Dirjen Haki Cek Merek

Berbicara Mengenai Dirjen Haki Cek Merek, Tentu Tidak Terlepas Peranannya Sebagai Lembaga Yang Membantu Melindungi Produk Yang Kita Miliki. Dirjen Haki sendiri selain melayani pendaftaran merek dagang, juga dapat membantu Anda mencari acuan merek dagang atau jasa dengan memberikan sarana untuk mengecek merek yang sudah terdaftar sebelumnya. Dalam pelayananya, Dirjen Haki tidak hanya memberikan pelayanan mengenai kekayaan intelektual, tetapi juga memberikan pelindungan secara hukum sesuai dengan undang-undang yang berlaku. Proses sistem, biaya pendaftaran merek di Haki sendiri tidaklah rumit.

Dirjen Haki cek merek

Meskipun dalam praktiknya, prosedur dan waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan rangkaian tahapan pendaftaran tidaklah sesederhana yang dibayangkan. Perlu adanya riset, kelengkapan persyaratan, dan tentunya berbagai pengalaman yang berguna dalam pengurusan pendaftaran tersebut. Tidak hanya itu, proses pendaftaran pun harus dilakukan sesuai dengan prosedur yang ada. Dimulai dari pengajuan permohonan pendaftaran dengan melengkapi persyaratan yang diajukan oleh Ditjen HKI serta proses pemeriksaan yang tidak sebentar.

Tidak dapat dipungkiri jika tidak semua permohonan pendaftaran merek bisa diterima langsung oleh pihak Ditjen HKI. Mengingat, ada banyak persyaratan dan prosedur yang harus dilakukan. Namun, jika Anda sudah paham akan tahapan-tahapan yang harus dilakukan, setiap tahapannya akan terasa mudah. Meskipun hal tersebut tidak terlepas dari kelengkapan surat menyurat, data-data pemohon, dan juga merek dagang atau jasa yang diajukan.

Dirjen Haki cek merek berfungsi sebagai langkah pertama

dalam permohonan daftar merek dagang. Cek merek sendiri dimaksudkan agar merek yang akan didaftarkan nantinya tidak akan bermasalah ketika dilakukan pemeriksaan, baik itu formalitas maupun substansif oleh pihak Ditjen HKI. Hal ini berkaitan dengan undang-undang yang mengatur tentang merek barang dan jasa yang diterapkan oleh pemerintah, bahwa persamaan sedikit dan atau keseluruhan dari merek yang terdaftar tidak akan diterima. Hal ini sudah ditegaskan dalam UU No. 15 Tahun 2001, Pasal 6 ayat 1 a dan b tentang merek.

Proses sistem, biaya pendaftaran merek di Haki

Dengan begitu, dengan pengecekan sebelum melakukan pendaftaran dapat membantu untuk menghindari kerugian, baik materi maupun waktu. Mengecek terlebih dahulu merek yang telah terdaftar atau masih dalam proses pendaftaran juga bisa menjadi bahan pertimbangan, apakah merek yang Anda ajukan akan diterima ataukah tidak. Anda juga bisa menggunakan jasa konsultan hak kekayaan intelektual. Konsultan HKI ini membantu dalam proses pendaftaran merek dagang dan jasa yang didalamnya juga sudah dilengkapi dengan pengecekan merek dagang atau pun jasa sebelumnya. Lalu, bagaimana dengan harga jasa pendaftaran merek dagang online? Harga pendaftaran merek secara online memiliki aturan sendiri.

Untuk bisa mengetahui informasi seputar Dirjen Haki pendaftaran merek, Anda bisa langsung menghubungi konsultan hak kekayaan intelektual kami. Disana, Anda tidak hanya bisa melakukan konsultasi mengenai pendaftaran merek. Tetapi juga membantu dalam hal perlindungan terhadap merek yang Anda ajukan. Anda bisa browsing secara menyeluruh tentang bagaimana proses pendaftaran kekayaan intelektual hingga proses apa saja yang harus dilakukan untuk mendaftarkan merek yang Anda ajukan. Mengingat, beberapa contoh kasus yang berkembang pengurusan pendaftaran merek selalu mandeg dan cukup sulit diterima oleh Ditjen HKI. Selain menyita tenaga, biaya, dan waktu, pendaftaran merek juga tidak selamanya berjalan lancar.

harga jasa pendaftaran merek dagang online

Namun, jika Anda menggunakan jasa konsultan hak kekayaan intelektual dari Dirjen HKI, proses pendaftaran ini dapat diterima. Dikarenakan Dirjen Haki cek merek sudah masuk ke dalam prosedur awal dalam pendaftaran. Prosedur pendaftaran yang ada di Haki meliputi pengecekan merek, baik itu yang sudah terdaftar atau yang masih dalam proses pendaftaran. Hal ini dilakukan untuk menghindari persamaan merek yang didaftarkan. Kemudian, mengajukan permohonan melalui pendaftaran permohonan.

Biasanya pengajuan permohonan ini berupa form pengisian data-data. Langkah selanjutnya adaah pendaftaran merek yang diajukan kepada pihak Ditjen HKI sebagai instansi yang berwenang. Kemudian, dari pihak Ditjen HKI akan melakukan pemeriksaan formalitas dan pemeriksaan substantive yang biasanya memakan waktu yang cukup lama. Jika tidak ada masalah terkait permohonan tersebut maka Ditjen HKI akan mengeluarkan sertifikasi merek yang Anda daftarkan.  Demikian pembahasan mengenai Dirjen Haki cek merek yang dapat disampaikan, semoga bermanfaat!

    Chat WA