Cek HAKI

Pentingnya Membuat Dan Cek HAKI Harus Diketahui Oleh Semua Orang. Pertama-tama, Untuk Anda Yang Masih Belum Tahu Definisi Dari HAKI. Jadi, HAKI merupakan hak istimewa yang diberikan oleh pemerintah kepada seseorang yang telah berhasil membuat karya cipta original dan bermanfaat untuk kepentingan orang banyak dan bisa digunakan untuk waktu yang panjang. Di era globalisasi seperti sekarang ini, perlindungan HAKI menjadi sangat penting, karena perlindungan HAKI dari negara tak hanya selesai pada ruang lingkung negara Indonesia saja, namun juga sangat erat kaitannya dengan perdagangan global di tingkat internasional.

Cek HAKI

Oleh karena itu, pembuatan dan mengecek HAKI penting sekali untuk dilakukan. Perlindungan HAKI menjadi berita atau kabar yang menarik dan menonjol dalam hubungan ekonomi internasional, karena disebabkan oleh beberapa faktor yaitu terciptanya pasar global, meningkatnya kualitas riset, dan pengembangan inovasi untuk memproduksi produk baru. Faktor tersebut juga dibarengi dengan kenyataan yang ada di negara kita bahwa beberapa ciptaan teknologi baru tidak secara tepat dimasukkan dalam salah satu bentuk perlindungan HAKI yang ada, sedangkan di sisi lain, banyak bentuk HAKI atau produk teknologi yang dihasilkan menjadi lebih mudah dibajak dan ditiru (akibat berkembangnya teknologi yang murah dalam bidang pembajakan).

jika Anda ingin mengetahui macam-macam HAKI sebelum membuat dan cek HAKI, silakan baca pada peraturan undang-undang berikut ini. 1. Undang-Undang RI No. 29 Tahun 2000 tentang Perlindungan Varietas Tanaman. 2. Undang-Undang RI No. 15 Tahun 2001 tentang Merek. 7. Undang-Undang RI No. 18 Tahun 2002 tentang Hak Cipta. 3. Undang-Undang RI No. 32 Tahun 2000 tentang Desain Tata Letak Sirkuit Terpadu. 4. Undang-Undang RI No. 31 Tahun 2000 tentang Desain Industri. 5. Undang-Undang RI No. 14 Tahun 2001 tentang Paten. 6. Undang-Undang RI No. 30 Tahun 2000 tentang Rahasia Dagang.

Beberapa poin pentingnya membuat dan cek HAKIadalah sebagai berikut.

1) Hak alamiah. Maksud dari hak alamiah ini adalah jika seseorang telah menuangkan keahlian, tenaga, pikiran, dan biaya untuk berkreatifitas membuat karya yang bermanfaat untuk kepentingan masyarakat luas, maka sudah sewajarnya orang tersebut untuk diberikan perlindungan atas ciptaannya tersebut. contohnya ada yang telah berhasil menciptakan lagu, buku, karya ilmiah, program komputer, dll.

Cek HAKI terdaftar

2) Perlindungan atas reputasi. Reputasi dari suatu badan usaha dibangun atas biaya yang sangat mahal dan butuh waktu lama, kita ambil contoh perusahaan minuman Coca Cola membutuhkan waktu ratusan tahun sehingga bisa terkenal seperti sekarang ini. Jika sudah ratusan tahun, berapa biaya yang sudah dikeluarkan? Jadi, wajar saja jika badan usaha tersebut mendapat perlindungan hukum agar merk nya tidak dipakai oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

3) Mendorong dan menghargai reputasi. Orang yang telah berhasil menciptakan sesuatu dengan susah payah, ditambah dengan pengeluaran biaya, waktu serta tenaga, sangat pantas untuk mendapat perlindungan. Sehingga pencipta, pengarang, penemu atau yang lainnya merasa dihargai eksistensi dan reputasinya.

4) Fair competition. Persaingan itu wajar dalam bidang bisnis. Dengan cek Haki serta diberikannya perlindungan HAKI oleh negara, maka masing-masing orang/ pihak akan memahami hak dan kewajibannya serta menyadari risiko apa yang akan dialami jika melakukan pelanggaran HAKI orang lain, sehingga bisa mendorong terjadinya persaingan yang wajar sesama pelaku bisnis.

5) Meningkatkan gairah mencipta, menemukan. Misalnya jika seseorang penulis buku mendapat jaminan HAKI atas lagunya (agar tak diperbanyak, disebar dan dikomersilkan oleh orang lain), maka penulis tersebut akan termotivasi dan bersemangat untuk menciptakan buku yang berikutnya.

Karya hasil ciptaan manusia merupakan suatu bentuk usaha yang dilakukan dengan sepenuh hati dan telah memakan tenaga (untuk mengerjakannya), pikiran (untuk memikirkannya), dan waktu yang sangat panjang (waktu dari memunculkan ide hingga tercipta suatu karya original), juga telah mengeluarkan biaya yang sangat besar. Pengakuan dan penghargaan dari negara atas semua usaha itu sudah sepatutnya untuk diberikan hak istimewa, sehingga dapat memanfaatkan HAKI secara penuh sesuai dengan hasil karya pemilik hak kekayaan intelektual,  serta pengorbanan yang telah dikeluarkan.

Setelah itu, negara memberikan kesempatan pemilik HAKI untuk dapat menikmati keuntungan ekonomis yang didapat dari penjualan/ penggunaan karyanya oleh orang lain. Hak ekonomi ( atau yang biasa disebut dengan economic rights) yang ada pada HAKI (namun khusus hanya untuk hak cipta dan hak moral yang mendapat mengandung hak ekonomi) dapat dieksploitasi oleh siapapun, sehingga perlu dilindungi oleh negara secara hukum yang memadai. Perlindungan tersebut berupa seperangkat aturan-aturan hukum yang sudah diatur oleh pemerintah, aturan hukum tersebut sangat efektif sehingga dapat menghindari kemungkinan pelanggaran oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab.

Beberapa macam hak kekayaan intelektual yang perlu dilindungi adalah hak milik industri yang terdiri atas penemuan dalam bisa teknologi berupa hak cipta, merek, desain industri, rahasia dagang, tata letak terpadu, dan varietas tanaman. Jika anda memiliki karya dengan salah satu jenis tersebut, ayo segera membuat dan cek HAKI.

Jadi, dalam era global dengan teknologi yang super canggih ini, HAKI sebagai suatu hak istimewa yang diberikan oleh negara perlu dilindungi, perlu dibuat, dan perlu pula dicek. Dengan maksud memberikan penghargaan kreativitas pelaku HAKI, merangsang orang lain untuk ikut menciptakan karya yang terbaik pula, dan yang paling penting adalah agar memiliki perlindungan hukum dari negara. Untuk Anda yang sekarang telah mempunyai karya, namun belum membuat dan cek HAKI, ayo segera dilakukan ya!

    Chat WA