Cara Mengurus Izin Merek Dagang

Cara Mengurus Izin Merek Dagang Akan Dibahas Di Sini Secara Detail, Jika Anda Memiliki Merek Dagang Maka Harus Meminta Izinnya Dulu Agar Anda Bisa Leluasa menggunakannya. Merek sangat penting bagi sebuah produk karena bisa menjadi identitas dan pemberi keuntungan. Identitas yang dimaksud di sini adalah bisa memberitahu orang-orang mengenai kualitasnya. Dengan adanya merek, banyak orang akan lebih mengenal sebuah produk, apakah merek A bagus atau tidak. Jika bagus maka merek A ini akan laku sedangkan jika jelek maka merek A ini akan kehilangan banyak pelanggan.

cara mengurus izin merek dagang

Dengan merek juga bisa membuat harga produk menjadi lebih tinggi, contohnya saja kaos  bermerek dan tidak bermerek akan lebih banyak dipilih yang bermerek meski kualitasnya sama-sama bagus. Betul kan? Merek dagang ini masuk kepada jenis kekayaan industri yang haknya bisa dimiliki dengan mengajukan hak merek atau hak paten. Cara pendaftaran hak paten  untuk semua jenis produknya adalah sama kecuali jumlah biaya permohonannya. Hak paten harus didaftarkan ke Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual (Ditjen HKI) dengan melengkapi berbagai persyaratan dan membayar sejumlah biaya. Jumlah biayanya tergantung kepada jenis hak patennya, jika mengajukan hak paten sederhana maka biayanya akan jauh lebih murah apalagi jika pemohonnya bukan umum.

Sekarang mari bahas mengenai cara mengurus izin merek dagang dan prosedurnya.

Cara pendaftaran hak paten

Jika Anda membuat merek untuk makanan dan akan menjualnya maka Anda harus mendapatkan izin lainnya selain izin merek dagang, yaitu izin peredarannya kepada BPOM (Badan Pengawasan Obat dan Makanan). Sedangkan untuk mendaftarkan merek agar menjadi HAKI Anda maka badan yang harus Anda kunjungi adalah Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual. Merek dagang yang akan didaftarkan harus Anda buat menjadi etiket merek dengan mencantumkan nama merek, beserta logo, desain, dan warna-warna yang akan digunakan.

Lamanya proses pemberian izin ini bisa memakan waktu selama 24 bulan. Jika Anda ingin membuat merek baju dan mendapatkan izin juga memproduksinya maka Anda harus tahu bagaimana cara membuat merek baju mendapatkan izin dagang dan produksi. Nama izin untuk memproduksi merek adalah Tanda Daftar Industri (TDI). Izin ini berlaku untuk industri kecil yang memiliki investasi dari 5 juta sampai 200 juta rupiah yang tidak termasuk dengan bangunan, dan tanah. Ada lumayan banyak persyaratan yang harus dilengkapi, dan siapkan biayanya juga.

Persyaratannya antara lain, surat permohonan dengan materai 6000, identitas pemohon berupa KTP, NPWP dan KK, fotokopi izin gangguan (ITU UUG/HO) jika tempat produksi produk Anda di luar Kawasan Industri Berikat, fotokopi IMB (Izin Mendirikan Bangunan), fotokopi dokumen lingkungan, daftar isian permohonan TDI, dan syarat-syarat lainnya. Lalu, jika ingin menjualnya Anda harus memiliki SIUP atau Surat Izin Usaha Perdagangan.

cara membuat merek baju

Agar cara mengurus izin merek dagang lebih mudah maka Anda bisa meminta bantuan jasa dari konsultan hak kekayaan intelektual. Konsultan akan membantu Anda membuat permohonan , mempersiapkan persyaratan, dan lain sebagainya. Kemungkinan permohonan izin Anda ditolak akan lebih sedikit bahkan mustahil karena para konsultan sudah tahu benar apa yang akan diterima, dan tidak. Konsultan yang baik adalah yang sudah terdaftar secara resmi sehingga memang dipersiapkan untuk membantu para calon pemilik hak kekayaan intelektual.

HAKI memiliki undang-undangnya sendiri dan kini sudah ada UU Undang Undang Tentang Dasar Hukum HAKI terbaru. Dulu hal ini diatur pada UU Nomor 6 Tahun 1982 mengenai Hak Cipta, kemudan berganti menjadi UU Nomor 7 Tahun 1987 tentang Perubahan atas UU Nomor 6 Tahun 1982 Mengenai Hak Cipta, terakhir diatur pada UU No. 28 Tahun 2014 Mengenai Hak Cipta. Salah satu isinya adalah hak cipta adalah kekayaan intelektual yang ada hubungannya pada berbagai bidang seperti seni, pengetahuan, serta sastra yang bisa mendukung pembangunan bangsa serta bisa memajukan kesejahteraan umum.

Lalu, karena perkembangan ilmu pengetahuan, seni, teknologi, dan sastra telah berkembang maka perlindungannya harus ditingkatkan. Demikianlah pembahasan mengenai cara untuk mengurus izin merek dagang agar bisa diproduksi, dan dijual tanpa kendala. Semoga pembahasan ini bermanfaat bagi Anda.

    Chat WA