Hak Cipta Logo Perusahaan

Hak Cipta Logo Perusahaan Merupakan Salah Satu Hak Atas Kekayaan Intelektual Yang Dilindungi Oleh Undang – Undang Di Indonesia. Ada Beberapa Alasan mengapa logo perusahaan dapat didaftarkan sebagai hak atas kekayaan intelektual dan mendapatkan perlindungan dari negara. Logo merupakan salah satu bentuk karya seni terapan dalam bentuk visual layaknya sebuah seni lukis atau gambar. Oleh karena itu logo perusahaan masuk dalam salah satu karya yang dapat dimasukkan dalam perlindungan undang – undang hak cipta.

Hak cipta logo perusahaan

Sesuai dengan isi pasal 12 ayat 1 Undang – undang Nomor 19 Tahun 2002 tentang Hak Cipta. Pada praktek penciptaan dan penggunaannya; logo perusahaan memiliki banyak manfaat yang menguntungkan baik itu pencipta maupun pemilik hak ciptanya. Karena alasan itulah kepemilikan hak cipta logo suatu perusahaan terkadang menimbulkan sengketa; terutama jika tidak ada perjanjian kerja sama yang jelas antara pihak pencipta baik itu desainer atau biro desain dengan pihak perusahaan sebagai klien.

Kejelasan perjanjian kerja sama antara pihak perusahaan sebagai klien dengan pihak desainer selaku pencipta sebaiknya dijelaskan sejelas – jelasnya guna menghindari sengketa kepemilikan hak logo yang sudah dibuat. Selain memesan pembuatan logo dengan menggunakan jasa desainer atau biro desain; beberapa perusahaan memilih membuat sayembara atau lomba desain logo ketika membutuhkan logo atau ingin memiliki desain logo baru. Pilihan melakukan lomba desain ini seringkali menjadi pilihan karena seringkali lebih murah dan minim resiko sengketa dengan pihak desainer karena sejak awal telah dijelaskan bahwa hak cipta atas karya logo yang menang akan menjadi hak milik perusahaan yang menyelenggarakan lomba.

Hak cipta logo perusahaan biasanya dimiliki oleh perusahaan yang bersangkutan

meski lazimnya logo perusahaan dibuat oleh seniman atau desainer yang dapat bekerja mandiri ataupun bekerja untuk sebuah biro desain. Terkadang logo sebuah perusahaan dibuat dengan cara membuat kompetisi desain dimana pemenang akan mendapatkan hadiah dan hak cipta dari logo yang memenangkan kompetisi akan menjadi milik perusahaan penyelenggara kompetisi. Proses kreatif dari penciptaan logo juga menjadi hal yang butuh apresiasi baik dalam bentuk materiil maupun apresiasi immateriil.

Hak cipta logo perusahaan desain

Karena alasan itu pulalah kebanyakan desainer atau biro desain akan mematok harga mahal ketika mendapatkan pesanan membuat logo perusahaan. Logo yang baik harus mencerminkan karakter dan filosofi perusahaan yang memesannya; sekaligus mampu memberikan citra positif sekaligus mudah diingat oleh siapapun yang melihatnya. Kepemilikan hak cipta logo terkadang memang menimbulkan kerancuan dan sengketa; namun telah ada aturan terkait kepemilikan hak cipta logo yang diatur dalam Undang – undang Hak Cipta. Pada UU No. 19 tahun 2002 pasal 8 ayat (3) telah diatur bahwa pihak yang membuat karya cipta itu dianggap sebagai pencipta dan pemegang hak cipta kecuali jika diperjanjikan lain.

Perusahaan yang memesan dan membeli sebuah logo dari seorang desainer atau biro desain biasanya akan langsung menjadi pemilik hak cipta logo berdasarkan perjanjian kerja sama yang telah dibuat; dalam hal ini berupa perjanjian yang menerangkan pihak desainer atau biro desain memberikan hak cipta logo pada perusahaan yang membeli atau memesan logo tersebut. Jika tidak ada perjanjian mengenai pemegang hak cipta dalam kontrak kerja sama atau jual beli sebuah logo; maka hak kepemilikan logo masih akan menjadi milik desainer atau biro desain yang membuat logo tersebut.

gugatan Hak cipta logo perusahaan

Pada kasus tersebut; desainer atau biro desain sebagai pemilik hak cipta logo dapat mengajukan keberatan kepada Ditjen HAKI dan gugatan melalui Pengadilan Niaga jika logo tersebut didaftarkan hak kepemilikannya oleh pihak perusahaan. Aturan tersebut tertera pada Pasal 42 jo Pasal 2 UU Hak Cipta. Pemegang hak cipta sebuah karya logo belum tentu merupakan penciptanya jika kepemilikan haknya telah diperjanjikan dalam sebuah kontrak atau perjanjian kerja sama antara pemesan logo dan penciptanya.

Perlindungan pada hak cipta logo perusahaan menjadi hal penting karena logo merupakan sebuah karya yang memiliki nilai. Karya seni terapan berupa logo juga memberi kesempatan bagi pencipta atau pemilik hak atas logo tersebut untuk memperoleh keuntungan dari penggunaannya. Pada praktek kegiatan niaga; sebuah logo merupakan identitas dari sebuah lembaga usaha yang biasanya dilekatkan pada produk yang dijual.

Hak cipta logo

Layaknya sebuah identitas; logo dapat digunakan untuk menandai keaslian produk dan memberi jaminan kualitas dari produk yang diperjualbelikan. Logo juga dapat menjadi bagian penting dari proses pencitraan dan melekatkan pesan serta kesan positif pada konsumen. Setelah keberhasilan sebuah perusahaan memperoleh pelanggan; proses mempertahankan agar pelanggan tetap menggunakan produk dari perusahaan yang sama akan dimudahakan berkat identifikasi menggunakan logo dan merek. Karena banyaknya manfaat dari sebuah karya logo; maka hak cipta logo sebuah perusahaan memang pantas menjadi sesuatu yang dilindungi oleh payung hukum berupa Undang – undang Hak Cipta.

    Chat WA