Fungsi Hak Merek

Fungsi Hak Merek Pada Intinya Adalah Melindungi Pemilik Merek Dari Tindakan Plagiatisme. Siapa Pun Yang Menggunakan Merek Yang Sudah Dipatenkan Tanpa Seizin Pemiliknya akan berurusan dengan pihak berwajib. Merek merupakan tanda pengenal sebuah produk atau perusahaan. Merek ini mempunyai beberapa macam bentuk, baik gambar, tulisan, huruf, angka, maupun kombinasi dari semuanya tersebut. Setiap produk atau perusahaan harus mempunyai bentuk yang berbeda sehingga bisa menjadi ciri khas tersendiri bagi masing-masing produk atau perusahaan.

Fungsi Hak Merek

Untuk mendapatkan hak merek ini sangatlah mudah. Anda cukup mendatangi kantor kementerian dan mengisi formulir pendaftaran dengan beberapa syarat yang sudah ditentukan. Fungsi hak merek sendiri tidak bisa lepas dari jenis-jenis hak merek itu sendiri. Nah, bagi Anda yang ingin tahu lebih banyak tentang jenis-jenis hak merek beserta fungsinya, berikut ini uraian lengkapnya.

# Jenis-Jenis Hak Merek

Fungsi hak paten merek akan Anda peroleh secara maksimal, apa pun jenis hak merek yang Anda miliki. Ya, secara hukum, sesuai dengan Undang-Undang Nomor 15 tahun 2001, merek dapat dikelompokkan dalam tiga jenis, yaitu merek dagang, merek jasa, dan merek kolektif.

Ketiganya akan memberikan fungsi hak merek yang sama.

Adapun perbedaan antara ketiga jenis hak merek tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Merek dagang, yaitu merek yang biasanya digunakan pada sebuah produk yang diperjualbelikan, baik oleh perseorangan maupun lembaga hukum, dengan tujuan untuk membedakan produk tersebut dengan produk lain yang serupa.
    Fungsi Hak Merek produk
  2. Merek jasa, yaitu merek yang biasanya digunakan pada jasa yang diperjualbelikan, baik oleh perseorangan, sekelompok orang, maupun lembaga hukum, dengan tujuan untuk membedakan jasa tersebut dengan jasa lain yang serupa.
    Fungsi Hak Merek jasa
  3. Merek kolektif, yaitu merek yang biasanya digunakan pada beberapa produk atau jasa yang mempunyai karakteristik sama, dan diperjualbelikan baik oleh perseorangan maupun lembaga hukum, dengan tujuan untuk membedakan dengan produk maupun jasa yang serupa di pasaran.

# Manfaat yang Bisa Diambil dari Hak Merek

Merek akan menjadi pembeda produk atau jasa Anda dengan produk atau jasa sejenis milik orang lain. Melalui merek ini juga, Anda bisa mengambil hati konsumen dengan memberikan ciri khas tersendiri. Kredibilitas merek sebuah produk atau jasa juga akan berdampak pada kredibiltas produsennya, dalam hal ini adalah Anda. Karena fungsinya yang sangat signifikan tersebut, maka mematenkan merek merupakan hal yang harus Anda lakukan. Saat sebuah merek sudah dipatenkan, Anda akan mempunyai hak merek yang tidak bisa dilanggar oleh siapa pun. Ada banyak fungsi dari hak merek yang bisa diperoleh setelah Anda patenkan. Berikut ini beberapa di antara fungsi-fungsi tersebut.

  1. Dapat menambah penghasilan Anda jika ada yang menggunakan lisensi, menjual produk, maupun memperjualbelikan merek yang Anda miliki. Sebagai contoh, saat Anda mempunyai merek A yang cukup laris di pasaran, kemudian ada seseorang yang ingin menggunakan merek Anda tersebut untuk mendongkrak pendapatannya, Anda akan mendapatkan royalti dari penggunaan merek tersebut.
    Fungsi Hak Merek dagang
  2. Dapat meningkatkan nilai jual dari bisnis Anda. Ini artinya, pihak bank, lembaga keuangan, maupun para investor akan dengan mudah memberikan pinjaman modal bagi kelangsungan bisnis Anda. Mereka tidak akan ragu untuk membantu Anda dalam pengembangan usaha yang sudah jelas mempunyai kualitas tinggi dan mempunyai peluang untuk sukses. Bahkan, jika Anda beruntung, investor asing pun akan melirik bisnis Anda untuk melakukan kerja sama.
  3. Jika terpaksa Anda harus melakukan penjualan aset atau merger, nilai bisnis Anda tersebut cukup tinggi. Anda tidak akan mengalami kerugian meskipun harus melakukan penjualan aset ataupun merger dengan merek lain. Bisa jadi, justru merek lain yang akan terdongkrak kredibilitasnya karena merek milik Anda.
  4. Daya saing dari merek Anda juga akan meningkat seiring dengan peningkatan performance yang Anda lakukan. Merek ini juga bisa Anda jadikan sebagai alat berpromosi untuk produk baru, mempertahankan reputasi untuk produk lama, dan menguasai market secara bertahan.
  5. Anda terlindungi secara hukum jika Anda mematenkan merek Anda tersebut. Siapa pun akan terkena sangsi hukum jika menggunakan merek Anda tanpa izin. Dengan begitu, reputasi dari merek Anda pun akan tetap terjamin sampai kapan pun. Yang terpenting dalam hal ini, jangan sampai reputasi yang sudah Anda usahakan dengan baik tersebut menjadi sia-sia dengan menghasilkan produk atau jasa dengan kualitas rendah.
  6. Anda mempunyai kesempatan untuk tetap berkiprah di era globalisasi. Perubahan sistem perdagangan yang berlaku di negara-negara MEA tidak akan mempengaruhi kredibilitas dari merek Anda. Ini artinya, bisnis Anda pun tetap akan berjalan lancar meskipun harus bersaing dengan bisnis mancanegara. Ini merupakan fungsi hak merekyang paling penting di era MEA tersebut.
    Chat WA