Cara Mendaftarkan Merek Usaha

Cara Mendaftarkan Merek Usaha Ke Dirjen Haki Menjadi Sederhana Dan Mudah Bersama Konsultan Merek Hki Kami. Segera Hubungi Konsultan Hki Terdaftar Kami. Banyak pengusaha baru yang masih bingung dengan cara mendaftarkan merek milik mereka. Tidak dipungkiri bahwa memasarkan sebuah produk tanpa merek sangat sulit diterima di pasaran. Merek menjadi pembeda antara suatu produk dengan yang lain. Merek juga dapat dijadikan sebagai pengembangan branding bagi suatu produk. Selain itu merek juga dapat mempengaruhi harga suatu barang. Sudah bukan rahasia lagi bahwa produk dengan merek terkenal harganya jauh lebih mahal dibandingkan produk tak bermerek walaupun memiliki kualitas yang sama. Merek yang semakin lama bertahan di pasaran, kualitasnya semakin tidak diragukan lagi. Jadi orang cenderung tidak akan berpindah ke merek lain karena sudah teruji kualitasnya. Tidak sedikit orang yang rela membayar mahal sebuah produk karena nama mereknya sudah terkenal. Selain itu, ada pula yang membuka usaha franchise dari merek terkenal dengan harapan usahanya lebih mudah berjalan meskipun baru mulai. Sebagai pelaku usaha, tidak ada salahnya untuk memiliki merek sendiri. Mungkin saja merek yang Anda daftarkan bisa lebih laris dibandingkan merek lain yang sudah ada. Setelah Anda memiliki merek, Anda perlu segera melakukan cara mendaftarkan merek usaha ke Dirjen HaKI supaya merek produk Anda mendapatkan hak merek sehingga lebih dilindungi dan tidak ada pihak lain yang mengakui. Hak merek adalah perlindungan dari HKI bagi para pemilik merek untuk menggunakan merek tersebut sesuai dengan jenis produk merek yang terdaftar. Siapa saja sebenarnya boleh menggunakan merek apa saja asalkan tidak sama dengan merek lain yang sudah terdaftar. Pasalnya pemilik merek yang sudah terdaftar boleh melarang atau menuntut bila merek dagangnya digunakan orang lain.

Cara mendaftarkan merek usaha

Sebelum mencoba mendaftarkan merek usaha, calon pemohon sebaiknya mengecek merek yang akan didaftarkan ke database Dirjen HaKI untuk memastikan bahwa merek tersebut belum didaftarkan oleh orang lain. Jika merek tersebut ternyata sudah ada dengan nama dan produk serupa, maka sebaiknya jangan karena permohonan Anda pasti akan ditolak. Jika sudah ada merek sama yang diajukan tetapi masih belum terdaftar, Anda tetap dapat mendaftarkannya karena masih ada kesempatan dengan syarat kelengkapan lainnya sudah lengkap ketika mengajukan tanggal penerimaan. Beberapa dokumen dan syarat yang wajib dilengkapi pada saat pengajuan permohonan merek meliputi formulir pendaftaran merek yang dibuat rangkap 4, membayar biaya pendaftaran, contoh etiket merek 20 lembar, surat pertanyaan hak, surat kuasa, fotokopi identitas pemohon, fotokopi akta pendirian badan hukum yang sudah dilegalisasi, dan fotokopi NPWP. Proses untuk memperoleh hak merek ini memerlukan waktu sekitar 1 tahun terhitung sejak penerimaan sampai pendaftaran merek. Contohnya jika ada seseorang yang mengajukan permohonan paten dan tanggal penerimaannya sampai 1 September 2017 maka pemohon akan memasuki tahap pemeriksaan substansif tanggal 1 Oktober 2017 sampai paling lambat 1 Juli 2018. Jika merek disetujui didaftarkan tanggal 1 Juli 2018, mereka akan diumumkan secara resmi di berita resmi merek sampai 1 Oktober 2018. Jika tidak ada pihak yang keberatan, maka merek akan segera diterbitkan setelah tanggal tersebut. Tetapi jumlah pemohon yang sudah mencoba mendaftarkan merek semakin banyak. Bahkan dapat mencapai 10 ribu per tahun. Satu permohonan biasanya hanya memerlukan waktu antara 18 – 24 bulan hingga sertifikat diterbitkan.

Cara mendaftarkan merek

Pemohon tidak diperkenankan mengambil langkah hukum terhadap orang yang telah menggunakan merek tanpa ijin meskipun Anda sudah memproses cara mendaftarkan merek usaha karena sertifikat merek belum diterbitkan.

Untuk permohonan merek, pemohon wajib membayar biaya permohonan yang dihitung per merek di satu kelas dengan maksimal 10 jenis barang atau jasa. Tiap kelipatan 10 jenis produk akan dikenakan biaya tambahan per permohonan. Selain itu biaya ini tidak termasuk biaya jasa professional jika menggunakan jasa konsultan HKI terdaftar. Jika mendaftarkan merek dagang usaha tersebut sudah berhasil, Anda dapat memperpanjang merek tersebut. Merek berlaku selama 10 tahun terhitung sejak tanggal penerimaan. Masa perlindungan hak merek akan diperpanjang setiap 10 tahun. Pemegang hak merek boleh mengajukan perpanjangan merek walaupun masa berlaku merek tersebut belum berakhir.

    Chat WA