Contoh Hak Paten

Contoh Hak Paten – Jika Membahas Masalah Contoh Hak Paten, Sebenarnya Ada Banyak, Anda Akan Menemukan Banyak Sekali Hak Paten Yang Ada Di Sekeliling Anda. Sadar atau tidak hak paten ini penting sekali, terutama untuk penemu produk atau sesuatu tersebut, dengan demikian hasil karya cipta yang dibuatkan tidak mudah dibajak atau digunakan oleh orang lain tanpa izin.
Berdasarkan undang-udang
Di Indonesia sendiri ada undang-undang khusus untuk hak paten, yang itu berdasarkan UU no 14 tahun 2001. Dimana hak paten ini adalah hak eksekutif, yang diberikan negara, pada seseorang yang menemukan sesuatu atau seorang investor atas temuannya tersebut.
Dengan adanya undang-undang tersebut, maka jelas sudah, ketika seseorang menemukan apapun yang dianggap layak, dan menjadi temuannya secara pribadi, dan belum pernah ada yang membuatnya dimanapun juga, maka orang tersebut berhak untuk mempatenkan temuannya tersebut.
Syarat mendapatkan hak paten

contoh hak paten

Untuk mendapatkan hak paten tersebut, ada beberapa syarat yang harus diselesaikan, antara lain :

– Penemukan yang akan dipatenkan tersebut adalah penemuan yang baru, dan belum pernah ditemukan dimanapun.
– Penemukan yang akan dipatenkan tersebut adalah sebuah penemuan yang terbilang unik, dan belum pernah ada sebelumnya.
Apabila Anda mempunyai produk yang lolos persyaratan yang telah disebutkan di atas, tentunya Anda dapat mendaftarkan temuah tersebut pada badan yang tepat.
Jenis hak paten
Hak paten ini sendiri juga memiliki beberapa jenis. Jenis ini sendiri merujuk pada undang-undang no 14 pada tahun 2001, antara lain :
– Paten biasa
Yang dimaksud dengan paten biasa adalah, sebuah produk atau sesuatu yang dilakukan melalui penelitian dan juga pengembangan secara mendalam dengan lebih dari 1 kali klaim.
– Paten sederhana
Yang dimaksud dengan paten sederhana adalah, sebuah produk atau sesuatu yang dilakukan tidak melalui penelitian dan juga pengembangan secara mendalam dan hanya dilakukan 1 kali klaim.
Contoh hak paten
Seperti yang telah disebutkan di atas, ada banyak sekali contoh hak paten yang ada di sekitar Anda. Berikut ini adalah aneka contoh hak paten tersebut ;
– Hak paten di bidang industri
Untuk contoh hak paten dalam bidang industri adalah hak paten sistem mesin pembakaran 4 langkah pada motor, pertama kali yang mematenkan teknik ini di Indonesia adalah Honda Giken Kogyo Kabushiki Kaisa. Dengan demikian apabila ada perusahaan lain yang ingin mengajukan lisensi ini, tidak akan diterima, salah satunya adalah Bajaj Auto Limited.
Contoh lainnya datang dari produsen mobil yang bernama Paice, yang mengklaim sudah memiliki paten terhadap mesin mobil dengan teknik hibrida. Kini perusahaan ini tengah mengajukan gugatan pada 2 perusahaan mobil asal Korea yang bernama Hyundai dan Kia Optima yang menggunakan teknologi tersebut.
– Hak paten di bidang perangkat lunak
Contoh hak paten berikutnya adalah pada perangkat lunak. Beberapa waktu yang lalu pihak Yahoo memberikan gugatan pada pihak Facebook, dimana sebelumnya pihak Yahoo, telah mematenkan sistem peletakan iklan dengan akses tertentu, dan hal ini kemudian digunakan oleh pihak Facebook.

Contoh Hak Paten software

– Hak paten di bidang obat-obatan
Beberapa waktu yang lalu Amerika Serikat tengah mematenkan penemuannya atas obat diabet dari tanaman terong dan juga pare, namun ternyata penggunaan obat dari tanaman ini sudah digunakan oleh masyarakan India sejak ribuan tahun yang lalu.
Demikianlah ulasan tentang jenis dan contoh hak paten, semoga berguna untuk Anda semua.

Chat WA