Cara Mendaftarkan Hak Paten Merek

Cara Mendaftarkan Hak Paten Merek Selayaknya Memang Menjadi Focus Utama Bagi Anda Yang Hendak Merintis Sebuah Bisnis. Sebelumnya Perlu Anda Ketahui apa yang dimaksud dengan paten, sesuai dengan UU nomor 14 Tahun 2001 paten adalah Hak Eksklusif yang ditetapkan oleh Negara kepada seorang penemu atas hasil penemuannya pada bidang teknologi yang selama kurun waktu tertentu melakukan sendiri proses kreasinya tersebut atau memperbolehkan pihak lain untuk melaksanakannya atas persetujuannya.

Cara Mendaftarkan Hak Paten Merek

Ada prosedur tertentu untuk mendaftarkan hak paten atau merek tersebut, tetapi sebelumnya Anda harus melakukan cek merek dagang online terlebih dahulu untuk mengetahui  apakah sebuah brand telah didaftarkan sebelumnya dengan nama yang sama seperti yang Anda daftarkan. Inilah persyaratannya.

  • Pemohon paten harus memenuhi semua persyaratan yang sudah ditentukan.
  • Dirjen HAKI akan mempublikasikannya dalam kurun waktu 18 (delapan belas) bulan setelah tanggal penerimaan permohonan paten.
  • Publikasi dilakukan dalam jangka waktu 6 (enam) bulan untuk mengetahui apakah ada keberatan atau tidak dari masyarakat.
  • Jika tahap pengumuman ini terlewati dan permohonan paten diterima, maka pemohon paten berhak mendapatkan hak patennya untuk jangka waktu 20 (dua puluh) tahun sejak terjadi filling date.

Sebagai cara mendaftarkan hak paten merek prosedur pengajuan yang telah ditetapkan oleh Ditjen HAKI sangat mudah, hubungi saja konsultan hki kami.

Sesuai dengan penjelasan tentang tatacara mendaftarkan hak paten merek di atas, berikutnya setelah hak paten terdaftar atas nama penemunya maka yang bersangkutan akan mempunyai hak dan kewajiban. Hak pencipta adalah untuk melaksanakan hak paten yang dimilikinya sendiri, termasuk  memberikan hak lebih lanjut kepada orang lain untuk menggunakan atau sebaliknya melarang orang lain untuk menggunakan patennya tanpa persetujuan dari penciptanya.

Berkaitan dengan cek merek dagang terdaftar di atas, sebelum mulai mendaftarkan hak paten Anda idealnya memang melakukan penelusuran untuk mengetahui apakah suatu merek atau paten sebelumnya telah didaftarkan oleh orang lain. Langkah ini untuk menghindari kerugian akibat ditolaknya pengajuan Anda atau untuk mengantisipasi adanya tuntutan hukum dari orang lain atas plagiasi sebuah paten atau merek baik secara pidana atau perdata di kemudian hari. Cara melakukan penelusuran ini sangat mudah, Anda tinggal mengakses fasilitas cek merek online yang disediakan oleh Ditjen HKI.

    Chat WA