Cek Merek Yang Sudah Terdaftar

Cek Merek Yang Sudah Terdaftar Bersama Konsultan Hak Kekayaan Intelektual Kami, Menjadi Cepat dan Mudah. Konsultan KI Kami Sudah Dipercaya Banyak Customer. menjadi bagian penting yang wajib untuk anda lakukan sebelum memulai usaha atau bisnis. Pasalnya ketika memulai bisnis atau pun usaha, maka produk atau pun layanan jasa yang anda miliki wajib untuk memiliki merek, sehingga apa pun produk yang anda miliki dapat dikenal publik dengan lebih mudah. Namun penggunaan nama merek itu sendiri memiliki kriteria tertentu yang wajib untuk berbeda dengan nama merek dari produk serta jasa lainnya. Pasalnya jika produk yang anda miliki menggunakan nama yang sama dengan produk lainnya, maka bukan tidak mungkin hal ini akan menimbulkan beragam bentuk permasalahan di waktu kemudian. Itulah sebabnya cek merek yang sudah terdaftar menjadi bagian penting yang wajib untuk anda lakukan dan setelah melakukan pengecekan tersebut maka anda pun dapat memulai proses pendaftaran untuk merek produk atau pun layanan jasa dari bisnis yang anda miliki.

Untuk proses pendaftaran merek itu sendiri dapat anda lakukan dengan mengikuti beberapa langkah berikut ini : Langkah pertama dikenal dengan penelusuran merek, seperti yang telah disebutkan pada bagian di atas tadi terkait proses pendaftaran dari nama merek yang anda miliki. Dengan sistem penelusuran ini, tentunya anda pun dapat mengetahui dengan lebih pasti apakah nama merek yang hendak anda gunakan itu telah digunakan atau sebaliknya? Jika telah digunakan maka merek tersebut pun dapat anda hindari. Sehingga anda tidak menggunakan jenis nama yang mungkin mengakibatkan munculnya penolakan dari pihak HKI. Proses penelusuran atau pengecekan termudah yang bisa anda lakukan itu dapat diakses melalui sistem mesin pencarian online seperti halnya menggunakan google dan alat pencari lainnya.

Cek merek yang sudah terdaftar selain dapat dilakukan melalui sistem online

Juga dapat anda lakukan dengan bertanya secara langsung pada pihak yang berkaitan dengan penanganan dari proses pendaftaran merek tersebut seperti konsultan HKI Terdaftar kami. Langkah kedua dapat anda lakukan dengan memenuhi setiap persyaratan pengajuan dari proses permohonan pendaftaran, untuk beberapa syarat yang wajib diajukan dalam proses pendaftaran itu sendiri diantaranya terdiri dari biodata pihak pemohon, dalam hal ini dapat dilakukan perseorangan (individu) atau bahkan dapat mengatas namakan milik perusahaan. Biodata tersebut terdiri dari nama, alamat, serta kewargaan yang dimilikinya. Setelah itu siapkan pula 30 contoh dari nama merek yang hendak digunakan dengan ukuran minimal 2 x 2 cm serta maksimal 9 x 9 cm. Setelah itu siapkan pula daftar dari produk barang atau pun jasa, kemudian surat pernyataan kepemilikan yang didapatkan dari pihak pemohon, setelah itu surat kuasa (apabila diperlukan karena proses perwakilan), fotocopy KTP yang dimiliki pihak pemohon, serta fotocopy dari NPWP secara khusus milik pihak pemohon perusahaan. Jika beberapa persyaratan tersebut telah anda lakukan, maka hal selanjutnya yang anda lakukan adalah mengikuti prosedur dari proses pendaftaran merek, seperti halnya mengisi formulir pendaftaran. Untuk formulir tersebut umumnya dibagi menjadi dua bagian yaitu pengajuan yang dilakukan oleh pihak pemohon secara langsung atau pendaftaran yang dilakukan oleh pihak verifikasi melalui sistem Ditjen HKI.

Dalam hal ini, pihak pemohon juga diwajibkan untuk mengisi formulir lainnya yang dijadikan sebagai persyaratan khusus seperti halnya untuk UMKM, etiket dari merek, serta surat kuasa khusus lainnya yang juga dapat mempermudah anda nantinya dalam melakukan proses cek merek yang sudah terdaftar.
Selain beberapa langkah pendaftaran serta tips cek merek yang sudah terdaftar di bagian atas tadi, langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah memeriksa formalitas serta melakukan pemeriksaan substantif. Untuk pemeriksaan formalitas pertama umumnya dilakukan dengan melihat kelengkapan persyaratan dari registasi merek, dan jika terdapat kekurangan maka pihak Ditjen HKI akan memberikan waktu 2 bulan untuk melengkapinya. Sedangkan untuk pemeriksaan substantif umumnya waktu yang diberikan berjarak sekitar 1 bulan, dimulai dari tanggal penerimaan permohonan registrasi hingga diterima pada pihak HKI. Untuk langkah selanjutnya adalah tahap pengajuan keberatan, dalam pengajuan keberatan umumnya hal ini dilakukan setelah ia disetujui, dan setelah 10 hari maka pengumuman dari permohonan pun akan dilakukan melalui berita resmi yang dimilikinya. Langkah terakhir untuk melakukan proses pendaftaran sebelum cek merek yang sudah terdaftar adalah melakukan pemeriksaan kembali. Jika pihak pemohon pendaftaran merek telah mengajukan keberatan, maka Ditjek HKI pun akan menjadikan keberatan tersebut sebagai bahan pertimbangan untuk melakukan pemeriksaan kembali utamanya pada tahap permohonan.

    Chat WA