Ciri-ciri Merek

Ciri-ciri Merek, Setiap Orang Dianugerahi Suatu Akal Pikiran Dimana Akal Pikiran Ini Bisa Digunakan Untuk Menciptakan Sebuah Produk Atau Karya Tertentu. Untuk selanjutnya produk atau karya yang diciptakan nantinya akan dilindungi sebagai bentuk apresiasi dari negara. Untuk menjaga agar suatu karya dari seseorang tidak dicuri atau diambil oleh orang lainsalah satu caranya yaitu dengan memberikan merek atau label. Dalam menciptakan sebuah produk tentu saja tidak bisa langsung melabelkan merek. Mengapa demikian? Hal ini karena ada prosedur yang harus diikuti melalui beberapa tahap.

Ciri-ciri Merek

Anda juga perlu mengetahui ciri-ciri brand atau merek dengan jelas untuk mencegah kesimpang-siuran dari merek yang telah diciptakan. Sepenting apa sih merek untuk produk yang telah diciptakan oleh seseorang? Tentu saja hal tersebut sangat penting karena merek ini nanti yang akan membawa nama dari penciptanya. Ibaratnya seperti ini, jika Anda berhasil menciptakan sebuah produk lalu produk tersebut Anda jual dan pasarkan ke sejumlah daerah dan rata-rata orang menyukai produk Anda lalu bertanya “produk ini mereknya apa?”. Jika Anda belum memberikan nama para merektentu orang-orang akan sangat kesulitan untuk mengenali.

Yang menjadi permasalahan utama bukan itu melainkan jika nantinya produk yang telah Anda ciptakan dengan sangat susah payah ini diklaim oleh orang lain. Bagaimana perasaan Anda?Pastinya sangat sakit bukan? Untuk melindungi produk yang telah diciptakan inilah yang pada akhirnya Indonesia menciptakan sebuah lembaga yang bernama Dirjen Haki untuk nanti tugasnya adalah memberikan perlindungan bagi produk yang telah diciptakan dengan cara nanti melindungi mereknya. Maka dari itu menciptakan merek itu sangat penting dan suatu produk bisa dikatakan bermerek jika sudah masuk kriteria cirri-ciri merek yang sudah ditentukan.

Ciri-ciri Merek terkenal

Seperti Apa Ciri-Ciri Merek Itu?

Sudah dikatakan sebelumnya bahwa yang namanya merek tidak bisa langsung dibuat dan memang harus melalui prosedur terlebih dahulu. Jika nanti merek tersebut sudah jadi langkah selanjutnya adalah mendaftarkan merek untuk mendapatkan perlindungan di bawah payung hukum. Merek sendiri didefinisikan sebagainama atau simbol yang diasosiakan atau dilekatkan pada suatu barang, produk atau jasa yang dapat menimbulkan kesan psikologis atau asosiasi. Sedangkan untuk ciriciri merek yang pertama adalah sudah terkenal dan memang dikenal oleh masyarakat banyak dan juga sudah tidak asing terdengar asing di telinga masyarakat.

Orang merasa tidak asing bila mendengar nama merek tersebut. Biasa merek yang sudah terkenal ditandai oleh banyaknya produk yang beredar di masyarakat dan mudahnya orang untuk mengenal merek tersebut. Ciri-ciri dari merek yang kedua yaitu sudah memiliki hak paten yang didapatkan dari mendaftarkan diri ke Dirjen Haki. Legalitas yang didapatkan tersebut menegaskan bahwa merek menjadi milik Anda dan tidak bisa diklaim oleh pihak lain. Setelah mengetahui ciri yang melekat pada pada merek, tentu harus ketahui pula mengenai fungsi dari sebuah merek, berikut beberapa di antaranya:

  1. Tanda pengenal untuk membedakan mana produk yang memang dihasilkan oleh perseorangan atau dihasilkan oleh perusahaan besar
  2. Digunakan juga untuk alat promosi yang mampu menunjang penjualan
  3. Digunakan untuk menjamin suatu produk atau barang tersebut berkualitas atau tidak
  4. Bisa digunakan sebagai alat untuk menunjukkan darimana sih barang atau produk itu berasal

Anda sudah mengetahui mengenai ciri-ciri dari merek. Tentu Anda juga harus memahami apa itu hak paten agar bisa mengurus merek yang Anda ciptakan dan mengamankannya dari tangan jahil orang lain yang ingin mencurinya.

Dalam cirri-ciri merek salah satunya disebutkan bahwa merek harus memiliki hak paten. Hak patenyang harus dimiliki oleh setiap merek yang sudah terdaftar definisi jelasnya adalah suatu hak ekslusif yang mana nanti diberikan oleh negara atau investor atas barang yang dihasilkan oleh perseorangan atau kelompok. Indonesia merupakan negara yang memiliki fokus besar terhadapt persoalan hak paten ditandai dengan sangat menghargai karya anak negeri.

Dimana setiap karya yang diciptakan harus dilindungi hak ciptanya asalkan sudah memenuhi kriteria sebagai cirri-ciri merek yang telah diatur dalam undang-undang. Pemerintah dalam Undang-Undang Nomor 15 tahun 2001 menyebutkan bahwa lembaga yang berwenang mengatur masalah hak cipta atau paten adalah Dirjen Haki atau kepanjangan dari Hak Kekayaan Intelektual. Mungkin banyak yang belum mengetahui apa itu haki yang sebenarnya.

Haki adalah hak kekayaan intelektual yang berupa hak ekslusif yang diberikan suatu peraturan pada seseorang atau kelompok atas hak cipta karya yang dibuatnya. Dirjen haki ini sendiri sudah ada kantornya yang berada di Jl. H. R. Rasuna Said Kav. 8-9 RT. 16/RW.4, Karet Kuningan, Jakarta Selatan. Jadi memang di Indonesia ini tidak tanggung-tanggung dalam menghargai setiap karya yang dihasilkan oleh anak bangsa. Jadi diharapkan nantinya anak bangsa dapat berkreasi dengan bebas dan bisa menyumbangkan sesuatu untuk negaranya.

    Chat WA