Cara Mendaftarkan Hak Cipta Logo

Cara Mendaftarkan Hak Cipta Logo Sebenarnya Tidaklah Sulit. Instansi Yang Menangani Masalah Ini Telah Memberikan Layanan Yang Cukup Mudah untuk menjamin karya intelektual seseorang. Siapa pun berhak untuk mendaftarkan hasil karyanya tersebut kepada pemerintah. Dan, pihak lain akan terkena sangsi saat menggunakan logo tersebut untuk kepentingan pribadi dan diakui sebagai karya pribadi. Terlebih jika penggunaan logo tersebut untuk keperluan yang tidak bisa dipertanggungjawabkan.

Cara Mendaftarkan Hak Cipta Logo

Dengan kata lain, pemberian hak cipta ini merupakan bentuk penghargaan pemerintah terhadap hasil kreativitas anak bangsa. Ada banyak keuntungan jika Anda mempunyai hak paten dari logo Anda. Berikut ini beberapa informasi tentang keuntungan yang bisa Anda peroleh sekaligus cara mendaftarkan hak cipta.

# Keuntungan Mempunyai Hak Paten Logo

Cara mendaftarkan hak cipta logo dapat Anda lakukan kapan saja ketika logo itu sendiri sudah selesai dibuat.

Akan lebih baik, pendaftaran dilakukan sebelum logo dipublikasikan ke masyarakat. Dengan begitu, tidak memberi kesempatan kepada pihak lain yang tidak bertanggung jawab untuk menggunakannya secara ilegal. Berikut beberapa keuntungan jika Anda sudah mempunyai hak paten logo.

  1. Logo yang Anda buat tidak akan ditiru oleh pihak lain tanpa seizin dari Anda sebagai pemilik logo. Sebab, siapa pun yang mencoba untuk meniru seluruh maupun sebagian, akan terkena sangsi hukum. Dan, aturan ini berlaku untuk siapa saja, baik pengusaha besar maupun kecil.

    Cara Mendaftarkan Hak Cipta Logo merek

  2. Logo yang Anda patenkan jelas tidak boleh dipublikasikan ke masyarakat oleh pihak lain tanpa seizin dari Anda.
  3. Produk yang menggunakan logo Anda akan terhindar dari pemalsuan dari pihak lain yang ingin mendapatkan pasar Anda. Orang akan berpikir ulang untuk membuat produk serupa dan menggunakan logo Anda untuk menarik konsumen Anda.
  4. Konsumen dari produk Anda akan merasa aman karena produk Anda selalu terjaga keasliannya. Tidak akan ada produk tiruan yang sama persis apalagi logonya. Sebab, hal ini bisa berbuntut panjang pada masalah hukum.
  5. Anda dapat terus menjaga kepercayaan konsumen terhadap produk Anda. Berbeda jika logo Anda tidak dipatenkan. Orang lain bisa menggunakannya untuk memasakan produknya, padahal kualitas yang diberikan jauh di bawah standar. Akibatnya, kepercayaan konsumen akan hilang terhadap produk Anda, sebab menganggap produk palsu tersebut sebagai produk Anda.
  6. Logo yang sudah dipatenkan dan sudah menjadi bran dari perusahaan Anda yang cukup terkenal bisa mendatangkan royalty saat digunakan sebagai media untuk bekerja sama dengan pihak lama. Sebagai contoh logo produk yang kemudian franchise-kan.

Sebenarnya, masih banyak keuntungan yang bisa Anda peroleh dengan mematenkan logo perusahaan. Anda akan benar-benar bisa merasakan setelah mendaftarkannya. Lalu, bagaimana cara mendaftarkan hak cipta logo yang benar ? Berikut informasinya.

# Tahapan untuk Mendapatkan Hak Cipta Logo

Cara mendaftarkan hak cipta logo cukup mudah. Anda cukup mendatangi kantor Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia di wilayah Anda tinggal. Setelah itu, lakukan pendaftaran dengan urutan dan syarat yang sudah ditentukan. Berikut ini cara mendaftarkan hak cipta logo baru yang bisa Anda ikuti:

Cara Mendaftarkan Hak Cipta Logo usaha

  1. Datangi Kemenkumham setempat, kemudian tanyakan syarat-syarat yang diperlukan, termasuk lampiran apa saja yang dibutuhkan. Setelah itu, pilih layanan kekayaan intelektual > merek > formulir, dan download.
  2. Isi formulir yang sudah di tangan dengan data yang sebenarnya. Jika secara online, Anda mengisinya dengan cara diketik. Sedangkan, jika Anda mendaftar secara langsung, isi formulir tersebut dengan tangan. Untuk mengetahui kelas barang/jasa yang ditanyakan, Anda bisa bertanya langsung kepada petugas atau melihat di website dengan memilih menu sistem klasifikasi merek.
  3. Lengkapi formulir permohonan dengan beberapa berkas, seperti surat pernyataan (rangkap 1), foto copy KTP (rangkap 1), etiket dan nama logo (rangkap 10 buah) dengan ukuran minimal 4 x 4 cm dan maksimal 8 x 8 cm. Sedangkan, formulir permohonan sendiri dibuat rangkap dua. Beberapa berkas lain juga perlu Anda persiapkan untuk berjaga-jaga jika ditanyakan, yaitu foto copy akta pendirian perusahaan, foto copy kepemilikan bersama jika perusahaan didirikan lebih dari satu orang, serta surat pernyataan bahwa logo tersebut benar-benar milik Anda dan bebas dari plagitisme.
  4. Setelah semuanya sudah dilakukan, langkah selanjutnya adalah Anda diwajibkan untuk membayar sesuai aturan PNBP untuk setiap kelas dan 1 logo. Jika Anda mempunyai beberapa logo, tentu saja biayanya tinggal dikalikan sebanyak logo yang ingin Anda patenkan.

    Cara Mendaftarkan Hak Cipta Logo perusahaan

  5. Tahapan sudah selesai. Anda tinggal menunggu pengumuman dari pemerintah. Perlu diketahui, pengumuman biasanya dikeluarkan setelah 18 bulan sejak pengajuan permohonan. Sedangkan, pengumuman tentang hak paten ini akan berlangsung selama setengah tahun untuk mengetahui respons masyarakat. Jika tidak ada keberatan dari pihak mana pun, maka logo tersebut resmi menjadi hak milik Anda.
    Chat WA