Cek Hak Paten Merek

Cek Hak Paten Merek Terlebih Dahulu Sebelum Anda Mendaftarkan Produk Atau Merek. Kenapa? Ada Banyak Alasannya. Pertama, Agar Anda Tidak Akan Mengalami Tuntutan di kemudian hari karena secara tidak sengaja menggunakan merek yang telah memiliki hak paten. Oleh karena, produk dan merek yang telah memiliki hak paten akan terlindungi secara kuat oleh hukum. Jika sang pemiliknya keberatan maka mereka bisa mengajuk tuntutan hukum jika tidak terima. Kedua, agar pengajuan Anda tidak ditolak.

cek hak paten merek

Karena jika ada merek yang memiliki persamaan dengan milik Anda yang akan didaftarkan maka pendaftaran hak paten Anda pastinya tidak akan berhasil. Mematenkan merek dagang adalah wajib agar terhindar dari segala permasalahan di kemudian hari. Sayangnya, masih banyak orang yang belum mengerti dan peduli dengan hal ini. Sehingga jika suatu saat nama merek mereka digunakan orang lain mereka tidak bisa melaporkan dan mengklaim merek tersebut karena tidak sah dan tidak dilindungi hukum. Makanya segera daftarkan merek Anda, caranya adalah dengan mendaftarkan ke direktorat jenderal kekayaan intelektual melalui bantuan jenderal direktorasi kekayaan intelektual.

contoh merek dagang

Cek hak paten merek adalah langkah pertama yang harus Anda lakukan

sebelum mendaftarkan merek dagang. Jika sudah yakin bahwa merek yang akan Anda gunakan tidak dimiliki oleh siapa pun maka Anda bisa menggunakan nama merek tersebut. Untuk mendaftarkannya Anda bisa menghubungi konsultan merek kami. Ini adalah website milik direktorat jenderal kekayaan intelektual yang memiliki hak dan tugas melindungi segala kekayaan intelektual yang dimiliki pribadi atau perusahaan.

Kekayaan intelektual adalah berbagai jenis produk yang berdasarkan kepada pemikiran seseorang seperti karya tulis, lagu, sampai merek sebuah produk. Bagi orang yang mendaftarkannya maka memiliki hak kekayaan intelektual yang didaftarkan sehingga memiliki wewenang terhadapnya. Sebelum mendaftarkan hak paten maka Anda juga harus memiliki etiket merek dagang yang benar dan sesuai. Arti dari etiket merek adalah label atau contoh merek yang digunakan untuk diajukan kepada Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual. Ketika akan mendaftarkan sebuah merek maka etiket mereknya harus Anda cetak di kertas.

Mematenkan merek dagang

Untuk membuatnya Anda tidak boleh asal, lebih baik buat etiket yang lengkap. Jangan hanya dengan warna hitam dan putih. Lebih baik cantumkan semua elemen dan warna yang akan digunakan pada merek Anda. Hal ini sesuai dengan peraturan undang-undang mengenai kehadiran merek yang ada pada pasal 7 ayat 1d, dan UU no.15 Th.2001 pasal 61 ayat 2b. Dengan ikut aturan ini maka akan memberikan kesan lebih lengkap terhadap merek Anda. Dengan tahu akan etiket dagang ini maka Anda akan lebih tahu apa saja persyaratan yang harus dilakukan.

Anda bisa melakukan cek hak paten merek secara online agar lebih mudah. Jika tidak, Anda bisa bertanya pada pihak yang memang menangani proses pendaftaran merek. Mereka adalah konsultan HKI yang terdaftar. Setelah pengecekan selesai dan nama merek yang akan Anda pakai aman maka sekarang bisa langsung mendaftar. Ada sejumlah biaya yang harus Anda keluarkan dan beberapa syarat yang wajib dimiliki. Beberapa syarat yang harus Anda lengkapi antara lain memberikan biodata berupa nama, alamat, dan kewarganegaraan Anda.

Lalu siapkan fotokopi KTP dan NPWP, surat pernyataan kepemilikan merek, daftar jasa atau produk Anda, dan beberapa contoh merek dagang yang sekiranya akan Anda gunakan. Oleh karena contohnya harus lengkap maka buat berbagai nama merek dagang tersebut sekaligus dengan logonya, buat dengan ukuran minimal 2 x 2 sedangkan maksimalnya 9 x 9 mm. Jika semuanya telah Anda lengkapi maka baru bisa ikuti prosedur pendaftaran merek. Langkah pertama dalam mendaftar adalah mengisi formulir pendaftaran.

Nantinya akan dikirim ke oleh pemohon kepada Ditjen HKI bisa juga yang mengirimkan adalah pihak yang akan membantu Anda dalam hal pendaftaran merek. Setelah itu ada formulir lainnya yang harus Anda isi seperti etiket merek, dan surat kuasa. Setelah itu masih banyak langkah lainnya yang akan Anda tahu setelah memulai prosesnya. Jika masih kurang maka Anda akan diberi jangka waktu untuk melengkapinya kemudian akan diperiksa. Demikianlah bagaimana cara cek hak paten merek dan apa manfaatnya. Semoga pembahasan ini bermanfaat dan membantu Anda yang sedang cari informasinya.

    Chat WA