Cara Mendaftarkan Brand Merek

Cara Mendaftarkan Brand Merek Sangat Mudah Dan Tanpa Ribet. Konsultan Hki Terdaftar Kami Siap Membantu Anda Dalam Pendaftaran Merek Dagang Anda. Jika Anda saat ini tengah memulai suatu bisnis yang akan dijalankan, ada beberapa hal penting yang perlu Anda perhatikan sebagai perencanaan awal sebelum mulai menjalankan bisnis yang telah disiapkan, termasuk menyiapkan pendaftaran merek dagang. Sebagian besar para pebisnis, khususnya pemula mungkin beranggapan bahwa lebih baik menjalankan usaha terlebih dulu dalam jangka waktu tertentu dan kemudian mendaftarkan merek dagang ke lembaga terkait. Ini sebenarnya merupakan hal yang kurang tepat karena persaingan bisnis saat ini sangat ketat dan dapat berpengaruh terhadap merek dagang Anda. Masalah yang kerap muncul pada merek dagang ini adalah adanya produk saingan yang memiliki merek sama. Anda tidak dapat meminta lagi merek Anda karena sudah ada orang lain yang mendaftarkannya ke lembaga terkait yang menangani merek dagang yakni Ditjen HKI (Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual). Masalah seperti ini tentu tidak diinginkan dalam perjalanan bisnis siapapun. Oleh sebab itu, Anda perlu segera mendaftarkan merek dagang ke Ditjen HKI dan mengikuti cara mendaftarkan merek sesuai dengan tahapan yang telah ditetapkan oleh Dirjen HKI.

Cara mendaftarkan brand merek dagang

Sebelum Anda melakukan cara mendaftarkan brand merek, Anda harus menelusuri merek dagang yang diinginkan.

Ini penting dilakukan sebelum mendaftar merek dagang. Ini adalah hal yang penting supaya Anda terhindar dari penolakan pihak terkait saat akan mendaftarkan merek dagang Anda. Penelusuran ini dapat dilakukan dengan bantuan Google maupun langsung bertanya pada pihak terkait. Pendaftaran merek dagang maupun pertanyaan dapat diajukan melalui email ke konsultan HKI terdaftar kami. Pada saat mengajukan permohonan, ada beberapa syarat pengajuan permohonan yang wajib Anda penuhi seperti mengisi biodata, menyiapkan 30 contoh merek, daftar jasa atau barang yang diberi merek, fotokopi KTP pemohon, Surat Kuasa (bila perlu), dan fotokopi NPWP (khusus untuk pemohon perusahaan). Mendaftarkan brand merek melewati prosedur yang terbagi menjadi 2 bagian yakni pengajuan merek dari pemohon secara langsung dan lewat proses verifikasi yang dilakukan Ditjen HKI. Setelah itu, pemohon diminta untuk mengisi formulir pendaftaran merek dengan sejumlah persyaratan lainnya yang wajib dipenuhi meliputi surat keterangan UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah), surat kuasa khusus, etiket merek, bukti penerimaan permintaan pendaftaran, dan bukti pembayaran pendaftaran merek. Kemudian Ditjen HKI akan melakukan pemeriksaan pendaftaran dan menerbitkan sertifikat merek.

Cara mendaftarkan brand merek

Setelah Anda melakukan cara mendaftarkan brand merek seperti yang dijelaskan di atas, pihak Ditjen HKI akan melakukan pemeriksaan formalitas pertama. Pada tahap ini, kelengkapan persyaratan registrasi merek akan diperiksa kelengkapannya. Pastikan bahwa Anda sudah melengkapi semua syarat yang diminta Ditjen HKI. Pasalnya jika ditemukan syarat yang belum lengkap, pihak Ditjen HKI akan meminta Anda melengkapinya dalam 2 bulan terhitung sejak surat permintaan yang pertama diterima. Selanjutnya adalah proses pemeriksaan Substantif. Tahap ini memerlukan waktu sekitar 1 bulan dan dihitung sejak tanggap penerimaan permohonan registrasi merek diterima oleh Ditjen HKI. Pemeriksaan substantif biasanya dilakukan oleh pihak terkait maksimal 9 bulan. Setelah disetujui, Ditjen HKI akan memberikan pengumuman permohonan dalam berita resmi merek. Pengumuman ini akan berlangsung selama 3 bulan. Sebaiknya Anda selalu memeriksa pengumuman ini secara berkala. Jika pihak pemohon keberatan, pemohon boleh mengajukan keberatan secara tertulis dan dikirimkan ke Ditjen Pajak maksimal 2 bulan sejak penerimaan salinan keberatan. Jika pemohon pendaftaran merek mengajukan keberatan, Ditjen HKI akan menjadikan keberatan tadi sebagai pertimbangan untuk mengadakan pemeriksaan kembali terhadap pemohon. Biasanya pemeriksaan ini diselesaikan dalam waktu maksimal 2 bulan sejak masa pengumuman berakhir. Bila tidak dijumpai masalah di setiap prosesnya, Ditjen HKI akan memberikan dan menerbitkan sertifikat merek pada kuasanya atau pemohon paling lama 30 hari sejak permohonan tersebut disetujui untuk masuk ke dalam daftar umum merek. Itulah beberapa langkah yang perlu dilakukan dalam mendaftarkan  merek. Memang cara tersebut sepertinya cukup rumit dan memerlukan waktu yang lama. Tetapi ketika merek Anda diakui, tentu ini akan membuat bisnis Anda semakin mudah untuk berkembang.

    Chat WA