Cara Mendaftar Haki

Cara Mendaftar Haki Dapat Dilakukan Di Beberapa Tempat Seperti Di Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual, Kuasa Hukum Konsultan HKI Terdaftar dan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Sebelum itu, pemohon haruslah terlebih dahulu mengetahui apa itu HKI atay Hak Kekayaan Intelektual. HKI merupakan hal yang ada karena hasil dari olah pikir yang menghasilkan sesuatu atau proses yang memiliki daya guna bagi manusia.

Secara umum, HKI adalah hak yang didapatkan oleh pemilik hak untuk menikmati nilai ekonomis dari hasil kekayaan intelektual atau kreativitas intelektual. Nah, sebelum mengetahui bagaimana cara mendaftar haki, ada baiknya juga pemohon mengetahui objek yang bisa didaftarkan. Tentu, Dirjen HKI juga memiliki kriteria tersendiri tentang objek yang bisa dipatenkan itu sehingga tidak semua orang bisa melakukan cek haki atau mendaftarkan objek HKI untuk menikmati nilai ekonomisnya.

Selanjutnya yang perlu Anda tahu tentang cara mendaftar haki adalah persyaratan pengajuan permohonan.

Anda sebagai pemohon bisa menghubungi kami terlebih dahulu untuk menelusuri merek yang akan didaftarkan terlebih dahulu baru kemudian dari situs yang sama bisa melakukan pendaftaran merek. Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi sebelum akhirnya Anda bisa melakukan cek hak paten merek dagang atau pendaftaran objek HKI. Persyaratan tersebut seperti adanya pemohon baik perorangan atau kelompok dan mengisi biodata seperti nama, tanggal lahir, alamat dan lain sebagainya.

Cara Mendaftar Haki

Kemudian, pemohon harus menyiapkan 30 contoh merek dengan ukuran maksimal 9 x 9 cm atau minimal 2 x 2 cm, menyiapkan daftar jasa atau barang yang akan diberi merek, surat pernyataan kepemilikan pemohon, surat kuasa (bila perlu), copy KTP pemohon dan juga NPWP jika bentuknya perusahaan. Selanjutnya, cara mudah mendaftar haki bisa dilakukan dengan memenuhi prosedur persyaratan merek yang dibagi menjadi dua yakni bisa langsung oleh pemohon atau melalui proses verivikasi yang dalam hal ini dilakukan oleh Ditjen HKI.

Setelah itu, akan dilakukan pemeriksaan formalitas dan juga pemeriksaan substantive. Pemeriksaan ini adalah diperiksanya semua kelengkapan persyaratan registrasi merek. Sehingga, pemohon harus memastikan semua persyaratan dari Ditjen HKI dipenuhi tanpa kekurangan apapun. Jika tidak lengkap, Ditjen HKI akan memberikan waktu hingga 2 bulan untuk memenuhinya. Sedangkan pemeriksaan substantif ini bisa diselesaikan dalam waktu 1 bulan jika dilakukan Ditjen HKI atau 6 bulan jika ditujukan pada lembaga terkait.

Selanjutnya dari proses cara mendaftar haki indonesia adalah pengajuan keberatan. Jika sudah disetujui kemudian Ditjen HKI akan mengumumkan permohonan pendaftaran merek yang telah dilakukan oleh pemohon dengan menggunakan berita resmi merek. Pengumuman dilakukan selama 3 bulan. Sehingga, pemohon harus memastikan untuk melakukan pengecekan secara berkala untuk melihat hasilnya. Apabila pemohon tidak mendapati mereknya terdaftar, maka bisa melakukan pengajuan permohonan. Pengajuan permohonan dilakukan secara tertulis dan ditujukan pada Ditjen HKI dengan rentang waktu paling lama 2 bulan setelah penerimaan Salinan keberatan.

Tahap terakhir adalah pemeriksaan kembali. Jika pemohon mengajukan keberatan, Ditjen HKI selanjutnya menggunakan keberatan tersebut sebagai bahan pertimbangan untuk mengadakan pemeriksaan kembali terhadap pemohon. Jika tidak didapati masalah, Ditjen HKI bisa mengeluarkan Sertifikat merek untuk pemohon. Nah, cara untuk mendaftar haki memang membutuhkan informasi, pengalaman dan kesabaran karena prosesnya tidak lama dan persyaratannya juga tidak sedikit. Sehingga, ada juga yang mengandalkan konsultan yang ditunjuk HKI untuk melakukan proses pendaftaran ini. Bagaimana dengan Anda?

    Chat WA