Cek Merek HAKI

Cek Merek HAKI Adalah Salah Satu Hal Yang Harus Anda Lakukan, Jika Anda Ingin Membuat Sebuah Produk Tertentu Yang Ingin Dipublikasikan Pada Umum. Hal ini penting, mengingat Anda perlu mengetahui apakah ada nama produk yang sama dengan nama produk yang akan Anda ajukan atau tidak. Selain itu ada juga beberapa hal lainnya yang harus Anda ketahui, agar nama produk yang akan Anda buat serta merk produk yang akan dibuat kelak, dapat mudah atau lulus hak paten.

Berikut ini adalah beberapa hal yang harus Anda lakukan untuk cek merek HAKi tersebut :

cek merek HAKI

1. Mempelajari undang-undang hak Cipta
Hal pertama yang tentunya Anda pelajari adalah tentang undang-undang hak cipta. Hal ini penting, agar Anda mengetahui dengan baik, aturan-aturan apa saja yang harus diketahui dan bagaimana cara melakukannya. Di Indonesia sendiri peraturan tentang hak cipta tertuang apda 12 April 1982, yaitu apda UU no. 6 tahun 1982, tentang Hak Cipta. Sedangkan pada tahun 1988, berdasarkan Kepres atau keputusan presiden RI no 32, dibentuklah Direktorat Jenderal Hak Cipta. Dimana badan ini yang akan mengurus tentang hak cipta yang akan dibuat oleh masyarakat Indonesia.
2. Mengunjungi web KHI
Hal yang dapat Anda lakukan untuk cek merek HAKi adalah dengan mengunjungi web HKI atau Anda juga dapat mengunjungi web DGIP (Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual). Disini Anda dapat mencari indormasi tentang nama merk dagang atau nama produk tertentu. Caranya adalah dengan memasukkan nama merk dagang atau nama merek yang akan Anda gunakan, pada mesin pencari yang telah disediakan. Jika nama tersebut sudah ada, maka nama tersebut akan muncul di web tersebut, lengkap dengan nomor permohonan, nomor pendaftaran, tanggal penerimaan, dll.
3. Mengecek nama, gambar, frasa, dll
Hal lain yang juga sebaiknya Anda cek adalah nama merk produk tertentu, gambar merek tertentu, frasa tertentu, dll. Hal ini juga penting untuk Anda cek, dengan demikian Anda akan benar-benar yakin apakah nama produk yang akan dibuat, desain gambar, serta hal-hal lainnya memang benar-benar belum pernah ada yang membuatnya atau tidak ada kesamaan dengan produk yang pernah ada sebelumnya.
4. Kapan sebaiknya merk didaftarkan
Disini Anda juga dapat mengecek, kapan sebaiknya merk tersebut didaftarkan. Hal ini dapat Anda lakukan, setelah Anda mendapatkan keterangan yang lengkap dan jelas, apakah nama produk yang akan Anda buat tidak memiliki kesamaan nama atau hal lainnya dengan nama produk yang telah ada sebelumnya.

Cek Merek HAKI terdaftar

5. Pelajari kenapa merek bisa ditolak
Yang tidak banyak diketahi orang adalah, ada kalanya nama merek yang tengah diajukan ditolak. Hal seperti ini bisa saja terjadi, karena beberapa alasan, seperti :
– Memiliki kesamaan nama dengan nama produk sebelumnya. Memiliki produk yang sama, tentu tidak masalah, tapi nama produk harus berbeda.
– Memiliki kesamaan gambar dengan produk lainnya.
– Memiliki kesamaan frasa, kalimat atau hal lainnya dengan produk yang telah ada sebelumnya.
– Bertentangan dengan undang-undang, norma agama, kesusilaan, dll.
6. Menggunakan jasa hak paten
Apabila Anda merasa kesulitan untuk cek merek haki, dan hal-hal lainnya Anda juga dapat menggunakan jasa pengecekan hak paten. Penyedia jasa seperti ini kini sudah cukup banyak. Anda hanya perlu memberikan beberapa data yang diperlukan untuk mengecek nama merek yang akan dibuat, maka penyedia jasa ini akan mencarikannya untuk Anda.

    Chat WA