Cara Memperoleh Hak Paten Merek

Cara Memperoleh Hak Paten Merek Di Indonesia Bisa Dikatakan Mudah Dan Sulit Tergantung Dari Sisi Mana Anda Melihatnya. Sebelumnya, Anda Harus Tahu Sendiri apa itu hak paten. Hak paten merupakan perlindungan HKI atas kekayaan intelektual yang biasanya bersifat teknologi atau dikenal juga dengan nama invensi serta mengandung solusi atau pemecahan teknis akan masalah yang ada pada teknologi sebelumnya.

Sehingga, paten ini memiliki kaitan dengan industry kreatif yang berbasis teknologi seperti software. Lalu, bagaimana cara memperoleh hak paten? Sebelum itu, Anda juga harus tahu tentang apa saja yang bisa dipatenkan. Yang bisa dipatenkan adalah sesuatu yang baru berupa penemuan yang belum pernah dipublikasikan di media atau apapun baik skala nasional maupun internasional. Selain itu, bisa diterapkan di dalam dunia industry dan mengandung langkah inventif.

Cara Memperoleh Hak Paten Merek

Sehingga, paten bisa diberikan kepada suatu penemuan yang tidak terduga. Oleh sebab itu, jika tutup pulpen mudah hilang kemudian membuat produk dengan pulpen yang tutupnya terdapat tali, maka hal tersebut tidak bisa dipatenkan. Berbeda dengan pulpen yang menggunakan teknologi pegas yang mata pulpen bisa masuk ke dalam sehingga akan tertutup secara otomatis. Ini baru bisa dipatenkan karena mengandung teknologi dan penemuan.

Semua orang atau kelompok yang menemukan akan sesuatu dan telah memenuhi syarat hak paten dari HKI, maka berhak atas hak paten. Nah, di sinilah pentingnya mengetahui cara mudah memperoleh hak paten merek sehingga mereka yang telah melakukan penemuan kekayaan intelektual atau teknologinya dapat terjaga dengan baik. Nah, hal yang harus diperhatikan adalah masa pengajuan hak paten yang bisa memakan waktu hingga 2 – 6 tahun bahkan lebih.

Ya, Anda bisa melakukan cek hak paten merek di HKI setelah memenuhi persyaratannya dan dinyatakan sah oleh HKI dimana biasanya memakan waktu yang sangat lama. Sehingga, waktu pengajuan hak paten ini sangat penting dan harus diperhatikan. Selain waktu, tentu yang tidak boleh dilewatkan adalah biayanya.

Lalu bagaimana dengan cara memperoleh hak paten merek? Berikut ulasannya.

Untuk bisa mendapatkan hak paten, harus melakukan surat permohonan terlebih dahulu di kantor Dirjen HKI atau Kanwil setempat. Kemudian, Anda harus mengikuti prosedur termasuk pemenuhan persyaratan yang jumlahnya cukup banyak. Setelah prosedur dan persyaratan selesai, maka belum bisa langsung melakukan cek daftar merek dagang karena masih harus menunggu proses pengesahan yang mencapai waktu hingga beberapa tahun.

Biasanya, waktunya bisa 2 sampai 6 tahun sebelum kemudian produk atau penemuan tersebut dinyatakan sah memiliki hak paten. Dari cara memperoleh hak paten merek di sini, Anda juga harus mengetahui berapa masa hak paten itu sendiri. Ya, hak paten memiliki masa berlaku. Adapun masa berlakunya hanya sampai 20 tahun. Artinya, setelah 20 tahun penemuan tersebut sah dipatenkan, pemilik harus kembali memperbarui hak paten mereka.

Jika tidak, maka penemuan tersebut tidak bisa diklaim sebagai milik sendiri. Nah, karena prosesnya cukup lama, ada yang menyarankan agar proses pembuatan hak paten ini menjadi mudah jika anda menghubungi kami yang mengurus cara memperoleh paten merek agar proses lebih mudah. Tentu, menjadi mudah jika ingin mendaftar merek melalui konsultan kami.

    Chat WA