Data Merek Terdaftar

Data Merek Terdaftar Bisa Dicek Melalui Konsultan HKI Terdaftar Kami. Pendaftaran Merek Sangat Penting Dilakukan Untuk Melindungi Merek Yang Dipasarkan. Data merek terdaftar adalah data yang membuktikan bahwa merek produk yang anda miliki telah terdaftar secara resmi, dalam hal yang satu ini berarti terdaftar di Ditjen HKI (Hak Kekayaan Intelektual). Seperti yang anda ketahui, mendaftarkan data merek agar terdaftar di Ditjen HKI itu sendiri bukanlah hal mudah, pasalnya banyak sekali tahapan atau pun syarat yang wajib untuk anda penuhi terlebih dahulu, sehingga data merek tersebut pun dapat di daftarkan dengan lebih tepat. Banyak diantaranya orang yang merasa bingung ketika hendak mengajukan merek yang dimilikinya, hal ini berkaitan dengan tidak boleh adanya unsur persamaan baik itu secara keseluruhan atau bahkan pada pokoknya dengan merek dari jenis produk lainnya.

Namun apa yang dimaksud dengan hal tersebut? Untuk mengetahuinya, akan lebih baik apabila anda simak penjelasan dari unsur persamaan tersebut pada proses pendaftaran dari data merek terdaftar di bagian bawah ini :

1. Data merek terdaftar dapat anda lakukan dengan merujuk pada pengaturan hukum yang terdapat di dalam pasal 6 tepatnya ayat 1 dengan huruf a, serta b dari undang-undang nomor 15 di tahun 2001 lalu, khususnya mengenai proses permohonan untuk pendaftaran merek yang harus ditolak oleh pihak Direktorat Jenderal itu umumnya akan dilakukan jika merek tersebut termasuk dalam beberapa bagian point berikut ini :
a. Memiliki bentuk persamaan pada bagian pokok atau pun secara keseluruhan dengan merek yang dimiliki oleh perusahaan atau pihak lain dan telah terdaftar di waktu lebih dulu dibandingkan dengan merek yang anda coba daftarkan saat ini, entah itu merek dalam bentuk barang atau bahkan layanan jasa dan jenis merek lainnya.
b. Memiliki bentuk persamaan untuk bagian pokok atau pun keseluruhan pada merek lain yang telah terkenal dan juga dikenal milik perusahaan atau pun pihak lainnya. entah itu dalam bentuk barang, jasa serta jenis merek lainnya.

Bentuk persamaan pokok dikenal sebagai kemiripan yang timbul sebagai akibat dari adanya unsur atau bahkan hal lainnya yang dapat menimbulkan kesan sama, entah itu dilihat dari segi bentuk, kemudian cara penempatan, cara penulisan diantara unsur yang satu dengan lainnya, susunan warna, serta persamaan dari segi ucapan bunyi yang dihasilkan. Jika data merek terdaftar yang anda miliki termasuk dalam salah satu diantaranya, maka kemungkinan besar atau bahkan dapat dipastikan bahwa merek yang coba anda daftarkan pun akan mengalami proses penolakan. Merujuk pada hal tersebut maka akan lebih baik apabila sebelum anda mendaftarkan merek yang anda miliki itu sendiri sebaiknya anda lakukan penelusuran merek terlebih dahulu. Dengan demikian anda pun dapat mengetahui apakah nama merek yang hendak anda gunakan itu telah terdaftar sebagai merek yang dimiliki dan telah didaftarkan oleh pihak lain atau justru belum. Selain itu pengecekan juga dapat mengurangi kemungkinan untuk mengurangi timbulnya kerugian akibat munculnya penolakan yang terjadi pada aktivitas permohonan dari pendaftaran merek yang anda miliki. Selain itu, hal ini juga dapat memudahkan anda untuk menghindari tuntutan hukum yang dilakukan oleh pemilik merek lainnya, baik itu secara perdata atau bahkan pidana yang dilakukan di kemudian hari.

2. Proses selanjutnya untuk menjadikan data merek terdaftar dari produk atau pun jasa yang anda miliki itu sendiri umumnya dilakukan dengan proses pendaftaran oleh pihak pemilik atau anda itu sendiri. Namun jika anda ingin mewakilkannya, maka hal ini pun wajib untuk memperhatikan beberapa hal penting lainnya. meskipun merek yang didaftarkan itu menggunakan nama anda, namun karena proses pendaftaran dilakukan secara perwakilan oleh pihak lainnya. pada dasarnya hal ini dapat dilakukan, namun tentu saja proses pendaftaran merek tersebut umumnya dilakukan dengan menggunakan bantuan hukum, seperti halnya menggunakan layanan jasa konsultan dari HKI atau Hak Kekayaan Intelektual. Hal ini juga sesuai dengan peraturan yang terdapat dalam pasal 7 dari ayat 2 serta pasal 7 pada ayat 8 dari undang-undang merek sehingga permohonan dari proses pendaftaran merek itu pun dapat dilakukan dengan proses pengajuan yang dilakukan melalui sistem yang telah dikuasakan dari pihak pemohon pertama pada pihak yang diberi kuasa untuk melakukan permohonan pendaftaran, dan menjadikan data merek terdaftar bagi produk atau jasa yang anda miliki.

