Cara Mendaftar Merek Dagang

Cara Mendaftar Merek Dagang Adalah Salah Satu Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Bila Saat Ini Anda Tengah Memulai Sebuah Bisnis. Mungkin sebagian pengusaha pemula berpikir bahwa menjalankan bisnis terlebih dahulu akan lebih baik sebelum mendaftarkan merek dagang walaupun pola pikir ini tak terlalu tepat. kompetisi bisnis yang sangat ketat tentu akan mempengaruhi merek dagang Anda, misalnya akan muncul pesaing dengan merek yang sama.

Inilah sebabnya sebelum mendaftarkan brand Anda perlu dilakukan cek merek untuk mengetahui apakah merek yang hendak Anda gunakan telah digunakan pengusaha lain baik dengan produk yang sama atau pun tidak. Mereka yang mendaftarkan sebuah merek pada Ditjen Hak Kekayaan Intelektual yang pertama kali-lah yang berhak menggunakan brand tersebut.

Inilah cara mendaftar merek dagang untuk bisnis Anda pada HKI  yang penting untuk diketahui.

Cara Mendaftar Merek Dagang

Memiliki merek dagang yang resmi tentu akan membawa pengaruh positif bagi citra perusahaan dan bisnis Anda yaitu membawa kesan professional dan terpercaya. Ini tentu akan berpengaruh sebagai daya tarik bagi konsumen serta meningkatkan omset Anda.

Pertama adalah melakukan cek merek dagang atau penelusuran merek untuk menghindari penolakan dari HKI karena sudah ada pihal lain yang menggunakan brand tersebut. Caranya bisa dengan mengirim surel pertanyaan ke konsultan kami. Berikutnya adalah  dengan menyiapkan persyaratan yang berlaku, yaitu, (1). Pemohon (perusahaan atau Perorangan) mengisi formulir yang tersedia. (2). Menyiapkan 30 Contoh merek sesuai keinginan dengan ukuran maksimal 9 x 9 cm, minimal 2 x 2 cm. (3). Menyiapkan daftar barang atau jasa yang telah diberi brand. (4).Surat Pernyataan kepemilikan dari pemohon. (5). Surat Kuasa jika diperlukan. (6). Fotokopi KTP pemohon. (7). Fotokopi NPWP bagi pemohon perusahaan.

Langkah ketiga cara mendaftar merek usaha adalah memenuhi prosedur pendaftaran merek yang terdiri dari 2 bagian, yaitu, pertama melalui proses verifikasi yang dilakukan oleh Ditjen HKI dan pengajuan merek secara langsung oleh pemohon. Proses ini dapat dilakukan setelah memenuhi persyaratan sebagaimana yang telah dijelaskan di atas.

Cara mudah mendaftar merek dagang selanjutnya, adalah pemeriksaan formalitas serta substantive oleh pihak berwenang. Yang diperiksa adalah kelengkapan persyaratan registrasi merek bisnis Anda. Bila ternyata ada persyaratan yang kurang maka pihak Ditjen HKI akan memberikan waktu selama 2 bulan untuk melengkapinya sejak pendaftaaran yang pertama. Pemeriksaan berikutnya adalah pemeriksaan substantive dalam kurun waktu satu bulan terhitung dari tanggal penerimaan permohonan merek dagang. Pemeriksaan ini umumnya dilakukan dalam jangka waktu sekitar 9 bulan.

Setelah merek bisnis Anda disetujui, pihak Ditjen HKI akan mempublikasikan merek tersebut dalam sebuah berita resmi mereka selama 3 bulan. Pendaftar merek dagang harus melakukan pemeriksaan secara teratur tentang hal ini. Bila ada pihak yang merasa keberatan maka yang bersangkutan dapat mengajukannya secara tertulis kepada lembaga HKI paling lambat 2 bulan sejak tanggal penerimaan salinan keberatan.

Langkah terakhir adalah pemeriksaan kembali bila ada pihak yang mengajukan keberatan, maka Ditjen HKI akan melakukan pertimbangan ulang dan kembali mengadakan pemeriksaan kepada pemohon. Pengecekan ini dapat dilakukan dalam waktu paling lama 2 bluan sejak masa pengumuman berakhir. Bila dalam tiap proses semuanya berjalan lancar, maka Ditjen HKI secara normal akan menerbitkan serta memberikan sertifikat merek dagang dalam waktu paling lama 1 bulan sejak tanggal permohonan tersebut disetujui bagi pemohon atau kuasanya. Semoga ulasan tentang cara mendaftar merek dagang ini menginspirasi Anda.

    Chat WA