaan ini biasanya membutuhkan waktu yang cukup lama, bahkan hingga berbulan-bulan. Pastikan pemohon melakukan pengecekan secara berkala untuk hal yang satu ini. Jika permohona daftar merek ini disetujui maka akan secara otomatis merek Anda akan masuk daftar merek. Namun, jika sebaliknya maka Anda bisa melakukan surat keberatan agar permohonan Anda bisa ditinjau ulang oleh pihak Dirjen HKI.

    Chat WA