Data merek terdaftar ialah suatu data yang memang sudah secara resmi dipatenkan

Sehingga dapat dikatakan suatu merek yang sudah terdaftar dan terikat secara legalitas hukum. Selain itu adalah dengan adanya persiapan akan hal tersebut untuk dilakukannya suatu pendaftaran akan menjadikan produk yang sudah mempunyai merek tersebut dapat semakin jelas dan kuat dalam ranah hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku khususnya dalam bidang hak paten suatu merek. Tidak hanya hal tersebut, di sini suatu merek kian semakin penting dalam perkembangan bisnis dan usaha yang kian merajalela setiap harinya. Selain itu adalah banyaknya persaingan di antara bisnis-bisnis yang sejenis pun menjadikan suatu merek tersebut semakin kuat dalam bidang industri bisnis yang kian marak saja. Nah, oleh karena itu, untuk menghindari berbagai tuntutan dalam penggunaan merek yang akan Anda patenkan tersebut, sungguhlah penting untuk mengetahui bagaimana langkah atau pun beberapa persiapan baik yakni data merek terdaftar dalam memutuskan untuk melakukan pendaftaran merek. Apa sajakah hal tersebut? Mari simak pembahasannya di bawah ini.

Adanya Prosedur dalam Melakukan Pendaftaran Merek
Di sini mempunyai tujuan bahwa dalam melakukan suatu langkah daam mengajukan permohonan pendaftaran merek, akan dibagi dalam dua bagian yakni pengajuang merek yang dapat dilakukan oleh pemohon secara langsung dan harus dilalui dengan langkah yakni verifikasi yang dilakukan oleh Ditjen HKI. Hal yang lainnya pemohon harus mengisi dengan jelas formulir pendaftaran khusus untuk merek yang diikuti dengan berbagai persyaratan seperti adanya surat kuasa, adanya bukti pembayaran dari pendaftaran merek, kemudian adalah biasanya diikuti dengan surat keterangan dalan usaha kecil mikro menengah. Pun setelah hal tersebut dilakukan, pihak dari Ditjen HKI kemudian akan melakukan pemeriksaan kembali dan hingga kemudian hadirlah sertifikat yang dinamakan sertifikat merek. Sudahkah Anda paham dengan hal tersebut? Semoga semakin menjadikan Anda persiapan dalam melakukan suatu pendaftaran dari merek.

Syarat Syarat Dalam Mengajukan Suatu Permohonan
Nah, dalam mengajukan suatu permohonan dalam melakukan pendaftaran merek tersebut, tentunya ada beberapa hal seputar persyaratan yang harus Anda penuhi. Apa saja persyaratan yang dapat Anda lakukan ini? Pertama adalah seorang pemohon baik yang berupa suatu perorangan atau pun perusahaan yang kemudian akan digunakan untuk isi biodata atau formulir baik yaitu nama lengkap, alamat, dan bahkan kewarganegaraan. Hal lain adalah siapkanlah yaitu beberapa daftar baik merek dari produk atau pun jasa. Tambahnya adalah adanya surat kuasa, fotokopi KTP dari pemohon, surat pernyataan dari pemohon, dan yang terakhir adalah fotokopi NPWP yang biasanya digunakan untuk perusahaan. Memang, di sini sungguh banyak sekali persyaratan yang harus Anda persiapkan. Tetapi bukankah ini menjadikan langkah yang tepat dan pas dalam menjadikan merek Anda adalah merek terdaftar dan sudah diakui secara hukum berdasarkan data merek terdaftar. Oleh karena itu, penting sekali dalam mempersiapkan persyaratan tersebut secara lengkap demi keberhasilan untuk pendaftaran merek Anda baik yang berupa jasa atau pun produk.
Ulasan di atas mengenai persiapan yang harus Anda lakukan sungguh penting sekali untuk menunjang bagaimana melakukan pendaftaran dalam merek. Ya, memang prosedur yang panjang dan persyaratan yang banyak tentunya harus Anda lalui demi keberhasilan untuk menjadikan merek dari produk Anda semakin meroket dan kuat dalam pemasarannya. Semoga bermanfaat dalam melakukan proses pendaftaran merek!

    Chat WA