Ditjen Hak Kekayaan Intelektual

Ditjen Hak Kekayaan Intelektual Atau Yang Biasa Disingkat Menjadi DJKI Merupakan Lembaga Yang Berada Dibawah Naungan Kementrian Hukum Dan Hak Asasi Manusia Indonesia. Tugas dari Ditjen HKI sendiri adalah merumuskan dan melaksanakan kebijakan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Dalam pelaksanaannya, Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual ini berfungsi sebagai perumus kebijakan di bidang kekayaan intelektual. Selain itu, Ditjen HKI juga berperan dalam menyelesaikan permohonan pendaftaran kekayaan intelektual, penyidikan, melayani pengaduan komplain, ikatan kerjasama, hingga menjadi pusat informasi mengenai hak kekayaan intelektual di Indonesia.

Ditjen hak kekayaan intelektual

Yang termasuk ke dalam hak kekayaan intelektual sendiri di antaranya adalah hak merek, hak paten, dan hak cipta. Ketiga hak tersebut merupakan hal paling dasar dan saling terkait satu dengan yang lainnya. Didalam hak merek misalnya, daftar logo merek bisa sekaligus dipatenkan. Mengingat, merek secara luas juga ditandai dengan bentuk-bentuk seperti gambar, jenis huruf, angka, susunan huruf, simbol, logo, hingga pelafalan. Ditjen HKI sebagai lembaga yang menaunginya juga menerima pendaftaran logo merek dari pemohon, baik itu perorangan maupun perusahaan atau badan hukum.

Tata cara pendaftaran ini juga disesuaikan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Untuk mendaftarkan logo merek, prosedur atau tahapan yang harus dilakukan oleh pemohon sama dengan mendaftarkan hak merek. Mulai dari permohonan ajuan daftar hingga proses pemeriksaan oleh Ditjen HKI dilakukan sesuai dengan aturan yang sudah dibuat oleh pihak yang berwenang.

Dalam menjalankan tugasnya Ditjen Hak Kekayaan Intelektual

tidak hanya menerima permohonan pendaftaran merek, paten, atau hak cipta. Ditjen HKI juga bertugas sebagai database yang memuat berbagai informasi yang berkaitan dengan bidang yang dinaungi. Database ini bisa berupa penjelasan prosedur pendaftaran, persyaratan, atau lainnya. Pihaknya juga menyediakan daftar merek dagang yang sudah terdaftar. Daftar ini fungsinya tidak hanya untuk legalitas pemohon ajuan daftar merek yang telah disetujui. Tetapi juga berfungsi sebagai acuan untuk calon pemohon agar dapat membuat merek yang tidak sama dengan yang sudah terdaftar.

daftar logo merek

Dan juga menjadi membuka peluang bagi insan kreatif untuk membuat merek yang tidak menimbulkan permasalahan dikemudian hari. Sebagai lembaga yang menaungi perkara kekayaan intelektual, Ditjen HKI menyediakan portal resmi yang bisa diakses dengan mudah dan praktis. Melalui portal resmi dgi.go.id Ditjen HKI menyediakan berbagai fitur, mulai dari pendaftaran online hingga database yang memuat daftar merek yang terdaftar diseluruh dunia. Bahkan, daftar logo atau desain perusahaan yang ada diseluruh dunia pun disediakan melalui fitur database.

Khusus untuk fitur ini, Ditjen HKI menghubungkan dengan server WIPO yang disebut-sebut sebagai server terlengka dan ter-up-to-date. Bagi Anda yang berencana akan mendaftarkan merek dagang atau jasa sendiri, tidak ada salahnya mengunjungi fitur database ini. Selain bisa menjadi referensi pembuatan merek, database ini juga penting untuk mengecek status merek yang akan didaftarkan.

Sebagai lembaga resmi kekayaan intelektual di Indonesia, Ditjen HKI tentu menyediakan database berupa daftar brand Indonesia. Banyak brand Indonesia yang kepopulerannya sudah tinggi, bahkan mendunia. Hal tersebut, tentunya membanggakan kita sebagai warga negara Indonesia dan tentunya Ditjen Hak Kekayaan Intelektual sebagai lembaga yang menaunginya. Karena, jika ada salah satu merek atau brand yang terdaftar, perlindungan atas hak pemilik merek adalah tanggungjawab pihak Ditjen.

daftar merek dagang yang sudah terdaftar

Seperti yang sudah banyak diketahui, salah satu dari sekian banyaknya manfaat pendaftaran merek dagang atau jasa ini adalah mendapat perlindungan hukum akan merek yang dimilikinya serta membantu Anda dalam strategi branding yang cukup mudah dilakukan. Daftar brand Indonesia sendiri bisa ditemukan dengan mudah di dunia maya. Bahkan, selain diportal resmi Ditjen HKI, daftar brand di Indonesia sering diupdate oleh netizen yang memang peka terhadap merek-merek yang berasal dari dalam negeri.

Anda bisa searching melalui mesin pencari Google atau langsung ke url WIPO yang memuat daftar merek atau brand dari seluruh dunia. Anda bisa memfilternya dengan hanya memasukkan wilayah negara. Dari informasi yang berkembang, hingga saat ini WIPO masih dipercaya sebagai portal yang memuat database brand terlengka sedunia. Maka tidak heran jika dgi.go.id bahkan langsung menghubungkan databasenya ke WIPO.

    Chat WA