Cek Paten Logo Merek

Cek Paten Logo Merek Merupakan Proses Yang Di Perlukan Oleh Pihak Pendaftar HKI Demi Mengetahui Apakah Brand Yang Didaftarkan Memang Sudah Terdaftar Atau justru sebaliknya. Sebenarnya, cara untuk mengecek apakah logo dan merek yang Anda daftarkan sudah ada di dalam daftar atau belum. Perlu Anda ketahui, pengecekan seperti ini sebenarnya dilakukan dengan tujuan demi mengurangi kerugian yang bisa ditimbulkan jika pendaftaran merek dagang Anda ditolak.

Cek Paten Logo Merek

Tak hanya itu, adanya pengecekan seperti ini juga akan bisa membantu Anda untuk menghindari adanya kemungkinan muncul tuntutan hukum, baik dalam bentuk hukum pidana maupun perdata di masa yang akan datang. Jika Anda melakukan pengecekan logo dan merek dagang, maka Anda juga akan diberikan gambaran mengenai keberadaan merek dan juga logo dagang yang sudah terdaftar sebelumnya atau pun merek dan juga logo dagang yang sedang dalam masa proses pendaftaran oleh pihak Ditjen yang mempunyai sisi persamaan, baik pada bagian kecil atau pun secara keseluruhan, dengan memakai merek dan logo dagang yang nantinya akan Anda daftarkan juga.

Informasi yang berhubungan dengan merek dan logo dagang tersebut sangat, penting sebab hal yang satu ini sangat erat kaitannya dengan diterima atau ditolaknya logo dan merek dagang yang nantinya akan Anda ajukan. Hal seperti ini sesuai dengan UU No. 15 tahun 2001 mengenai Merek, dalam pasal 6 ayat (1) poin a dan b. Karena itu, cek paten logo merek bisa Anda lakukan sebelum melakukan pendaftaran.

Anda sebaiknya mengetahui bagaimana cara pengecekan paten logo merek. Selain itu, cara untuk mengestimasi apakah pendaftaran logo dan merek dagang yang Anda ajukan nantinya akan ditolak atau tidak juga penting. Tak ada salahnya jika Anda memastikan bahwa tak ada persamaan logo yang akan Anda gunakan dengan logo dari brand dagang lain yang sebelumnya sudah terdaftar atau yang sedang berada di dalam proses pendaftaran. Adanya persamaan yang dimaksud seperti ada sisi kemiripan yang akan menimbulkan kesan sama antar produk serupa dengan kompetitor.

Kemiripan itu sendiri bisa meliputi kemiripan yang ada di bagian bentuk, susunan warna, pemilihan penempatan, penulisan unsur, hingga vokal pengucapannya. Jika ada salah satu unsur yang mempunyai kesamaan, maka kemungkinan besar proses pengajuan pendaftaran merek dagang yang Anda lakukan pun akan ditolak. Sebaliknya, jika hasil pengecekan dan juga penelusuran yang Anda lakukan menunjukkan hasil cukup bagus, maka Anda pun tak perlu merasa ragu untuk mendaftarkan logo dari merek dagang yang dimiliki.

Jangan lupa, selalu pastikan risiko penolakan logo merek dagang yang nantinya akan Anda daftarkan dengan kompetitor terdahulu tak terlalu membuat Anda merasa khawatir. Jika sudah, Anda bisa segera mempersiapkan semuanya untuk mendaftar, agar tak memunculkan kompetitor lain yang bisa memperbesar risiko penolakan pendaftaran logo merek dagang Anda.

Pentingnya Cek Paten Logo Merek

Mungkin sebagian dari Anda ada yang masih bingung atau belum mengetahui bagaimana cara untuk mengecek logo dari merek yang sudah terdaftar sebelumnya. Cara ini sangat mudah untuk Anda lakukan. Anda bisa langsung mengecek apakah logo dari merek dagang yang akan Anda ajukan memiliki kemiripan atau kesamaan dengan yang sudah terdaftar atau dalam proses.

Cek Paten Logo Merek mudah

Cara mudahnya adalah dengan cara mengakses Fasilitas On-Line Data Merek Indonesia. Fasilitas dengan nama On-Line Data Merek Indonesia adalah fasilitas yang menggunakan media online dan dibuat oleh pihak Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual (Ditjen HKI) dari Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Cara penggunaannya cukup mudah. Anda bisa terbantu untuk menelusuri logo merek dagang yang sebelumnya sudah terdaftar atau sedang dalam proses di Ditjen HKI.

Untuk menggunakannya, Anda hanya harus mengunjungi website Kementrian Hukum dan Hak Asasi. Bila Anda masih merasa kesulitan, langsung saja hubungi ke email yang sudah ada di web tersebut demi mendapatkan informasi yang lebih jelas lagi. Jika Anda tak bisa menggunakan internet untuk menemukan logo merek dagang yang sudah terdaftar sebelumnya atau dalam proses, Anda pun bisa memakai cara komunikasi yang lain.

Proses yang harus Anda lakukan untuk langsung mengecek paten logo merek seperti di atas merupakan salah satu bentuk bahwa pihak Ditjen memberikan kemudahan bagi siapa pun yang ingin mengakses informasi dengan cara yang lebih mudah dan juga cepat. anda tak perlu merasa kesulitan menemukan seperti apa logo dari merek tertentu yang sudah terdaftar sebelumnya atau sedang dalam proses. Ini akan sangat membantu Anda untuk menghindari dan meminimalisir terjadinya penolakan pengajuan HAKI karena faktor terkait logo dan juga branding suatu produk. Cara semudah ini bisa langsung Anda praktikkan jika memang berniat melakukan pendaftaran dalam waktu dekat, sehingga nantinya Anda tak perlu merasa khawatir dan harus mengganti logo atau merek yang akan diajukan.

Setelah mengetahui ulasan di atas, ada baiknya cek paten logo merek dilakukan sesegera mungkin. Menentukan seperti apa logo merek yang akan dipakai pun bisa segera dilakukan setelah mengetahui seperti apa logo yang sudah dipakai. Dengan demikian, kecil kemungkinan bagi Anda untuk memiliki atau memilih unsur yang sama, baik dari segi pemilihan warna, peletakan, pemilihan variasi atau kombinasi, sampai pelafalan untuk logo dan juga brand yang nantinya akan digunakan.

Anda tak perlu kerja dua kali hanya untuk hal ini, karena belum mengecek seperti apa logo dan merek yang sudah digunakan sebelumnya dan bisa membuat Anda memiliki kemampuan ditolak untuk mengajukan permohonan yang satu ini.

    Chat WA