Cara Mendaftarkan Brand

Cara Mendaftarkan Brand Sebenarnya Tidak Terlalu Rumit Dan Membutuhkan Waktu Atau Dana Yang Banyak Bila Memang Anda Dapat Menyerahkan Persyaratannya sebagaimana yang diminta oleh pihak berwenang atau dalam hal ini Ditjen HKI atau Hak Kekayaan Intelektual. Sayangnya masih belum banyak pebisnis yang sejak awal mengurus pendaftaran mereka dagangnya melainkan memilih untuk menjalankan bisnisnya saja terlebih dahulu.

Cara Mendaftarkan Brand

Tentu saja saat pertama kali bertujuan merintis bisnis, semua pengusaha pasti mengidamkan bisnis yang dimulainya tersebut akan langgeng dan menghasilkan omset yang besar. Untuk mencapai tujuan ini langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah meresmikan merek dagang Anda. Tetapi sebelumnya jangan lupa untuk melakukan cek merek dagang haki untuk memeriksa apakah belum ada merek serupa yang telah didaftarkan terlebih dahulu pada badan berwenang. Persyaratan pengajuan pendaftaran brand bisnis Anda antara lain adalah:

  • Perusahaan atau Perorangan yang merupakan pemohon harus mengisi formulir yang tersedia.
  • Pemohon harus menyiapkan 30 contoh merek sesuai keinginan dengan ukuran maksimal 9 x 9 cm, minimal 2 x 2 cm. (3).
  • Pemohon menyiapkan daftar barang atau jasa yang telah diberi brand.
  • Menyiapkan surat Pernyataan kepemilikan dari pemohon.
  • Menyiapkan Surat Kuasa jika diperlukan.
  • Menyertakan Fotokopi KTP pemohon.
  • Menyertakan Fotokopi NPWP bagi pemohon perusahaan.

Sebelum mulai menerapkan cara mendaftarkan brand,

sebagaimana yang telah disinggung sebelumnya pemohon harus melakukan cek merek dagang hki terlebih dahulu. Mengapa harus demikian? Upaya ini adalah untuk mengantisipasi kerugian bila merek dagang Anda pengajuannya ditolak karena telah digunakan oleh pengusaha yang lain. Pengecekan sebelum mendaftarkan merek dagang juga untuk mengantisipasi kemungkinan timbulnya tuntutan hukum di masa yang akan datang baik hukum pidana atau perdata.

Secara detail Anda akan mendapat gambaran tentang keberadaan sebuah brand baik yang status pendaftarannya sedang dalam proses atau yang telah terdaftar secara resmi dengan melakukan pengecekan mereka dagang. Informasi resmi yang berkaitan dengan merek dagang atau brand bisnis ini tertuang dalam UU No. 15 tahun 2001 tentang merek yaitu pasal 6 ayat 1 huruf a dan b.

Untuk menghindari penolakan merek yang Anda ajukan, sebelum mulai menerapkan tatacara mendaftarkan brand Anda harus dapat memprediksi apakah brand bisnis yang Anda ajukan benar-benar tak mempunyai persamaan dengan merek dagang yang telah terdaftar, misalnya dari segi bentuk, susunan warna, huruf penulisannya, bunyi pengucapan, penulisan unsur,  teknik penempatan, dan lain-lain. Inilah yang seringkali menjadi biang keladi penolakan pengajuan Anda. Berikutnya adalah membuat rencana cadangan seandainya merek yang telah Anda siapkan ternyata ditolak.

Berikutnya, untukmelakukan pemeriksaan merek terdaftar, Anda dapat mengakses Fasilitas On-Line Data Merek Indonesia. Fasilitas ini merupakan sarana yang disediakan oleh Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual dari Kementrian Hukum dan HAM. Silahkan hubungi konsultan hki terdaftar kami. Bila Anda masih menemukan kesulitan, Anda juga bisa mengirimkan emal atau surat elektronik pada alamat yang tertera pada situs tersebut untuk memperoleh informasi yang lebih jelas.

Lembaga berwenang juga telah menyediakan sarana informasi lainnya untuk melakukan pengecekan merek dagang tersebut yang juga dapat dipergunakan. Dengan seluruh fasilitas yang tersedia lengkap bagi Anda tentu tak ada alasan lagi untuk menunda mendaftarkan merek bisnis Anda. Semoga informasi tentang cara mendaftarkan brand atau merek ini bermanfaat untuk Anda.

    Chat WA